Bisakah Memenuhi Asupan Nutrisi Harian dari Susu Sapi?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 18/09/2018
Bagikan sekarang

Sudah bukan rahasia lagi kalau susu sapi adalah sumber pangan yang sehat dan bergizi. Susu memang mengandung beragam jenis zat gizi yang diperlukan tubuh manusia. Namun, seberapa besar sebetulnya peran susu sapi dalam kesehatan dan kecukupan gizi Anda? Apa bisa menggantikan makanan sehari-hari dengan susu sapi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian? Yuk, simak penjelasannya menurut pakar ilmu gizi di bawah ini.

Apa saja kandungan gizi susu sapi?

Susu sapi mengandung macam-macam zat gizi. Di antaranya adalah kalori, protein, karbohidrat, asam folat, vitamin, mineral seperti kalsium, dan lemak. Menurut seorang pakar ilmu gizi Dr. Matthew Lantz Blaylock, Ph.D. ketika ditemui di Jakarta Selatan pada Jumat (14/09) lalu, susu sapi bahkan sering didaulat sebagai “makanan alami yang hampir sempurna.”

Akan tetapi, kandungan gizi dari setiap susu sapi berbeda-beda, tergantung dari kualitas sapi penghasil susu, proses pengolahan, dan cara penyajiannya. Dr. Matthew Lantz Blaylock, Ph.D. mengatakan bahwa susu sapi yang kandungan gizinya paling tinggi dan baik itu adalah susu segar, yang tidak ditambahkan bahan apa pun seperti stabilizer atau pemanis buatan.

Jadi bisakah memenuhi kebutuhan gizi harian dengan susu sapi? 

Meskipun susu termasuk bahan pangan yang padat nutrisi, menurut Dr. Matthew susu sapi tidak bisa menggantikan jenis makanan atau minuman lain untuk memenuhi kebutuhan gizi harian manusia. “Susu hanya bisa memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian kita. Jadi sebaiknya jangan minum susu saja untuk menggantikan sumber pangan lainnya. Susu tidak bisa dijadikan makanan utama,” ungkap Dr. Matthew.

Lebih jauh, Dr. Matthew menjelaskan bahwa susu memang menjadi bagian penting dalam pola makan sehat dan gizi seimbang, tapi tidak tepat kalau susu diandalkan untuk mengganti makanan seperti sayur dan buah.

Bahkan tiga gelas susu sapi pun belum mampu memenuhi kebutuhan protein dan kalsium harian anak dan orang dewasa. “Segelas susu sapi hanya mengandung sekitar 30 persen dari kebutuhan kalsium harian kita. Sedangkan kandungan protein dalam segelas susu hanya sekitar 8 gram, masih jauh dari kebutuhan protein kita,” papar Dr. Matthew.

Singkatnya, susu sapi tidak bisa menggantikan makanan lainnya untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari manusia. Anda tetap harus mengacu pada Pedoman Gizi Seimbang oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), yaitu konsumsilah makanan yang beragam setiap harinya.

Melansir dari Kemenkes, tidak ada satupun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk menjamin pertumbuhan dan mempertahankan kesehatannya. Ini termasuk susu sapi. Susu sapi mungkin kaya kalsium, tapi rendah vitamin C dan serat. Susu sapi juga memang mengandung protein, tapi jumlahnya hanya sedikit.

Itulah mengapa Anda tetap membutuhkan nutrisi dari bahan pangan lain untuk melengkapi asupan nutrisi dengan makan beragam jenis makanan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sudah Osteoporosis, Masih Bisakah Minum Susu untuk Menguatkan Tulang?

Susu disebut sebagai minuman wajib untuk menjaga kesehatan tulang. Namun jika tulang sudah telanjur keropos, apakah susu masih efektif untuk menguatkannya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Daftar Makanan Pencegah Osteoporosis yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

Osteoporosis tak hanya bisa dicegah dengan tetap aktif berolahraga, tetapi juga dengan makanan. Berikut ragam makanan pencegah osteoporosis untuk Anda.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

5 Macam Nutrisi yang Tidak Boleh Disisihkan dari Menu Diet

Diet terkadang dilakukan secara ekstrim sehingga meninggalkan sejumlah nutrisi yang penting dikonsumsi. Apa saja nutrisi untuk diet yang sering dilupakan?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala

Apa Dampaknya Jika Anak Kekurangan Kalsium?

Kalsium turut berperan dalam pertumbuhan. Maka dari itu, kekurangan kalsium pada anak dapat membawa dampak buruk. Cari tahu dampak buruknya di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Direkomendasikan untuk Anda

susu hangat susu dingin

Mana yang Lebih Sehat, Susu Hangat atau Susu Dingin?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020
minum susu intoleransi laktosa

Tips Mengonsumsi Susu untuk Penderita Intoleransi Laktosa

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020
susu sapi vs susu kedelai

Susu Sapi vs Susu Kedelai, Mana yang Lebih Bernutrisi?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 10/04/2020
susu penambah berat badan anak balita

Berbagai Faktor yang Membuat Anak Butuh Susu Penambah Berat Badan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 05/04/2020