Mengulik Berbagai Kandungan dari Salmon Mentai Shirataki

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 01/04/2020
Bagikan sekarang

Banyak yang mengatakan makanan sehat bisa dinikmati lebih lezat. Salah satunya mengonsumsi shirataki dengan lapisan salmon mentai. Salmon mentai merupakan campuran mayones Jepang dengan bahan lainnya dan salmon. 

Nah, bagi mereka yang memilih menu salmon mentai shirataki sebagai makanan sehat, kulik dulu yuk beragam kandungan di dalamnya.

Mengetahui kandungan dari salmon mentai shirataki

Salmon mentai identik dengan mayones yang terkandung di dalamnya. Ketika dicampurkan ke atas shirataki, paduannya memang akan terasa lezat. Sementara itu, shirataki kerap menjadi makanan diet sehat. 

Untuk itu ketahui dulu kandungan dari salmon mentai shirataki ini.

1. Shirataki

shirataki untuk diet menurunkan berat badan

Shirataki merupakan mi yang dikenal kandungan rendah kalorinya dan tinggi kandungan glukomanan. Glukomanan, salah satu tipe serat yang berasal dari tanaman konyaku. Tanaman tersebut tumbuh di Jepang, China, dan Asia Tenggara. 

Melansir Healthline, shirataki mengandung 97% air dan 3% serat glukomanan. Sehingga shirataki sering dijadikan menu utama andalan untuk orang yang menjalani program penurunan berat badan.

Ketika serat dalam shirataki masuk ke dalam tubuh, ia difermentasikan menjadi rantai asam lemak yang pendek dan memicu pelemasan hormon pada sistem pencernaan. Ketika hormon tersebut dilepas, maka tubuh akan merasakan efek yang kenyang yang lebih lama.

2. Salmonmanfaat salmon untuk kulit

Untuk padanan bumbu di atasnya, adanya baluran salmon yang dicampurkan mayones. Bicara soal salmon, tentu makanan yang satu ini lekat dengan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. 

Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang mampu meredakan peradangan di dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, serta menekan risiko kanker, dan merawat fungsi sel tubuh.

Salmon sering disertakan dalam menu diet karena mengandung protein yang baik untuk tubuh. Protein memegang peranan penting dalam melindung kesehatan tulang dan menjaga massa otot tubuh.

3. Mayones Jepang

mayones bawang putih
Sumber: Taste

Mayones Jepang merupakan salah satu bahan yang dibutuhkan dalam membuat salmon mentai shirataki. Bahan yang satu ini juga sering ditambahkan pada makanan okonomiyaki.

Mayones Jepang terbuat dari kuning telur saja, berbeda dari mayones pada umumnya yang menyertakan kuning dan putih telurnya.

Dalam satu telur utuh ukuran besar, kuning telur mengandung 2,7 gram protein dan putih telur mengandung 3,6 gram protein. Meskipun kandungannya lebih kecil, kuning telur punya manfaat dalam mengurangi risiko perdarahan saluran cerna, berkat kandungan phosvitin salah satu protein dalam kuning telur.

Selain itu, kuning telur juga dapat meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit. 

Bisa dikatakan bahan utama mayones Jepang adalah kuning telur. Sebagai tambahan rasa di dalamnya, adapun bumbu seperti cuka beras, serta sedikit MSG (monosodium glutamat). Inilah faktor yang membuat mayones Jepang terasa lebih gurih. 

Cuka beras, secara mandiri dapat memberikan perlindungan tubuh dalam mengatasi hiperglikemia pada orang dengan diabetes, menurut sebuah studi Acta Diabetologica.

Kembali melansir Healthline, MSG dapat memberikan gangguan pada sistem saraf, karena merusak sel-sel saraf di dalam otak.

Maka itu, Anda perlu mempertimbangkan konsumsi mayones Jepang ke dalam menu makanan. Sedikit saja disertakan tidak apa-apa, tetapi perlu diketahui konsumsi rata-rata MSG masyarakat Asia (Jepang dan Korea) sekitar 1,2-1,7 gram setiap harinya.

Apakah salmon mentai shirataki menjadi pilihan sehat pada menu diet?

resep mie shirataki

Sebetulnya, melihat dari shirataki dan bumbu salmon mentai memberikan manfaat yang baik untuk tubuh secara keseluruhan. Namun ada baiknya Anda cukup sedikit saja menyertakan mayones Jepang dalam salmon mentai shirataki, bila Anda membuatnya secara mandiri.

Jika Anda sedang menjalani program penurunan berat badan, tak ada salahnya untuk menyertakan sayuran sebagai hidangan sampingan. Walaupun shirataki mengandung serat, kebutuhan serat dalam sayuran dan buah tetap perlu dipenuhi oleh tubuh dalam melancarkan sistem pencernaan.

Bagaimanapun juga, vitamin dan mineral dalam sayuran lebih dapat memenuhi apa yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

Gu, X., Zhao, H.-L., Sui, Y., Guan, J., Chan, J. C. N., & Tong, P. C. Y. (2010). White rice vinegar improves pancreatic beta-cell function and fatty liver in streptozotocin-induced diabetic rats. Acta Diabetologica49(3), 185–191. https://doi.org/10.1007/s00592-010-0184-6

Shirataki Noodles: The Zero-Calorie ‘Miracle’ Noodles. (n.d.). Retrieved March 9, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/nutrition/shirataki-noodles-101

11 Impressive Health Benefits of Salmon. (2016). Retrieved March 9, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/nutrition/11-benefits-of-salmon

Japanese Mayonnaise (Kewpie Mayo) マヨネーズ • Just One Cookbook. (2017, December 5). Retrieved March 9, 2020, from Just One Cookbook website: https://www.justonecookbook.com/japanese-mayonnaise/

Egg yolk: Nutrition and benefits. (n.d.). Retrieved March 9, 2020, from www.medicalnewstoday.com website: https://www.medicalnewstoday.com/articles/320445

MSG (Monosodium Glutamate): Good or Bad? (2018). Retrieved March 9, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/nutrition/msg-good-or-bad

Yang juga perlu Anda baca

Mengulik Manfaat Kacang Brazil bagi Kesehatan

Kacang brazil kaya akan lemak sehat, selenium, serat, dan antioksidan. Ini sederet manfaat kacang brazil bagi kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Hidup Sehat 15/05/2020

Kenapa Kita Mudah Marah Saat Sedang Lapar?

Saat lapar, rasanya hanya ingin marah sampai Anda mendapat yang Anda mau. Tapi, kok bisa begitu, ya? Kenapa kita mudah marah saat kelaparan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 10/05/2020

Manfaat Masak Sendiri bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Saat mengakhiri hari yang sibuk, makan di luar rasanya menjadi pilihan tercepat dan mudah, padahal masak makanan sendiri punya banyak manfaat lho.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu

Tak Cemas Berat Badan Naik, Ini Pilihan Camilan Selama di Rumah Saja

Takut naik berat badan karena kerja sambil ngemil? Coba beberapa camilan tepat dan sehat ini sebagai teman ngemil saat Anda bekerja!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Coronavirus, COVID-19 30/04/2020

Direkomendasikan untuk Anda

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
Bolehkah Makan Nasi Merah Setiap Hari?

Bolehkah Makan Nasi Merah Setiap Hari?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Maizan Khairun Nissa
Dipublikasikan tanggal: 21/05/2020
3 Resep Menu Makan Sahur untuk Diet Keto Tanpa Ribet

3 Resep Menu Makan Sahur untuk Diet Keto Tanpa Ribet

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 16/05/2020