Jernih Alias Tidak Berwarna, Apakah Air Putih Mengandung Kalori?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Tak hanya diandalkan untuk melepas dahaga, Anda pasti sudah sering mendengar anjuran agar rajin minum air putih karena ada beragam manfaat baik dibaliknya. Namun, pernah Anda bertanya-tanya mengenai kandungan air putih? Katanya air putih bisa bantu menurunkan berat badan karena memangkas kalori dalam tubuh. Sebenarnya, air putih mengandung kalori atau tidak, sih?

Apakah ada kalori di dalam kandungan air putih?

manfaat minum air hangat

Sebelum mencari tahu jawabannya, pastikan dulu Anda tahu apa saja kandungan air putih. Melansir dari laman Very Well Fit, dalam segelas air putih umumnya tidak mengandung kalori, karbohidrat, protein, lemak, kolesterol, serat, gula, serta vitamin.

Dengan kata lain, kandungan air putih yang sehari-hari Anda minum tidak memiliki kalori alias nol kalori. Meski begitu, beberapa air putih kadang mengandung jenis mineral tertentu seperti fluoride, besi, kalium, dan natrium, tentunya dalam dosis yang rendah.

Penting untuk diingat, mineral tersebut tidak selalu ada di dalam semua air putih yang diminum. Sumber dan jenis air minum yang akan menentukan apa saja kandungan air putih tersebut. Mengingat air putih mengandung nol kalori alias tidak ada kalori sama sekali, artinya minum banyak air putih tentu tidak akan mengakibatkan berat badan naik.

Sebaliknya, minum air putih dalam jumlah banyak justru dapat membakar banyak kalori dalam tubuh. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian dari Obesity Society, bahwa wanita obesitas dan overweight yang minum lebih dari 1 liter air per hari selama 12 bulan cenderung mengalami penurunan berat badan.

Menariknya lagi, semua wanita ini tidak melakukan perubahan gaya hidup khusus kecuali dengan memperbanyak minum air putih setiap harinya.

Ternyata, ini bahayanya kalau kurang minum air putih

minum air dingin

Tahukah Anda kalau sekitar 60 persen tubuh manusia terdiri dari air? Ya, air adalah elemen penting yang berguna untuk menjaga suhu tubuh, mempertahankan volume darah, mengedarkan nutrisi ke seluruh tubuh, dan lain sebagainya.

Itu sebabnya, kurang minum air putih bisa membuat Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Kondisi ini tak ayal akan membuat fungsi seluruh organ tubuh terganggu, termasuk otak. Anda pun jadi susah fokus dan sulit berpikir dengan jernih. Jadi, pastikan Anda minum cukup air putih, ya!

Baca Juga:

Sumber