6 Inspirasi Diet Sehat dari Kobe Bryant

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28/01/2020 . 6 mins read
Bagikan sekarang

Kobe Bryant, mantan pebasket legendaris NBA dan putrinya, Gianna ‘Gigi’ Maria Onroe, tewas dalam kecelakaan helikopter di California, Amerika Serikat. Kepergiannya meninggalkan duka bagi keluarga, fans, dan sahabatnya. Banyak inspirasi yang bisa dipetik dari mantan pemain Lakers ini, salah satunya soal pola makan.

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui cara menjaga pola makan agar tubuh tetap sehat ala Kobe Bryant. 

Diet sehat ala Kobe Bryant

Sebagai pemain basket NBA, Kobe Bryant sangat paham bahwa tubuhnya memerlukan tenaga lebih untuk bermain basket. Olahraga tersebut merupakan olahraga yang membutuhkan kondisi fisik yang kuat, baik selama musim pertandingan berlangsung atau di luar musim. 

Menurut Gatorade Sports Science Institute, pemilihan makanan agar energi tubuh pebasket dapat mendukung pertandingan dan pelatihan ketika bermain basket. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, hingga camilan sebelum dan selama pertandingan ternyata penting. 

Lalu, bagaimana dengan diet yang dilakukan oleh Kobe?

Mens Journal melaporkan, saat Kobe pensiun dari dunia basket, dia mendapat kesempatan untuk menambah massa otot. Kobe tidak harus gesit seperti ketika masih bermain basket di NBA seperti dulu, sehingga dia memilih untuk menambah berat badan dan massa ototnya. 

Berikut ini beberapa pilihan diet yang dilakukan oleh Kobe Bryant: 

1. Daging ternak pemakan rumput

menyimpan daging

Salah satu diet yang dilakukan Kobe untuk menjaga tubuhnya tetap sehat adalah mengonsumsi daging ternak pemakan rumput.  Jenis daging yang satu ini ternyata lebih bermanfaat dibandingkan daging ternak pemakan jagung.

Selain lemak yang lebih sehat, daging ternak pemakan rumput juga mengandung lemak omega-3 dan lebih banyak mineral, terutama kalium. Oleh karena itu, bagi yang ingin mendapatkan manfaat lebih dari daging, mungkin daging ternak pemakan rumput bisa menjadi pilihan Anda. 

2. Sayur tidak berpati 

brokoli obat diabetes alami

Selain daging ternak pemakan rumput, sayur tidak berpati ternyata juga menjadi pilihan diet yang dilakukan oleh pemain bernomor punggung 24 dan 8 tersebut. 

Sayuran yang tidak mengandung pati biasanya mengandung karbohidrat rendah, tetapi memiliki kalori cukup tinggi. Misalnya, brokoli yang tidak berpati dan mengandung 5 gram karbohidrat serta 25 kalori untuk satu porsinya. 

Oleh karena itu, ketika Anda ingin mengurangi jumlah kalori dengan memakan makanan yang tinggi nutrisi, sayur tidak berpati bisa menjadi pilihan. 

Anda dapat mengonsumsinya dengan mengukusnya terlebih dahulu lalu mengoleskan mentega serta garam. Jika bosan, Anda dapat menggunakan lemak sehat lain seperti minyak zaitun agar tubuh dapat menyerap nutrisi. 

3. Maksimal konsumsi buah satu kali perhari

buah untuk stroke

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi buah satu kali sehari merupakan diet yang pernah dijalani oleh Kobe?

Jumlah konsumsi tersebut dilakukan karena buah mengandung gula. Meskipun alami, mengonsumsi buah secara berlebihan dapat meningkatkan gula darah Anda. Oleh karena itu, biasakan untuk mengganggap buah bukan sebagai makanan pokok, melainkan makanan biasa.

Anda mungkin dapat mulai dengan makan buah tidak lebih dari satu potong per hari, yaitu kira-kira seukuran apel. 

4. Minum kombucha

Teh kombucha atau biasa juga disebut sebagai teh jamur ternyata bisa menjadi bagian dari diet sehat yang pernah dilakukan mendiang Kobe. 

Pembuatan kombucha biasanya melibatkan teh hijau atau hitam manis yang sudah difermentasi dengan bakteri Acetobacter xylinum dan beberapa ragi yang disebut SCOBY. Selama proses fermentasi, ragi tersebut akan memecah gula dalam teh dan melepaskan bakteri probiotik. 

Kemudian, kombucha akan berubah menjadi minuman berkarbonasi alias bersoda setelah fermentasi selesai. 

Manfaat dari kombucha pun cukup banyak, seperti memperlancar pencernaan, membantu tubuh mengeluarkan racun, dan mengandung antioksidan yang cukup tinggi. 

Selain kombucha, Anda juga dapat memilih makanan fermentasi lainnya yang termasuk mengandung probiotik tinggi. Misal, yoghurt, kimchi, kecap asin, sauerkraut, atau asinan. 

5. Makan lemak baik

lemak tak jenuh

Makan makanan lemak baik pun menjadi salah satu diet yang pernah dijalani oleh mendiang Kobe Bryant untuk menjaga kesehatan dan massa tubuhnya. 

Pilihan lemak sehat sangat penting untuk sintesis hormon dan membran sel. Fungsi sistem imun tubuh pun juga bergantung pada pilihan makanan yang mengandung lemak sehat. 

Baik atlet maupun mantan atlet perlu makan lemak yang baik untuk kesehatan jantung, misalnya lemak tak jenuh, yaitu minyak zaitun atau lemak omega-3, yaitu salmon. 

Cobalah untuk menghindari asupan lemak jenuh, seperti lemak sapi atau lemak trans yang berasal daging olahan. Dengan begitu, Anda dapat memenuhi asupan protein dan karbohidrat dengan baik dan menjalani diet ala Kobe Bryant dengan efektif. 

6. Tidak sering ngemil

ngemil bikin gemuk

Salah satu kunci penting dari program diet yang dijalani oleh mendiang Kobe Bryant adalah tidak ngemil

Hal tersebut dikarenakan semakin sering Anda makan, terlebih lagi dalam jumlah yang besar, semakin jarang tubuh akan membakar lemak untuk mendapatkan energi. 

Tubuh mempunyai enzim pembakar lemak yang dapat aktif atau tidak, tergantung makanan yang Anda konsumsi. Jika Anda terlalu sering ngemil, ternyata dapat menonaktifkan enzim tersebut. 

Oleh karena itu, usahakan menghindari camilan dan memberikan jarak waktu yang lebih lama di antara waktu makan. Dengan begitu, enzim pembakar lemak akan lebih aktif dan tubuh mendapatkan energi yang cukup. 

cara diet air putih

Berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membakar lemak dengan efektif dan dilakukan dalam diet ala Kobe Bryant:

  • Mulai dengan makan tiga kali sehari tanpa ngemil
  • Sering minum air putih
  • Hindari pemanis buatan
  • Pastikan setiap waktu makan terdapat makanan lemak sehat
  • Minimal konsumsi 30 gram protein per hari untuk menambah massa otot

Jika Anda ingin menjalani diet yang pernah dilakukan oleh peraih gelar 5 cincin NBA ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Terlebih lagi ketika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu yang berkaitan dengan pola dan porsi makan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Didi Kempot Tutup Usia Diduga Kelelahan, Bagaimana Hingga Jadi Fatal?

Kabari berita duka datang kembali dari dunia musik tanah air. Penyanyi campur sari, Didi Kempot dikabarkan meninggal dunia. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Berita Dalam Negeri, Berita 05/05/2020 . 5 mins read

Tak Cemas Berat Badan Naik, Ini Pilihan Camilan Selama di Rumah Saja

Takut naik berat badan karena kerja sambil ngemil? Coba beberapa camilan tepat dan sehat ini sebagai teman ngemil saat Anda bekerja!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Coronavirus, COVID-19 30/04/2020 . 5 mins read

Perlukah Memilih Makanan yang Rendah IG Meski Tak Terkena Diabetes?

Makanan rendah indeks glikemik (IG) bisa dikonsumsi para diabetesi ataupun yang bukan, karena memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh keseluruhan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Nutrisi, Hidup Sehat 24/04/2020 . 5 mins read

4 Sumber Protein Rendah Kalori yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Untuk mendukung penurunan berat badan, Anda bisa mengonsumsi deretan sumber sehat dengan tinggi protein dan rendah kalori berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Nutrisi, Hidup Sehat 24/04/2020 . 5 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

panduan diet sehat untuk menurunkan berat badan, cara diet sehat, menu diet sehat, makanan diet sehat, diet sehat alami

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020 . 14 mins read

Makan Makanan Sehat Dapat Membantu Menjaga Fungsi Pendengaran, Lho!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 25/05/2020 . 5 mins read
menu sahur untuk diet keto

3 Resep Menu Makan Sahur untuk Diet Keto Tanpa Ribet

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 16/05/2020 . 4 mins read
sirtfood diet

Kenali Sirtfood Diet yang Bikin Berat Badan Adele Turun

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 12/05/2020 . 6 mins read