Apakah Anda sedang berjuang untuk menurunkan berat badan? Jika ya, coba cek, bagaimana kondisi dapur Anda? Penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh Lenny R. Vartanian mengungkapkan bahwa kondisi dapur kotor akan mempengaruhi berat badan Anda. Berikut penjelasannya.

Penelitian terhadap dapur kotor dan kenaikan berat badan

Penelitian Lenny terhadap 101 partisipan, yang seluruhnya merupakan mahasiswi ini, dilakukan di beberapa dapur dengan kondisi yang berbeda-beda. Para peneliti meminta para mahasiswi tersebut untuk mengerjakan sebuah tes. Namun sembari mereka mengerjakan tes tersebut, para peneliti juga menyajikan sejumlah kue kering untuk mereka nikmati.

Hasil penelitian lalu menemukan, bahwa partisipan yang mengerjakan tes di dapur yang berantakan, ternyata memakan kue kering dengan jumlah kalori yang lebih besar (103 kkal), dibandingkan dengan para partisipan yang berada di dapur yang rapi, yang hanya melahap sebesar 38 kkal kue kering.

Kesimpulan ini diyakini terjadi karena kombinasi antara pikiran dan lingkungan yang tak terkendali, dapat memicu Anda untuk memiliki pola makan yang tidak sehat.

Bagaimana cara mengatur dapur agar bisa membantu turunkan berat badan?

Meskipun penelitian menunjukkan bahwa dapur kotor bisa membuat berat badan Anda naik, merapikan dapur dan melakukan beberapa strategi berikut mungkin dapat mengatasinya:

1. Tempatkan makanan tertentu sebagai yang pertama Anda lihat di dapur

Suatu penelitian yang dilakukan oleh Brian Wansink mengungkapkan, bahwa makanan yang Anda lihat pertama di dapur Anda adalah makanan yang akan Anda pikirkan dan akhirnya akan Anda makan. Penelitian Brian terhadap kira-kira 700 dapur ini dilakukan dengan mengumpulkan data beserta dokumentasi dapur-dapur tersebut, disertai dengan data tinggi dan berat badan pemilik dapur itu.

Penelitian ini menemukan, bahwa pemilik dapur yang penuh dengan minuman bersoda, sereal, dan makanan-makanan manis yang terletak di meja dapurnya, memiliki berat badan 9-14 kg lebih berat dibandingkan dengan pemilik dapur yang menyimpan buah pada meja dapurnya.

Menaruh buah pada posisi yang pertama kali mata Anda lihat di dapur, akan dapat membantu usaha diet Anda. Anda juga dapat menerapkan cara yang sama di dalam kulkas Anda.

2. Gunakan peralatan makan berukuran kecil

Makan dengan porsi yang kecil, tentu akan membantu mempercepat berat badan Anda turun. Tapi makan dengan peralatan yang kecil, ternyata akan membantu Anda untuk makan dengan porsi yang lebih kecil lagi.

Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Koert van Ittersum, yang menemukan bahwa orang cenderung menyajikan es krim 31 persen lebih banyak saat menggunakan mangkuk dengan ukuran yang lebih besar.

Coba letakkan peralatan makan yang berukuran lebih kecil pada posisi yang mudah Anda raih.

3. Suasana yang mendukung

Menciptakan suasana yang menenangkan dan mampu membantu Anda lebih menikmati sajian Anda, akan membantu Anda mengurangi porsi makanan yang Anda konsumsi. Hasil penelitian yang dipublikasikan di Psychological Reports bahkan mengatakan bahwa suasana tenang ini dapat mengurangi hingga 175 kalori yang Anda konsumsi.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di Elsevier menambahkan, bahwa para partisipan memakan kue cokelat 50 persen lebih sedikit saat kue cokelat tersebut disajikan pada piring berwarna merah dibandingkan dengan piring berwarna biru dan putih.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca