6 Kiat Jitu Supaya Lidah Lebih Doyan Makanan Sehat

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017
Bagikan sekarang

Membiasakan diri untuk makan makanan sehat memang tidak mudah. Pasalnya, makanan yang sehat biasanya rasanya tidak enak. Akibatnya, Anda mungkin lebih sering makan yang tidak sehat, misalnya junk food. Akan tetapi, sebenarnya lidah bisa dilatih supaya doyan makanan sehat. Berikut enam trik membiasakan makan makanan sehat yang bisa Anda terapkan.

1. Kurangi makanan tidak sehat pelan-pelan

Memang tak mungkin kalau Anda langsung mengubah pola makan secara drastis. Yang ada Anda justru merasa ngidam makanan yang tidak sehat. Untuk itu, kurangi makanan tidak sehat secara bertahap.

Misalnya setiap hari Anda minum kopi dengan tiga sendok teh gula. Kurangi jadi dua sendok dalam sebulan dan satu sendok saja pada bulan berikutnya. Atau Anda selalu beli camilan yang tidak sehat setiap hari. Kurangi jadi tiga sampai dua kali seminggu sampai Anda bisa menahan diri sepenuhnya.

2. Melatih lidah agar doyan makanan sehat

Sama seperti menghentikan konsumsi junk food atau makanan tak sehat, makan makanan sehat juga harus dimulai pelan-pelan. Tak perlu memaksakan diri untuk makan sepiring penuh sayur capcai. Mulailah dengan porsi yang kecil. Menurut seorang profesor dari Cornell University di Amerika Serikat, Brian Wansink, setelah dua hingga tiga kali makan sayur dalam porsi kecil, lidah Anda akan terbiasa dengan rasa sayuran. Otak pun akan bersugesti bahwa rasa sayuran ternyata tidak seburuk yang Anda kira.

3. Campurkan dengan makanan yang Anda suka

Sudah mulai dengan porsi kecil tapi masih tidak doyan makanan sehat? Tenang, trik berikutnya adalah mencampur makanan sehat dengan makanan yang enak. Jika makan sayur terasa hambar, Anda bisa mencoba gado-gado. Saus kacang yang gurih akan membantu meningkatkan cita rasa sayur. Anda juga bisa menambahkan lauk yang Anda suka seperti ikan saat makan sayur.

Di awal-awal trik ini memang penting supaya Anda bisa menutupi rasa sayur yang asing di lidah. Namun, perlahan-lahan Anda pun sudah tidak “kaget” lagi dengan sensasi makan makanan sehat seperti sayur. Otak justru akan membaca rasa sayuran sebagai rasa yang enak dan positif, menurut dr. Alan Hirsch, seorang ahli saraf dari Chicago, Amerika Serikat.

4. Sajikan makanan yang beraneka warna

Makanan yang pucat atau tak bervariasi bisa bikin Anda tidak selera makan. Untuk itu, siasati dengan cara menambah jenis sayuran yang berwarna-warni. Misalnya wortel, kacang merah, cabai, paprika, dan tomat. Sejumlah penelitian juga membuktikan bahwa makan dengan piring berwarna merah bisa membuat makanan terasa lebih nikmat.

5. Hindari mencium aromanya

Kadang bukan rasa makanan sehat yang bikin Anda kehilangan gairah makan, melainkan baunya. Maka, olah makanan dengan cara ditumis supaya jadi lebih harum, bukan hanya direbus. Usahakan juga Anda tidak makan di dekat dapur supaya aromanya tidak menghantui Anda.

6. Makan sambil mendengarkan lagu sendu

Penelitian unik dalam jurnal ilmiah Food Quality and Preference menyingkap bahwa makan sambil ditemani lagu klasik, easy listening, sendu, atau berirama lembut bisa membuat makanan terasa lebih enak. Sementara itu, lagu yang cukup keras seperti rock atau elektronik akan membuat hidangan terasa lebih hambar. Jadi, tak ada salahnya mencoba makan makanan sehat sambil mendengarkan musik yang lembut.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Penyebab Berat Badan Naik Lagi Setelah Diet

Jangan keburu girang setelah berat badan kembali ideal. Masih ada kemungkinan berat Anda mendadak naik lagi karena tiga penyebab berikut ini.

Ditulis oleh: Kemal Al Fajar

7 Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Anda yang Sedang Diet

Banyak orang mengurangi karbo untuk menurunkan berat badan. Tapi, siapa bilang harus dihindari? Pilih beberapa sumber karbohidrat untuk diet berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Bakwan―gorengan khas Indonesia ini memang enak dan gurih. Walaupun digoreng, Anda bisa membuat bakwan lebih sehat. Simak resep membuat bakwan sehat berikut.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Bolehkah Makan Nasi Merah Setiap Hari?

Nasi merah kerap dijadikan pengganti nasi putih saat seseorang sedang diet. Namun, jangan asal makan nasi merah setiap hari tanpa tahu hal berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

mengembalikan nafsu makan anak

Tips Jitu Mengembalikan Nafsu Makan Anak Setelah Sakit

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 03/06/2020
manfaat serat kenapa penting

Kenapa Penting Makan Makanan Berserat?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020