7 Pilihan Snack Sehat yang Cocok Menemani Anda Nonton Film

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Sebungkus popcorn tentu tidak akan terlepas dari tangan Anda saat menonton film kesayangan. Ya, rasanya seperti ada yang kurang bila Anda menonton film tanpa ngemil sesuatu. Tapi hati-hati, camilan yang sembarangan bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda, lho! Lantas snack sehat apa yang cocok untuk dikonsumsi saat menonton film? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Popcorn tanpa mentega

Popcorn adalah salah satu camilan sehat yang tepat untuk Anda pilih saat menonton film. Popcorn mengandung sejumlah antioksidan yang dapat membantu menangkal kanker dan penyakit jantung. Selain itu, popcorn juga dikemas dengan kandungan serat yang baik untuk kesehatan Anda.

Akan tetapi, hindari tambahan topping butter (mentega) dan garam. Sebab, kedua bahan ini dapat menambah asupan kalori, karbohidrat, dan natrium yang bisa meningkatkan risiko obesitas, hipertensi, dan penyakit jantung.

Popcorn ukuran kecil tanpa topping apapun mengandung sekitar 200 kalori, 22 gram karbohidrat, 11 gram lemak, 1 gram lemak jenuh, dan 190 miligram natrium. Karena itu, imbangi makan popcorn dengan memperbanyak minum air putih untuk menetralisir tubuh.

2. Salad buah

Ingin ngemil sehat tanpa takut gemuk? Pilih saja salad buah. Pasalnya, buah-buahan mengandung gula alami yang disebut dengan fruktosa. Fruktosa adalah jenis gula yang lebih mudah dipecah dalam tubuh.

Dilansir dari Livestrong, dalam satu mangkuk salad buah yang terdiri dari 50 gram pisang, 50 gram melon, 50 gram blueberry, dan 50 gram apel Anda bisa mendapatkan 1 gram protein, 3 gram serat, 300 miligram kalium, 30 miligram vitamin C, dan 70 mikogram vitamin A.

USDA melaporkan bahwa kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya pada buah segar dapat mengurangi risiko kanker, obesitas, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

3. Yogurt

Camilan sehat lainnya yang cocok dikonsumsi saat menonton film adalah yogurt. Tidak seperti es krim, komposisi yogurt cenderung lebih ringan dan mengandung probiotik (bakteri baik) yang tentunya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terutama sistem pencernaan.

Cobalah untuk membuat camilan yogurt segar bikinan Anda sendiri. Caranya mudah, campurkan 50 gram stroberi cincang, ⅛ sendok teh ekstrak vanili, dan 170 gram yogurt plain. Nah, kini camilan sehat dapat segera Anda konsumsi sebagai teman menonton film.

4. Sereal

Sereal sangat cocok untuk dikonsumsi saat menonton film. Pasalnya, camilan sehat yang satu ini mengandung gandum kaya serat dan vitamin B yang dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan dan membuat kenyang lebih lama.

Pilih sereal yang rendah gula, lemak, dan garam. Beberapa contoh sereal yang bisa Anda pilih adalah biskuit sereal gandum atau bubur oat. Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Namun, beberapa sereal di pasaran mengandung lemak dan gula yang cukup tinggi. Karena itu, jangan lupa untuk selalu cek informasi gizi yang terletak pada label makanan untuk memastikan kandungannya.

5. Kreasi sayuran

Ketimbang memilih keripik kentang yang mengandung lebih banyak garam, lebih baik pilihlah kreasi menu sayuran. Sayuran tidak hanya dapat Anda konsumsi sebagai menu utama saja, lho! Sebab, sayuran juga tak kalah cocok untuk menemani aktivitas menonton film Anda.

Buatlah menu kreasi sayuran yang Anda sukai sesederhana mungkin. Misalnya, potong beberapa wortel dan seledri, lalu tambahkan sedikit saus rendah lemak seperti saus kacang. Contoh menu lainnya adalah dengan menumis daun bayam dengan minyak zaitun dan bawang putih, lalu masukkan ke dalam setangkup roti. Panggang dengan oven sampai matang. Roti isi bayam pun siap menemani aktivitas menonton film Anda.

6. Sup kaldu

Sup kaldu identik dengan makanan untuk orang sakit. Eits, tunggu dulu. Sup kaldu juga bisa menjadi alternatif camilan sehat untuk mengisi perut kosong saat menonton film. Konsumsi sup sayuran, misalnya, dapat membantu meningkatkan suasana hati sehingga Anda akan lebih menikmati alur film yang Anda tonton.

7. Camilan dari kedelai

Kedelai adalah makanan yang sangat padat dengan segudang nutrisi, bahkan meski hanya dikonsumsi dalam jumlah sedikit. Ngemil snack berbahan dasar kedelai adalah salah satu cara yang sehat dan mudah untuk meningkatkan asupan harian Anda dengan berbagai nutrisi penting bagi tubuh.

Dalam 50 gram kacang kedelai panggang terkandung 194 kalori, 9,3 gram lemak, 17 gram protein, dan 14,1 gram karbohidrat. Selain itu, produk berbahan dasar kedelai adalah satu-satunya sumber makanan yang menyediakan asam amino esensial yang baik untuk tubuh. Maka, tak heran bila camilan berbahan dasar kedelai ini cocok untuk menemani Anda sembari menonton film.

Jadi, camilan sehat apa yang akan Anda pilih untuk menonton film nanti?

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Begini Peran Penting Probiotik untuk Kesehatan Lansia

Bakteri tak selalu jahat. Bakteri baik berperan menjaga kesehatan orang lanjut usia. Simak penjelasan dan peran bakteri baik alias probiotik untuk lansia.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
lansia bermain di pantai berkat kesehatan yang baik, seperti menjaga keseimbangan mikrobiota usus dengan probiotik
Nutrisi, Hidup Sehat 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Multivitamin Gummy untuk Dewasa, Benarkah Lebih Sehat?

Multivitamin anak biasanya dikemas menarik dan rasanya enak seperti permen. Nah, ada juga multivitamin gummy khusus orang dewasa. Tapi benarkah lebih sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Jenis Makanan Sehat untuk Membantu Menyembuhkan Kanker Otak

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu menyembuhkan kanker otak, ataupun meringankan gejala yang timbul. Berikut daftar makanan yang disarankan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kanker, Kanker Otak 16 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Jenis Makanan Setelah Operasi yang Dapat Membantu Pemulihan

Mengontrol asupan makanan setelah operasi adalah cara yang tepat agar bisa segera pulih. Berikut beberapa makanan baik untuk dikonsumsi pasca operasi.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Tips Sehat 16 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cemilan bayi

Aneka Pilihan Camilan dan Finger Food untuk Bayi yang Bergizi Tinggi dan Lezat

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
buah untuk bayi

6 Pilihan Buah untuk Bayi yang Baik Dikonsumsi Sehari-Hari

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit
Konten Bersponsor
wanita aktif karena rutin berolahraga dan mengonsumsi suplemen cegah osteoporosis

Cari 3 Kandungan Suplemen Ini untuk Cegah Osteoporosis

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
makanan untuk kolesterol, serat menurunkan kolesterol

Makanan yang Membantu Menurunkan Kolesterol, Plus Cara Memasak yang Tepat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 8 menit