Takut Kalap Saat Pesta Natal? Tenang, Ini 6 Tips Agar Diet Tetap Sukses

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 23/12/2019
Bagikan sekarang

Kemeriahan pesta natal tidak lengkap tanpa jejeran aneka hidangan lezat di atas meja makan. Namun jika Anda tak pandai menahan diri, godaan makan kalap bisa-bisa membuat diet Anda gagal dalam sekejap. Untungnya sejumlah tips berikut dapat membantu Anda tetap konsisten diet sambil menikmati pesta natal tanpa perlu khawatir berat badan makin naik.

Tips menjaga program diet saat menghadiri pesta natal

Perasaan gembira saat berkumpul bersama keluarga di pesta natal mungkin membuat Anda sejenak lupa betapa banyaknya hidangan yang telah Anda santap. Awas, jangan sampai terlena sebab beragam hidangan ini dapat menambah berat badan Anda dengan cepat.

Guna menjaga berat badan, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Jangan datang dengan perut kosong

Tips pertama untuk menjaga diet tetap konsisten saat pesta natal adalah jangan datang dalam keadaan lapar. Datang dengan perut kosong dan kemudian disambut oleh beragam santapan menggoyang lidah tentu akan membuat Anda makan lahap.

Maka sebisa mungkin sempatkan makan dulu di rumah sebelum menghadiri pesta. Tidak harus makan sampai kenyang. Cukup isi perut Anda dengan camilan padat nutrisi seperti kacang-kacangan, buah-buahan, satu buah telur rebus, atau yogurt.

Jika terpaksa datang dengan perut kosong, minumlah segelas air sebelum Anda mulai makan di pesta.

2. Memilih piring yang lebih kecil

Ketika mengambil makanan di meja prasmanan, pilihlah piring yang lebih kecil. Dengan begitu, piring akan tampak lebih cepat penuh walaupun Anda hanya mengambil sedikit makanan. Cukup penuhi piring tersebut dan jangan menumpuk makanan.

Tips lain yang tak kalah penting untuk menjaga diet adalah memilih makanan yang tepat saat pesta natal. Pilihlah buah-buahan, sayuran, serta sumber protein dan serat. Batasi makanan berminyak, saus, keripik, serta makanan manis dan mengandung krim.

3. Makan secara perlahan

makanan baik untuk gigi

Melansir sebuah penelitian dalam The American Journal of Clinical Nutrition, makan pelan-pelan dapat membantu Anda cepat kenyang sehingga mengurangi keinginan makan lahap. Hal ini disebabkan karena tubuh dapat merespons sinyal kenyang dengan lebih baik sehingga memicu Anda berhenti makan.

Sebaliknya, makan dengan terburu-buru justru akan memancing Anda untuk makan lebih banyak. Asupan kalori yang Anda terima selama menghadiri pesta pun menjadi lebih besar. Akibatnya, berat badan Anda malah bertambah.

4. Membatasi minuman beralkohol

Alkohol sebenarnya rendah kalori. Namun, campuran cocktail seperti sirup, gula, dan sari buah akan membuat kalorinya bertambah. Itu kenapa Anda harus pastikan tidak melewatkan tips yang satu ini guna menjaga diet saat pesta natal.

Pilihlah minuman dengan kadar alkohol yang lebih ringan tanpa banyak campuran. Batasi pula minuman beralkohol selama pesta agar tidak melebihi 2 gelas.

Bila perlu, Anda dapat mengganti alkohol dengan minumal nol kalori seperti air atau es teh tawar.

5. Fokus bersosialisasi

minuman sehat

Selain beragam tips di atas, cara lain yang dapat menjaga diet Anda saat pesta natal adalah lebih fokus bersosialisasi. Bagaimanapun, pesta natal adalah momen berharga untuk berkumpul dengan teman, pasangan, sanak saudara, dan orang terkasih lainnya.

Cobalah fokus menikmati waktu bersama orang-orang terdekat agar pikiran Anda tidak terus tertuju pada makanan. Nikmati setiap obrolan dan momen yang Anda jalani. Dengan begitu, pesta natal akan menjadi suatu hal yang amat bermakna.

6. Aktif bergerak

olahraga jogging

Sepulangnya dari pesta natal, melanjutkan olahraga adalah cara paling efektif untuk membakar kalori ekstra dari makanan.

Awali dengan olahraga aerobik ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, jogging, lompat tali, atau berenang selama 30 menit sehari. Lakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Setelah Anda terbiasa, tingkatkan durasi olahraga menjadi 45 menit sehari. Lakukan lebih sering sebanyak 5 kali dalam seminggu. Bila tubuh terasa letih, beristirahatlah sejenak hingga Anda cukup bugar untuk berolahraga kembali.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Sumber Protein Rendah Kalori yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Untuk mendukung penurunan berat badan, Anda bisa mengonsumsi deretan sumber sehat dengan tinggi protein dan rendah kalori berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Nutrisi, Hidup Sehat 24/04/2020

Beras Merah vs Beras Shirataki, Mana yang Efektif untuk Diet?

Bagi yang sedang diet, konsumsi beras atau nasi mungkin akan dibatasi. Beras merah atau beras shirataki dapat menjadi pilihan, tapi mana yang lebih efektif?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Nutrisi, Hidup Sehat 29/03/2020

6 Inspirasi Diet Sehat dari Kobe Bryant

Ingin tahu rahasia diet sehat ala mendiang Kobe Bryant, mantan pebasket legendari NBA, agar tubuh tetap sehat dan bertenaga? Simak di sini jawabannya.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Nutrisi, Hidup Sehat 28/01/2020

Boleh Minum Wine Berapa Banyak Pada Hari Natal?

Belum lengkap rasanya kalau perayaan Natal tidak ada wine. Tapi, pastikan Anda tahu berapa batas aman minum wine agar tidak merugikan, ya!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya 25/12/2019

Direkomendasikan untuk Anda

menu sahur untuk diet keto

3 Resep Menu Makan Sahur untuk Diet Keto Tanpa Ribet

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 16/05/2020
sirtfood diet

Kenali Sirtfood Diet yang Bikin Berat Badan Adele Turun

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 12/05/2020
camilan enak dan sehat

Tak Cemas Berat Badan Naik, Ini Pilihan Camilan Selama di Rumah Saja

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020
makanan rendah indeks glikemik

Perlukah Memilih Makanan yang Rendah IG Meski Tak Terkena Diabetes?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020