Pilihan Snack Rendah Kalori yang Mengenyangkan untuk Anda

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 27/03/2020
Bagikan sekarang

Makan snack rendah kalori merupakan satu siasat pintar untuk Anda yang dipadati kesibukan. Tak sedikit orang melewatkan waktu makan ketika dikejar-kejar pekerjaan. Kemudian di saat lapar, mereka lebih memilih untuk makan snack lebih dari satu bungkus, tanpa menyadari snack tersebut mengandung tinggi kalori.

Padahal, tak sulit sebenarnya menemukan snack yang rendah kalori. Ini dia beberapa pilihannya.

Pilihan snack rendah kalori yang sehat

Di saat lapar, seseorang cenderung mengonsumsi makanan yang diproses atau ngemil snack tinggi kalori. Padahal, tanpa sadar, kebiasaan itu bisa menyebabkan berat badan naik dan berujung pada obesitas.

Ngemil memang penting, tapi Anda juga perlu memperhatikan pilihan camilan yang hendak Anda makan. Pilihlah snack sehat yang mengandung rendah lemak, banyak air, dan serat.

Berikut pilihan snack rendah kalori yang bisa mengenyangkan Anda lebih lama saat di kantor.

1. Popcorn

Popcorn, salah satu pilihan snack rendah kalori yang mudah dinikmati banyak orang. Camilan sehat yang biasanya menemani Anda nonton ini mengandung serat dan bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Satu mangkuk kecil popcorn mengandung 30,6 kalori dan sedikit lemak jenuh. Popcorn memiliki kandungan yang kaya akan polifenol. Komponen ini membantu sirkulasi darah lebih lancar, melancarkan pencernaan, dan mengurangi risiko kanker.

Bila Anda punya kebiasaan ngemil keripik kentang (448 kalori), cobalah ganti dengan popcorn mulai sekarang.

2. Kentang panggang

Makanan yang digoreng (apalagi dengan minyak banyak) biasanya kalorinya akan meningkat dibandingkan makanan yang dipanggang.

Itu sebabnya, kentang panggang menjadi pilihan snack rendah kalori yang baik ketimbang kentang goreng. Kentang panggang berukuran sedang, setidaknya mengandung 161 kalori.

Anda bisa kenyang lebih lama ketika makan kentang panggang. Hal ini disebabkan kentang panggang mengandung pati, sejenis karbohidrat kompleks yang mampu memasok simpanan energi di dalam tubuh.

Selain itu, kentang juga mengandung asam folat dan vitamin C. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

Bersama dengan asam folat, kandungan vitamin C juga dapat membantu menurunkan risiko terjadinya kanker kolorektal.

3. Greek yogurt

Camilan sehat ini tentunya juga sama-sama rendah kalori. Setiap 150 gramnya, greek yogurt mengandung sekitar 130 kalori dan 11 gram protein.

Berkat kandungan protein di dalamnya, greek yogurt dapat membantu Anda kenyang lebih lama. Kandungan bakteri baik dalam yogurt ini juga dapat melancarkan sistem pencernaan Anda.

Sebuah penelitian menyebutkan, kandungan probiotik pada yogurt juga berkontribusi meringankan gejala kecemasan, depresi, dan stres. Itu sebabnya, snack rendah kalori ini sangat tepat Anda konsumsi di kantor.

4. Keripik buah

Keripik buah bisa jadi salah satu pilihan snack yang rendah kalori. Buah memiliki kandungan serat dan karbohidrat, serta berfungsi sebagai antioksidan.

Nah, kandungan serat yang tinggi pada keripik buah membuat camilan ini ampuh untuk menunda lapar. Sedangkan antioksidannya, terutama polifenol, dapat membantu menangkal penyakit serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Ada berbagai jenis keripik buah yang bisa Anda nikmati, misalnya keripik pisang dan keripik kelapa. Namun, untuk menghindari kalori yang berlebih, pilih keripik buah yang diproses sealami mungkin, ya.

5. Edamame

Biasa dikenal dengan kacang kedelai muda. Setengah cangkir edamame mengandung 8 gram protein dan 4 gram serat. Snack rendah kalori ini bisa jadi pilihan yang sehat untuk menemani Anda bekerja di kantor.

Jika migrain menyerang saat Anda bekerja, langsung saja santap edamame. Sebab kandungan kalsium dan magnesiumnya juga membantu mengatasi migrain. Manfaat lainnya, kandungan zat besi dalam edamame membantu meningkatkan energi Anda.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

Calorie Density — How to Lose Weight Eating More Food. https://www.healthline.com/nutrition/calorie-density#effect-on-weight. Diakses 16 September 2019

Popcorn Nutrition Facts: A Healthy, Low-Calorie Snack? https://www.healthline.com/nutrition/popcorn-nutrition-and-health#section3. Diakses 16 September 2019

How can I eat a low-calorie diet as a vegan?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325173.php

25 Super Snacks with 100 Calorie or Less. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-100-calorie-snacks Diakses 16 September 2019

Dried Fruit: Good or Bad? https://www.healthline.com/nutrition/dried-fruit-good-or-bad Diakses 16 September 2019

What are the health benefits of edamame? https://www.medicalnewstoday.com/articles/280285.php. Diakses 16 September 2019

The effects of probiotics on depressive symptoms in humans: a systematic review. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5319175/. Diakses 16 September 2019

Jumlah kalori keripik kentang. http://www.panganku.org/id-ID/view. Diakses 17 September 2019

Yang juga perlu Anda baca

7 Strategi Jitu untuk Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Agar diet berhasil, Anda harus tahu mana cara menurunkan berat badan saat puasa yang paling efektif. Intip tujuh tips diet saat puasa ini, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hari Raya, Ramadan 14/05/2019

Benarkah Puasa Dapat Menurunkan Berat Badan?

Banyak orang memanfaatkan bulan Ramadan sebagai momen untuk diet. Tapi apakah memang benar puasa bisa menurunkan berat badan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Hari Raya, Ramadan 13/05/2019

3 Manfaat Sawi Putih yang Sayang untuk Dilewatkan

Selain kaya nutrisi, masih ada beragam manfaat sawi putih lainnya yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut tiga di antaranya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Hidup Sehat 01/04/2019

Apa Akibatnya Jika Berat Badan Naik Turun Drastis?

Berat badan naik turun drastis bukan berarti tubuh Anda mudah menyesuaikan diri. Justru ada bahaya yang terselubung di balik naik turunnya berat badan Anda.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji

Direkomendasikan untuk Anda

3 Penyebab Berat Badan Naik Lagi Setelah Diet

3 Penyebab Berat Badan Naik Lagi Setelah Diet

Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 30/05/2020
10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
6 Cara Sehat Menurunkan Berat Badan yang Terbukti Ampuh

6 Cara Sehat Menurunkan Berat Badan yang Terbukti Ampuh

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 20/12/2019
Olahraga Rutin, Benarkah Bisa Lebih Cepat Menurunkan Berat Badan?

Olahraga Rutin, Benarkah Bisa Lebih Cepat Menurunkan Berat Badan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 03/11/2019