Menurunkan Berat Badan Dengan Ginseng Korea, Seberapa Ampuh Khasiatnya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/11/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Ginseng merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak khasiat. Dalam pengobatan Tiongkok, bahan alami yang satu ini sering diandalkan sebagai stimulan atau penenang. Kabar baik bagi Anda yang ingin punya badan langsing, salah satu jenis ginseng yang bernama ginseng Korea disebut-sebut tokcer untuk menurunkan berat badan, lho! Namun, seberapa ampuh manfaat ginseng Korea untuk melangsingkan badan? Cek faktanya disini.

Manfaat ginseng Korea untuk menurunkan berat badan

manfaat ginseng buat pria

Ginseng Korea, yang disebut juga dengan ginseng Asia atau Panax ginseng, telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok sebagai suplemen penambah energi dan mengatasi berbagai masalah seksual pria. Mulai dari mengobati impotensi, mengatasi ejakulasi dini, hingga meningkatkan kesuburan.

Tak hanya itu, ginseng Korea ternyata juga banyak digunakan untuk menurunkan berat badan. Namun yang jadi pertanyaan, seberapa ampuh khasiatnya?

Temuan manfaat ginseng Korea yang satu ini diungkapkan oleh Dr. Robert B. Saper dari Harvard Medical School pada tahun 2004 silam. Menurutnya, konsumsi ginseng Korea dapat mempercepat metabolisme karbohidrat dalam tubuh. Semakin cepat karbohidrat dicerna, maka kalori dalam tubuh akan semakin cepat dibakar dan akhirnya berat badan jadi lebih stabil.

Sejalan dengan itu, penelitian dalam Journal of Ginseng Research pun mengungkapkan hal yang sama. Para ahli melibatkan 10 wanita dengan obesitas untuk rutin mengonsumsi ginseng Korea selama 8 minggu.

Setelah penelitian selesai dilakukan, para ahli menemukan bahwa komposisi mikrobiota usus dalam tubuh peserta cenderung seimbang. Keseimbangan mikrobiota usus inilah yang dapat meningkatkan efek antiobesitas dalam tubuh peserta. Dengan kata lain, berat badan peserta tidak akan gampang naik alias cenderung stabil.

Namun, hati-hati efek sampingnya

gizi kurang

Meskipun manfaat ginseng Korea ini begitu menggiurkan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Sama seperti tanaman herbal pada umumnya, ginseng Korea juga memiliki sejumlah efek samping, Mulai dari sakit kepala, ruam kulit, denyut jantung meningkat, susah tidur, hingga nafsu makan menurun.

Hilangnya nafsu makan akibat konsumsi ginseng Korea sering kali dimanfaatkan untuk mempercepat penurunan berat badan. Namun jika terus-terusan dilakukan tanpa pengawasan, hal ini justru bisa menyebabkan kurang gizi dan membahayakan kesehatan Anda sendiri.

Itulah kenapa, penting bagi Anda untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mencoba mengonsumsi ginseng Korea. Terlebih bagi Anda yang punya riwayat penyakit tertentu, misalnya kanker, endometriosis, atau diabetes. Ginseng Korea yang dikonsumsi tanpa pengawasan dokter dikhawatirkan dapat memperparah penyakit yang Anda idap.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Ini bisa sangat mengganggu Anda jika sering terjadi. Temukan cara mengatasi mimpi buruk di sini.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Banyak mitos membuat infeksi cacing menjadi hal sepele. Cek fakta seputar cacingan yang berbahaya jika dibiarkan, seperti menghambat pertumbuhan anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit