Kentang dan Nasi Putih, Mana yang Cocok Menurunkan Berat Badan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Nasi putih dan kentang adalah sumber karbohidrat yang menjadi makanan pokok di banyak belahan dunia. kentang dan nasi putih biasanya dinikmati dalam berbagai macam hidangan sebagai sumber energi. Bagi orang yang menginginkan tubuh langsing, banyak yang bertanya-tanya jenis karbohidrat apa ya yang harus diamakan? Atau pertanyaan ini juga sering ditanyakan, “kalau mau turunin berat badan makan kentang apa nasi ya? Supaya gak gendut makan kentang apa nasi ya?” Untuk mengetahui jawabnannya lebih lanjut yuk simak ulasannya dibawah ini!

Perbedaan jumlah kalori, karbohidrat, dan lemak pada kentang dan nasi putih

Berdasarkan data United States Department of Agriculture,  nasi mengandung lebih tinggi jumlah kalori, kabohidrat, dan lemak dibandingkan dengan kentang utuh beserta kulit.

Dalam 100 gram nasi putih mengandung:

  • 130 kalori
  • 28,73 gram karbohidrat
  • 0,19 gram lemak

Dalam 100 gram kentang mengandung:

  • 89 kalori
  • 21,08 gram karbohidrat
  • 0,15 gram lemak

Itu artinya, dengan mengonsumsi jumlah kentang dan nasi yang sama, nasi akan memberikan total kalori lebih banyak dibandingkan kentang, begitupun dengan jumlah karbohidrat dan lemaknya.

Untuk menurunkan berat badan perlu dilakukannya pengurangan kalori yang bertahap. Yaitu sekitar 500-1000 kalori dalam seminggu. Memilih makanan yang mengandung lebih sedikit kalori akan membantu mengurangi asupan kalori yang sedang Anda kurangi saat pengaturan makan.

Mengurangi jumlah karbohidrat di dalam menu makanan juga bisa menjadi cara yang efektif untuk mengurangi berat badan. Hasil penelitian yang ditulis dalam The American Journal of Clinical Nutrition menunjukan bahwa pengaturan makan rendah karbohidrat dapat menghasilkan penurunan berat badan lebih banyak daripada melakukan pembatasan kalori saja.

Lemak mengandung kalori lebih banyak yakni 9 kalori per satu gram. Mengurangi makanan dengan kandungan lemak dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan juga untuk mengurangi massa lemak.

kentang untuk diet

Bagaimana dengan kandungan vitamin mineral kentang dan nasi putih?

Vitamin dan mineral berfungsi sangat banyak dalam proses metabolisme di dalam tubuh. Beberapa vitamin dan mineral bertugas untuk memastikan tubuh Anda berfungsi seefisien mungkin untuk menurunkan berat badan. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, asupan vitamin mineral juga penting dalam membantu mencerna segala makanan dalam tubuh.

Vitamin B adalah vitamin yang membantu tubuh Anda mengolah karbohidrat, lemak, protein, dan menggunakan energi yang tersimpan dalam makanan secara efisien. Dalam 100 gram kentang mengandung 0,211 mg vitamin B, sedangkan nasi mengandung 0,05g mg vitamin B.

Serat dalam nasi putih dan kentang, lebih besar yang mana?

Serat sebenarnya tidak memiliki sifat pembakaran lemak di dalam tubuh, tapi serat akan membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama. Serat merupakan sapu pembersih saluran pencernaan dan mencegah agar zat-zat beracun tidak diserap melalui lambung dan usus, dan juga sebagai pengikat lemak dan kolestrol

Mengonsumsi makanan dengan serat tinggi dapat membuat Anda kenyang lebih lama, ketika Anda kenyang lebih lama maka Anda dapat mengatur nafsu makan dan berat badan. Serat akan bekerja dengan mengisi perut lalu merangsang reseptor yang memberi tahu otak bahwa saya sudah kenyang, sekarang berhenti makan. 

Dalam 100 gram kentang mengandung serat 2,2 gram, sedangkan nasi mengandung sekitar 0,4 gram serat.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menurunkan berat badan, pilihlah makanan yang mengandung serat lebih tinggi untuk mendapatkan manfaat kenyang lebih lama.

Jadi, pilih kentang atau nasi?

Berdasarkan nilai gizi yang mendukung, kentang memang memiliki jumlah kalori, karbohidrat, lemak lebih rendah dan serat yang lebih tinggi dibandingkan nasi putih. Memilih kentang bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Perlu diingat, pengolahan makanan juga menjadi faktor penting yang memengaruhi nilai gizi suatu hidangan yang Anda makan.

Jika Anda memilih kentang dengan pengolahan kaya akan lemak, sedangkan nasi putih biasa hanya dikukus, kandungan gizi nya juga akan berbeda. Pengolahan yang tidak tepat (misalnya digoreng) akan menambahkan lemak dan kalori yang lebih besar pada makanan Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Bagi korban KDRT, meninggalkan pasangan yang abusive tak semudah itu. Ini dia alasan korban KDRT bertahan meski hubungannya sarat kekerasan dan kekejaman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Perceraian memang bukan sesuatu yang tabu. Tapi keutuhan rumah tangga adalah cita-cita banyak orang. Bagaimana cara menghindari perceraian?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Psikologi, Seks & Asmara 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

Salah satu masalah orang thalasemia adalah masalah gizi. Apa saja pilihan makanan dan nutrisi yang tepat untuk penderita thalasemia?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Penyakit Kelainan Darah, Thalasemia 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

5 Masalah Seks yang Paling Mengganggu Pria (Plus Cara Mengatasinya)

Meski tampaknya selalu bersemangat soal urusan di ranjang, ada banyak juga masalah seks yang dapat mengganggu pria. Yuk, ketahui apa saja!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

proses inflamasi

Proses Inflamasi Ternyata Penting Bagi Tubuh, Begini Mekanismenya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Penyebab sakit pinggang

Cari Tahu Gejala, Penyebab dan Pengobatan untuk Sakit Pinggang

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
makanan pedas atasi migrain

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
arti warna dahak

Warna Dahak Merah, Hijau, Atau Hitam? Cari Tahu Artinya di Sini

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit