Kentang dan Nasi Putih, Mana yang Cocok Menurunkan Berat Badan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Nasi putih dan kentang adalah sumber karbohidrat yang menjadi makanan pokok di banyak belahan dunia. kentang dan nasi putih biasanya dinikmati dalam berbagai macam hidangan sebagai sumber energi. Bagi orang yang menginginkan tubuh langsing, banyak yang bertanya-tanya jenis karbohidrat apa ya yang harus diamakan? Atau pertanyaan ini juga sering ditanyakan, “kalau mau turunin berat badan makan kentang apa nasi ya? Supaya gak gendut makan kentang apa nasi ya?” Untuk mengetahui jawabnannya lebih lanjut yuk simak ulasannya dibawah ini!

Perbedaan jumlah kalori, karbohidrat, dan lemak pada kentang dan nasi putih

Berdasarkan data United States Department of Agriculture,  nasi mengandung lebih tinggi jumlah kalori, kabohidrat, dan lemak dibandingkan dengan kentang utuh beserta kulit.

Dalam 100 gram nasi putih mengandung:

  • 130 kalori
  • 28,73 gram karbohidrat
  • 0,19 gram lemak

Dalam 100 gram kentang mengandung:

  • 89 kalori
  • 21,08 gram karbohidrat
  • 0,15 gram lemak

Itu artinya, dengan mengonsumsi jumlah kentang dan nasi yang sama, nasi akan memberikan total kalori lebih banyak dibandingkan kentang, begitupun dengan jumlah karbohidrat dan lemaknya.

Untuk menurunkan berat badan perlu dilakukannya pengurangan kalori yang bertahap. Yaitu sekitar 500-1000 kalori dalam seminggu. Memilih makanan yang mengandung lebih sedikit kalori akan membantu mengurangi asupan kalori yang sedang Anda kurangi saat pengaturan makan.

Mengurangi jumlah karbohidrat di dalam menu makanan juga bisa menjadi cara yang efektif untuk mengurangi berat badan. Hasil penelitian yang ditulis dalam The American Journal of Clinical Nutrition menunjukan bahwa pengaturan makan rendah karbohidrat dapat menghasilkan penurunan berat badan lebih banyak daripada melakukan pembatasan kalori saja.

Lemak mengandung kalori lebih banyak yakni 9 kalori per satu gram. Mengurangi makanan dengan kandungan lemak dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan juga untuk mengurangi massa lemak.

kentang untuk diet

Bagaimana dengan kandungan vitamin mineral kentang dan nasi putih?

Vitamin dan mineral berfungsi sangat banyak dalam proses metabolisme di dalam tubuh. Beberapa vitamin dan mineral bertugas untuk memastikan tubuh Anda berfungsi seefisien mungkin untuk menurunkan berat badan. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, asupan vitamin mineral juga penting dalam membantu mencerna segala makanan dalam tubuh.

Vitamin B adalah vitamin yang membantu tubuh Anda mengolah karbohidrat, lemak, protein, dan menggunakan energi yang tersimpan dalam makanan secara efisien. Dalam 100 gram kentang mengandung 0,211 mg vitamin B, sedangkan nasi mengandung 0,05g mg vitamin B.

Serat dalam nasi putih dan kentang, lebih besar yang mana?

Serat sebenarnya tidak memiliki sifat pembakaran lemak di dalam tubuh, tapi serat akan membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama. Serat merupakan sapu pembersih saluran pencernaan dan mencegah agar zat-zat beracun tidak diserap melalui lambung dan usus, dan juga sebagai pengikat lemak dan kolestrol

Mengonsumsi makanan dengan serat tinggi dapat membuat Anda kenyang lebih lama, ketika Anda kenyang lebih lama maka Anda dapat mengatur nafsu makan dan berat badan. Serat akan bekerja dengan mengisi perut lalu merangsang reseptor yang memberi tahu otak bahwa saya sudah kenyang, sekarang berhenti makan. 

Dalam 100 gram kentang mengandung serat 2,2 gram, sedangkan nasi mengandung sekitar 0,4 gram serat.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menurunkan berat badan, pilihlah makanan yang mengandung serat lebih tinggi untuk mendapatkan manfaat kenyang lebih lama.

Jadi, pilih kentang atau nasi?

Berdasarkan nilai gizi yang mendukung, kentang memang memiliki jumlah kalori, karbohidrat, lemak lebih rendah dan serat yang lebih tinggi dibandingkan nasi putih. Memilih kentang bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Perlu diingat, pengolahan makanan juga menjadi faktor penting yang memengaruhi nilai gizi suatu hidangan yang Anda makan.

Jika Anda memilih kentang dengan pengolahan kaya akan lemak, sedangkan nasi putih biasa hanya dikukus, kandungan gizi nya juga akan berbeda. Pengolahan yang tidak tepat (misalnya digoreng) akan menambahkan lemak dan kalori yang lebih besar pada makanan Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Pria kadang suka "keluar" duluan. Adakah cara agar seks menjadi lebih lama? Yuk simak berbagai cara tahan lama pria saat berhubungan seks di bawah ini.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Tidur Sebaiknya Pakai Bra atau Tidak?

Yang jelas, kabar bahwa tidur pakai bra bisa menyebabkan kanker payudara, itu sama sekali tidak benar. Tapi, apakah ini berarti kita boleh tidur pakai bra?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Fakta Unik 28/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Minum Madu Setelah Minum Obat, Boleh atau Tidak?

Minum obat terus minum madu? Boleh atau tidak? Baiknya Anda simak penjelasan di sini mengenai bahaya dan anjuran saat minum madu.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat, Fakta Unik 27/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Menguak Manfaat Power Nap dan Bedanya Dengan Tidur Siang Biasa

Badan lemas, ngantuk, dan mata berat? Itu tandanya Anda butuh tidur siang! Yuk, intip trik power nap ini agar tidur siang lebih berkualitas dan bermanfaat.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Fakta Unik 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berat badan turun bukan berarti lemak berkurang

Berat Badan Turun, Bukan Berarti Lemak Tubuh Berkurang

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 03/08/2020 . Waktu baca 5 menit
makan tidak teratur

6 Dampak Buruk Akibat Makan Tidak Teratur

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 03/08/2020 . Waktu baca 4 menit
nutrisi untuk mencegah covid

Penuhi Nutrisi Ini untuk Mencegah Penularan Coronavirus saat New Normal

Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 9 menit
lemak paha sulit dihilangkan

Lemak Paha Anda Sulit Dihilangkan? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 4 menit