Selain porsi makanan berat, sudah tentu seseorang membutuhkan makanan selingan atau biasa kita sebut dengan camilan alias snack. Jenis snack yang kita pilih akan menentukan apakah kegiatan ngemil itu akan menjadi baik atau buruk untuk tubuh kita.

Jenis makanan ringan juga disesuaikan dengan iklim di mana kita berada. Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis, hawa di Indonesia secara rata-rata akan lebih panas dari negara-negara Eropa, Amerika Utara, dan bahkan negara-negara Asia di kawasan sub-tropis. Dan pada dasarnya, yang Anda butuhkan dalam menjalani hari-hari di negara beriklim tropis seperti Indonesia adalah camilan dengan kadar air yang tinggi. Ini penting guna melindungi Anda dari rsiko dehidrasi.

Di bawah ini merupakan sejumlah snack yang bisa menjadi pilihan Anda dalam selingan waktu makan. Hindari snack yang digoreng, dan pilihlah bahan yang kaya serat untuk menggantinya.

1. Semangka

Sering berada di bawah terik sinar matahari membuat Anda membutuhkan pasukan cairan agar terhindar dari dehidrasi. Semangka cocok untuk memenuhi kebutuhan cairan karena 95 persen dari buah tersebut merupakan unsur H2O (air). Secara alami, semangka merupakan buah yang rendah kalori, terdapat 30 kalori dalam setiap 100 gram semangka. Jadi, kandungan air dalam semangka dapat mengisi tenaga untuk tubuh Anda tanpa Anda harus takut untuk makan semangka terlalu banyak.

2. Green Juice

Bicara soal “green juice”, berarti kita berbicara soal sayur. Sayur jelas merupakan golongan raw material yang rendah gula dan kaya nutrisi. Di negara subur seperti Indonesia tidak sulit dalam menemukan berbagai jenis sayuran. Sayur kaya nutrisi yang dapat dibuat menjadi jus adalah bayam, brokoli, seledri, sawi, pakcoy, dan lain-lain. Untuk perasa, jangan gunakan gula. Campurkan saja unsur buah dalam racikan jus Anda, tentunya pilihlah buah yang kaya nutrisi.

3. Kacang

Kacang merupakan snack yang amat digemari dalam mengisi waktu luang, teman menonton TV, dan teman ngobrol bersama sahabat dan keluarga. Kacang kaya akan lemak sehat, vitamin, mineral, dan anti oksidan. Selain bergizi bagi tubuh, nutrisi kacang juga baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda yang sering terkena sengatan matahari. Namun, hindari memproses kacang dengan memanggang atau dengan tambahan garam.

4. Air kelapa

Air mineral memang akan selalu menjadi pilihan terbaik untuk kesehatan Anda. Namun, jika Anda menginginkan sedikit rasa, air kelapa menjadi pilihan yang tepat. Kandungan kalium dan potassium yang terdapat pada kelapa baik untuk tubuh Anda dan dapat mencegah kembung pada perut Anda.

5. Nori (snack rumput laut)

Jika Anda sudah terbiasa dengan snack yang renyah dan mudah ditemui di supermarket, Anda mungkin bisa mengganti kebiasaan membeli keripik singkong ayau kentang dengan nori. Nori mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A dan C. Selain itu,  nori juga memiliki kadar kalori dan lemak yang rendah. Jangan lupa pilih nori yang alami dan tidak ditambahkan garam maupun perasa MSG.

6. Edamame

Edamame merupakan jenis snack yang mudah untuk dibawa ke mana-mana. Edamame mengandung protein yang tinggi. Selain protein, edamame juga memiliki kadar serat yang tinggi dan hal tersebut baik untuk pencernaan Anda.

7. Pisang

Pisang mengandung nutrisi yang baik untuk iklim tropis seperti di Indonesia. Buah yang kaya akan kalium ini dapat mencegah kembung pada perut Anda. Kalori yang tinggi menjadi jalan ampuh untuk menunda rasa lapar di perjalanan.

8. Nanas

Nanas merupakan buah yang kaya akan vitamin A dan C. Selain itu, Nanas mengandung enzim pencernaan yang bagus untuk tubuh bernama bromelain. Enzim tersebut akan menjauhkan Anda dari kembung dan gangguan pencernaan lainnya. Nanas juga merupakan buah yang kaya akan air dan tentunya akan memberikan kesegaran tersendiri di cuaca panas Indonesia.

9. Roti isi selai kacang

Roti merupakan pengganti nasi yang lebih rendah karbohidrat. Kandungan serat pada roti juga membantu Anda dalam memperlancar pencernaan. Tambahan selai almond atau kacang membantu Anda memenuhi kebutuhan protein pada tubuh Anda. Kombinasi ini juga dapat menggantikan porsi makan besar.

10. Salad

Anda dapat membuat sebuah kombinasi sayuran menjadi semangkuk salad. Pilihlah sayuran yang Anda suka dan tentunya bernutrisi tinggi. Untuk mengganti kebutuhan protein, Anda dapat mengganti peran ayam dengan kacang-kacangan, hindari bahan-bahan berlemak pada porsi salad Anda.

BACA JUGA:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca