Batu ginjal termasuk masalah kesehatan umum yang banyak dialami oleh orang Indonesia. Gejala utamanya adalah buang air kecil yang terasa sakit. Nah katanya, banyak minum air putih bisa menghilangkan batu ginjal secara alami. Benar begitu?

Bagaimana batu ginjal terbentuk?

Batu ginjal tidak sama dengan batu-batuan kecil yang sering Anda temukan di jalan. Batu ini terbentuk akibat ginjal yang kekurangan cairan untuk memecah kelebihan mineral seperti oksalat, kalsium, atau asam urat dari makanan. Mineral-mineral ini akan terus menumpuk dan akhirnya mengeras menjadi butiran kristal mirip batu.

Ukuran batu ginjal itu beragam, mulai dari sekecil butiran pasir sampai kerikil yang cukup besar. Batu yang berukuran sangat kecil biasanya akan mudah keluar bersama aliran urine. Namun semakin besar dan semakin banyak batu yang ada dalam ginjal, akan semakin sulit dikeluarkan dan menimbulkan gejala yang menyakitkan.

Minum banyak air putih bisa menghilangkan batu ginjal?

Banyak minum air putih dapat membantu kerja ginjal lebih lancar untuk memecah kelebihan mineral yang jadi penyebab terbentuknya batu ginjal. Meski begitu, minum air putih tidak serta merta akan otomatis menghancurkan atau menghilangkan batu ginjal yang sudah terlanjur terbentuk.

Asupan air semata-mata hanya akan mempercepat proses tubuh untuk mengalirkan bebatuan yang tertahan dalam ginjal melewati ureter dengan memproduksi aliran urin yang lebih banyak. Jadi, air sebenarnya tidak menghilangkan batu ginjal, namun mendorong batu ginjal agar bisa lebih cepat keluar dari tubuh.

Batu ginjal yang besar harus dihancurkan pakai obat dulu

Cara ini pun terbilang lebih manjur untuk batu ginjal yang masih berukuran kecil. Sebab semakin besar batunya semakin berisiko untuk tersangkut di dalam saluran kencing (ureter). Maka di samping banyak minum air putih, Anda tetap perlu beberapa obat penghancur batu ginjal yang diresepkan oleh dokter. Dengan pengobatan ini, batu ginjal biasanya akan hancur dalam waktu 2 sampai 3 minggu.

Alternatifnya, Anda bisa juga menambahkan jus lemon segar dalam segelas air yang Anda minum. Lemon mengandung sitrat yang merupakan senyawa kimia kuat untuk memecah batu ginjal jadi lebih kecil, sehingga bisa melewati saluran kencing dengan lebih mudah.

Jika gejala dan rasa nyerinya sudah cukup mengganggu, satu-satunya cara untuk menghilangkan batu ginjal adalah lewat prosedur uteroskopi di rumah sakit.

cara diet air putih

Air putih mencegah batu ginjal muncul lagi

Minum banyak air putih sebetulnya lebih efektif dijadikan cara mencegah terjadiny batu ginjal ketimbang sebagai cara pengobatan. Asupan air yang selalu tercukupi akan memudahkan kerja ginjal untuk membersihkan racun dalam tubuh. Termasuk kelebihan mineral yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Semakin sedikit Anda minum, semakin lambat proses pembuangan limbah tersebut. Akibatnya, akan terjadi penumpukan dan membentuk batuan. Untuk mencegahnya, Anda cukup memenuhi kebutuhan air setiap hari, umumnya sebanyak 8 gelas air per hari.

Selain itu, Anda juga harus mengurangi asupan garam dan protein hewani pada menu makanan harian untuk mengurangi beban ginjal.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca