Menurunkan Berat Badan Dengan Air Putih? Bukan Mitos, Kok!

Oleh

Air putih memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Beberapa orang pun percaya banyak minum air putih dapat membantu menurunkan berat badan. Penelitian yang diterbitkan oleh American Society for Nutrition tahun 2013 pun telah membuktikan bahwa minum air putih lebih banyak dapat membantu mempertahankan dan menurunkan berat badan. Namun, bagaimana hal ini bisa terjadi?

Air putih dapat membantu membakar kalori

Ternyata, air putih dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh Anda, sehingga dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Hal ini dikenal sebagai resting energy expenditure. Sebuah penelitian oleh Stookey dan kawan-kawan tahun 2008 pada wanita gemuk membuktikan bahwa air putih dapat membantu menurunkan berat badan lebih banyak. Penelitian ini dilakukan dengan meningkatkan asupan air putih lebih dari 1 liter per hari selama 12 bulan. Hasilnya, penurunan berat badan bertambah sebesar 2 kg.

Penelitian tersebut diperkuat oleh penelitian yang menunjukkan bahwa minum 0,5 liter air putih dapat membakar kalori tambahan sebesar 23 kalori. Beberapa penelitian lainnya yang dilakukan pada orang gemuk juga membuktikan bahwa minum 1-1,5 liter air putih setiap hari selama beberapa minggu dapat menurunkan berat badan, indeks massa tubuh (IMT), lingkar pinggang, dan lemak tubuh.

Air dingin lebih baik

Penurunan berat badan mungkin akan lebih besar ketika Anda minum air dingin. Mengapa? Tubuh akan membakar kalori lebih banyak saat Anda minum air dingin. Karena tubuh membutuhkan energi tersebut untuk menghangatkan air dingin sampai mencapai suhu tubuh agar bisa diproses oleh tubuh. Hal ini didukung oleh penelitian Brown dan kawan-kawan (2006) yang menemukan bahwa terjadi peningkatan resting energy expenditure sebesar 25% setelah minum air dingin.

Minum air putih dapat membantu mengontrol rasa lapar

Terkadang, Anda mengira bahwa Anda lapar, tapi sebenarnya lapar yang Anda rasakan adalah lapar palsu. Ya, tubuh Anda pada saat itu sebenarnya belum benar-benar membutuhkan makanan, hanya merasa haus yang Anda anggap sebagai lapar. Banyak perasaan yang berhubungan dengan rasa lapar (seperti perut kosong, perut keroncongan, lemas, dan pusing) yang juga muncul saat tubuh Anda butuh cairan atau Anda merasa haus.

Penelitian lain oleh University of Oxford tahun 2015 menunjukkan bahwa orang dewasa obesitas yang minum sekitar 500 ml air putih 30 menit sebelum makan, akan makan lebih sedikit dan berat badannya bisa turun sampai 1 kg. Minum air putih sebelum makan dapat membuat perut Anda terisi tanpa menambah kalori, sehingga Anda akan makan lebih sedikit. Hasilnya akhirnya, berat badan Anda pun akan berkurang.

Minum air putih dapat mengurangi asupan kalori

Air putih merupakan minuman yang tidak mempunyai kalori. Jadi, ingin minum sebanyak apapun Anda, kalori Anda tidak akan bertambah, sehingga tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan. Berbeda dengan minuman lainnya, yang biasanya ditambahkan dengan gula. Tentu, minuman ini mengandung kalori yang dapat menambah asupan kalori Anda. Pada akhirnya, minuman yang mengandung gula dan kalori ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Cara memanfaatkan air putih untuk menurunkan berat badan

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang minum sebagian besar air putih setiap hari memiliki asupan kalori yang lebih rendah (hampir 9% atau 200 kalori). Jadi, mulai sekarang, biasakanlah untuk lebih banyak minum air putih setiap hari. Saat berada di restoran, biasakan untuk memilih air putih untuk menemani makan Anda.

Saat Anda merasa lapar, untuk menentukan apakah Anda benar-benar lapar atau tidak, Anda bisa mengujinya dengan minum air putih terlebih dahulu, kemudian lakukan aktivitas sebentar, dan rasakan apakah Anda masih merasa lapar atau tidak. Sebaiknya, minum air putih setidaknya 30 menit sebelum makan, untuk mengurangi rasa lapar dan mencegah Anda makan terlalu banyak.

Air putih yang harus Anda minum tidaklah harus 8 gelas per hari. Jumlah ini bisa lebih, tergantung dari kebutuhan Anda. Kebutuhan air tiap individu berbeda-beda tergantung dari kondisi tubuh, aktivitas fisik, cuaca, dan lainnya. Sebaiknya minumlah air putih setiap Anda merasa haus dan minum yang cukup untuk memuaskan dahaga Anda. Jangan minum air putih berlebihan, karena ini dapat membahayakan kesehatan Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca