Jika Anda salah satu pengikut trend kecantikan masa kini, pasti Anda tidak asing lagi dengan masker kefir yang banyak mulai banyak diminati. Berbagai salon kecantikan sampai akun penjualan di media sosial berlomba-lomba menjual produk masker kefir yang digadang memiliki sejuta khasiat baik untuk kulit wajah. Bagi Anda yang penasaran, mari simak manfaat dan penjelasan singkat tentangkhasiat masker kefir untuk kulit sehat dibawah ini.

Apa itu kefir?

Kefir adalah minuman yang terbuat dari susu dengan proses fermentasi yang awalnya berasal dari daerah kaukasus (seperti Iran, Armenia dan Turki). Wujud awal kefir adalah berbentuk butiran, yang merupakan pembiakan simbiosis ragi dan bakteri. Kefir mengandung bakteri baik dan zat yang bermanfaat seperti lactobacillus lactis yang bagus untuk pencernaan, vitamin B, vitamin K, asam folat, kalium, magnesium, fosfor.

Khasiat masker kefir untuk kulit

Berawal dari kandungan kefir yang telah dijelaskan di atas, pastinya akan berdampak bagi tubuh khusunya kulit. Masker yang terbuat dari kefir  berwarna putih susu hampir menyerupai yoghurt dan bertekstur sedikit kental. Jika dioleskan ke wajah rasanya dingin dan sejuk pada kulit Anda.

Pemakaian awal masker kefir pada wajah akan menimbulkan rasa perih sesaat. Hal itu terjadi karena bakteri baik pada kandungan kefir sedang beradaptasi dan bekerja menghilangkan kotoran pada kulit dalam dan kulit luar. Berikut kandungan dan khasiat masker kefir yang baik untuk kulit wajah:

  • Masker yang mengandung kefir pada wajah Anda akan membantu memulihkan dan mengatur keseimbangan asam basa pada  sel-sel kulit wajah (karena adanya lactobacillus dalam kandungan kefir). Lactobacillus juga bisa dengan sempurna membersihkan kulit dari zat berbahaya dan debu pada kulit, sehingga menambah kesegaran dan elastisitas kulit.
  • Kefir mengandung asam alpha hidroksi (AHA) yang menyeimbangkan tingkat PH pada kulit, dan dapat membantu untuk mengurangi keriput dan memperlambat proses penuaan.
  • Asam amino yang terdapat di masker kefir juga berguna sebagai antioksidan yang baik untuk kulit.
  • Menggunakan masker yang mengandung kefir untuk peeling wajah dapat membuat sel kulit mati pada wajah terangkat sehingga memumunculkan kulit baru yang lebih halus dan sehat.
  • Bakteri probiotik pada kefir  dapat membantu melindungi kulit terhadap sinar UV yang merusak yang dapat menyebabkan penuaan dini kulit dan keriput.
  • Kandungan kolagen yang ada pada kefir menghasilkan protein yang berguna bagi lapisan dermal kulit. Membuat efek kulit menjadi halus dan elastis sehingga memang bagus untuk mencegah keriput.
  • Jika kulit Anda suka memerah dan mudah terbakar sinar matahari, kandungan probiotik  pada masker kefir dapat mencegah gejala rosacea tersebut.
  • Jika kefir diminum, khasiatnya dapat membuat kuat sistem imun tubuh Anda. Nah, dalam masker kefir, peradangan pada kulit wajah seperti kemerahan dan jerawat akan dibasmi oleh zat probiotik kefir yang memiliki sifat anti-mikroba dan dapat membunuh beberapa mikroba buruk yang mungkin gejala peradangan kulit muncul kembali.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca