Alasan Kenapa Makan Siang di Meja Kantor Itu Tidak Sehat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 13/04/2020 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Makan di meja kantor menjadi pilihan bagi beberapa orang. Mungkin alasannya biar praktis atau supaya bisa makan sambil melanjutkan pekerjaan atau menonton video. Namun, tahukah anda justru makan di meja kantor memberikan banyak dampak negatif buat kesehatan? Berikut penjelasannya. 

1. Meja kantor itu kotor

Makan tetap di atas meja kantor bukan hanya membuat kita menjadi malas bergerak, tapi juga meningkatkan risiko kontaminasi bakteri yang lebih banyak. Meja kantor dirancang bukan untuk makan, sehingga makan di tempat yang memang bukan difungsikan untuk makan akan berisiko adanya kontaminasi mikroorganisme atau bakteri lebih tinggi.

Meja restoran atau tempat makan yang sering dibersihkan saja pasti tetap mengandung banyak bakteri. Bagaimana jika di meja kantor, laptop, handphone, telepon, mouse, komputer, kabel-kabel, dan lain-lain apakah dibersihkan? Biasanya sangat jarang atau bahkan ada yang tidak pernah.

Handphone adalah benda yang paling banyak menampung bakteri, lalu diikuti dengan keyboard laptop atau komputer.

2. Makan berlebihan

Ketika makan di meja kerja, biasanya tidak hanya satu pekerjaan yang kita kerjakan. Tidak hanya fokus makan melainkan juga mengurusi urusan di laptop, handphone, atau menulis dan lain sebagainya. Kondisi tersebut membuat Anda tidak perhatian terhadap jumlah makanan yang sudah Anda makan sehingga Anda bisa makan kebanyakan sampai kekenyangan.

Jika Anda selalu melakukan ini setiap hari selama bekerja, kelebihan makan pun akan berpengaruh terhadap peningkatan berat badan dan perubahan status gizi. WHO menyatakan faktor utama terjadinya obesitas selain aktivitas fisik yang rendah adalah tingginya asupan kalori, terutama dari makanan berlemak.

3. Kebanyakan duduk (aktivitas fisik rendah)

Pada penelitian Wanner dan rekan-rekannya tahun 2016, dikatakan  bahwa semakin lama waktu duduk, berhubungan dengan peningkatan persen lemak tubuh yang diukur menggunakan Bioelectric Impedance Analysis.

Menurut WHO, aktivitas fisik yang rendah merupakan penyebab dari terjadinya penyakit jantung, diabetes, pemicu risiko kanker kolon, tekanan darah tinggi (hipertensi), osteoporosis, depresi, dan kegelisahan. Selain itu, kurang gerak merupakan salah satu faktor utama selain asupan berlebih yang mempengaruhi terjadinya kondisi kelebihan berat badan bahkan obesitas.

Buruknya efek dari kebiasaan duduk terlalu lama di kantor sangat perlu dikurangi. Keluar ketika jam makan atau pergi ke dapur dan ruang makan kantor bisa menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan gerak selama di kantor. Kemenkes RI dalam program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat mengimbau seluruh pekerja kantoran yang memiliki aktivitas fisik rendah untuk memperbanyak kegiatan berjalan.

4. Otak butuh penyegaran

Setelah bekerja selama setengah hari, otak harus disegarkan kembali agar bisa berpikir lebih tajam lagi. Ketika Anda meninggalkan sejenak pekerjaan dan melakukan aktivitas fiisik lain yang tidak terkait pekerjaan, justru pikiran-pikiran baru akan muncul. Jadi, berilah waktu dan ruang untuk berpikir bebas di waktu makan siang. Jangan terlalu terpaku pada meja kantor Anda. 

5. Risiko masalah otot

Terlalu banyak duduk selain meningkatkan resiko obesitas juga menyebabkan masalah pegal- pegal terutama pada leher, punggung, bahu dan tangan. Karena itu, berikan kesempatan otot untuk mengubah posisinya dengan melakukan aktivitas lain ketika istirahat makan siang.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 menit baca

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

4 Penyebab Kanker Kembali Lagi Setelah Sembuh

Setelah melakukan pengobatan yang cukup panjang dan kanker dinyatakan sembuh, rasanya sangat melegakan. Namun, bagaimana kalau kanker kembali muncul?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Hidup Sehat, Tips Sehat 21/06/2020 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
mengatasi mimpi buruk

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 5 menit baca
mitos fakta cacingan

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca