Orang gemuk erat kaitannya dengan kadar kolesterol yang tinggi. Namun, bagaimana dengan orang kurus? Jika dilihat dari perumpamaan tersebut,  berarti kadar kolesterol orang kurus itu normal-normal saja. Apa ini benar? Tentu, untuk melihat berapa kadar kolesterol seseorang tidak semudah dengan hanya melihat ukuran tubuhnya. Kolesterol pada orang kurus bisa saja tinggi, tidak seperti yang Anda bayangkan selama ini.

Kolesterol pada orang kurus belum tentu normal

Kadar kolesterol seseorang bisa saja tinggi, terlepas dari bentuk tubuh orang tersebut. Artinya, orang gemuk maupun orang kurus sama-sama memiliki risiko untuk mempunyai kadar kolesterol tinggi. Walaupun, orang gemuk atau obesitas memang memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki kolesterol tinggi. Namun tetap saja, orang kurus harus tetap secara rutin mengontrol kadar kolesterolnya.

Seringnya, orang kurus mengira bahwa kadar kolesterolnya pasti normal, sehingga ia bebas untuk makan apapun yang ia inginkan dan tidak pernah memeriksakan kadar kolesterolnya ke dokter. Alhasil, saat diperiksa, kadar kolesterolnya menunjukkan angka yang tinggi. Perlu diingat bahwa tidak ada yang bisa bebas untuk makan apapun yang diinginkan dan tetap mempunyai kadar kolesterol dan jantung yang sehat.

Apa saja yang bisa menyebabkan kadar kolesterol tinggi meski tubuh tidak gemuk?

Sekali lagi, bentuk tubuh bukan menjadi tolak ukur Anda terhadap kadar kolesterol yang Anda miliki. Hal-hal yang dapat membuat kadar kolesterol Anda tinggi, walaupun Anda memiliki tubuh yang kurus adalah:

1. Kebiasaan makan yang buruk

Sering makan makanan yang mengandung asam lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda. Seringnya, orang kurus merasa aman saat makan makanan ini karena mereka merasa berat badannya normal. Akhirnya, mereka makan sesukanya dan tidak membatasi berbagai jenis makanan yang masuk ke tubuhnya. Walaupun Anda kurus, penting bagi Anda untuk tetap memerhatikan jenis makanan yang Anda makan. Pastikan agar Anda selalu makan makanan yang bergizi.

2. Jarang olahraga

Karena sudah memiliki bentuk tubuh yang kurus atau langsing, banyak orang kurus justru merasa tidak perlu olahraga. Padahal, jarang olahraga atau tidak membuat tubuh aktif merupakan salah satu penyebab mengapa orang kurus memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Jarang olahraga dapat membuat kadar kolesterol menumpuk dalam tubuh. Jadi, walaupun bentuk tubuh Anda sudah kurus dan ideal, Anda tetap perlu untuk melakukan olahraga secara teratur, untuk kebugaran dan juga kesehatan tubuh Anda.

3. Sering stres

Ya, stres merupakan salah satu alasan Anda memiliki kadar kolesterol tinggi. Penelitian pun telah menunjukkan bahwa stres yang tinggi dapat mengakibatkan penumpukan glukosa dan asam lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda. Oleh karena itu, jangan biarkan tubuh Anda merasa stres terlalu lama. Lakukan hal-hal yang menyenangkan yang membuat stres Anda berkurang.

4. Genetik atau keturunan

Keturunan juga merupakan salah satu hal yang bertanggung jawab mengapa Anda memiliki kadar kolesterol tinggi walaupun Anda kurus. Kolesterol merupakan senyawa yang diproduksi di hati dan gen Anda memengaruhi fungsi hati dalam hal ini. Selain itu, jika Anda mempunyai penyakit keturunan yang berkaitan dengan kadar kolesterol, ini juga dapat menjadi alasan Anda mempunyai kadar kolesterol tinggi.

Kenapa penting untuk menjaga kadar kolesterol Anda?

Kadar kolesterol yang tinggi dapat membuat risiko Anda terkena sejumlah penyakit terkait jantung dan sistem peredaran darah (seperti penyakit jantung koroner dan stroke) menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kadar kolesterol darah Anda, terlepas dari bentuk tubuh Anda kurus maupun gemuk. Caranya, yaitu dengan menjaga asupan makan Anda dan olahraga secara teratur. Pemeriksaan kadar kolesterol secara rutin, setidaknya satu kali per tahun, juga perlu dilakukan.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca