5 Tips Aman Menggunakan Makeup Mata Agar Tak Mudah Iritasi

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Menggunakan makeup mata seperti maskara, eye liner, atau eye shadow memang menyempurnakan riasan Anda. Namun, Anda perlu hati-hati ketika memakai dan memilih produknya. Pasalnya, mata adalah bagian tubuh yang sangat sensitif dan mudah teriritasi.

Tips saat menggunakan makeup mata

Untuk menjaga kesehatan mata, berikut beberapa hal yang sebaiknya jadi perhatian Anda, yaitu:

1. Hindari kandungan yang berbahaya

memilih pelembap

Sebelum membeli berbagai makeup mata, pastikan bahwa Anda membeli produk dengan bahan yang aman. Untuk itu, baca terlebih dulu label produk sebelum memutuskan untuk membelinya. Apalagi jika Anda memiliki mata kering dan sensitif. Pilihlah produk yang hipoalergenik dan berbahan alami.

Opthalmologis di Ohio, Shalini Sood-Mendiratta, MD., menyatakan sebaiknya hindari bahan-bahan seperti yaitu kohl, BHA (butylated hydroxyanisole), urea, sulfat, dan phtalates. Bahan-bahan tersebut digunakan sebagai pengawet makeup, tapi sayangnya dapat mengiritasi kulit. Bahkan, jika digunakan dalam jumlah besar dan waktu lama bisa meningkatkan risiko kanker.

2. Hati-hati dalam menggunakan riasan glitter

mengganti makeup

Eye shadow glitter memang memberikan kesan kilau dan membuat mata jadi lebih indah. Namun, jenis riasan yang satu ini ternyata menjadi penyebab paling umum dari kasus infeksi kornea. Serpihan glitter pada produk tersebut bisa dengan mudah masuk dan mengiritasi mata. Hal ini terutama terjadi pada orang yang memiliki mata kering, sensitif, dan pengguna lensa kontak.

3. Pastikan makeup belum kedaluwarsa

makeup mata yang harus dihindari

Siapa bilang cuma makanan dan minuman saja yang bisa kedaluwarsa? Makeup juga termasuk salah satu produk yang bisa kedaluwarsa lho! Coba Anda perhatikan baik-baik, biasanya tanggal kedaluwarsa tercetak di kardus atau pada kemasannya.

Saat produk sudah dibuka dan dipakai, kuman sangat mudah masuk. Jika bakteri atau jamur masuk, produk riasan mata Anda telah terkontaminasi. Apalagi jika Anda terus menggunakannya meski telah melewati tanggal batas aman. Risiko infeksi mata pun akan meningkat.

Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa produk yang Anda gunakan masih dalam masa pakainya. Bahkan, Dr. Sood menyarankan Anda untuk tidak menggunakan produk mata selama lebih dari tiga bulan. Pasalnya, baktei penyebab infeksi dengan mudah tumbuh dalam riasan yang berbentuk krim atau cair.

3. Gunakan dibagian yang tepat

anatomi mata

Selalu gunakan riasan mata seperti eye liner di luar garis bulu mata. Tujuannya, untuk menghindari terhalangnya kelenjar minyak pada kelopak mata atas atau bawah. Kelenjar ini mengeluarkan minyak yang bertugas untuk melindungi kornea atau permukaan mata.

Jika Anda menggunakannya tepat di garis kelopak mata atau di bagian dalam sepanjang kelopak mata, kelenjar minyak akan terblokir. Selain itu, cara ini juga bisa membuat bakteri bisa langsung masuk ke dalam mata. Apalagi untuk Anda yang memiliki mata kering atau sensitif, sebaiknya hindari cara yang satu ini.

4. Jangan memakainya sambil bergerak

pinjam maskara

Banyak orang menggunakan makeup di kendaraan karena diburu-buru oleh waktu. Namun untuk makeup mata, sebaiknya gunakan hanya saat Anda benar-benar sedang dalam keadaan diam, bukan di dalam kendaraan yang sedang jalan.

Masalahnya, kondisi jalanan yang tidak rata atau rem mendadak bisa membuat Anda justru tak sengaja mencolok mata dengan aplikator produk. Menurut Dr. Sood, hal ini bisa melukai kornea dan menimbulkan infeksi mata serius.

5. Jangan berbagi atau bertukar makeup

maskara
Sumber: Kikay Department

Faktanya, berbagi riasan mata dengan teman dan orang lain meningkatkan risiko infeksi. Pasalnya, kuman yang didapat dari orang lain akibat bertukar makeup mata bisa jadi berbahaya untuk Anda. Oleh karena itu, jadikan makeup mata sebagai barang pribadi yang sebaiknya tak dipinjamkan kepada orang lain.

Jika berbagi saja tidak diperbolehkan, Anda juga sebaiknya tak asal mencoba riasan mata di mall-mall. Pasalnya, risiko kontaminasi dan infeksinya lebih besar. Anda tak pernah tahu ada berapa puluh orang yang mencoba produk tersebut dengan beragam masalah mata yang dimilikinya.

Mulai sekarang, yuk jaga kesehatan mata Anda dengan lebih cermat dalam menggunakan makeup.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca