6 Tips Menggunakan Makeup Dasar Agar Lebih Hemat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 10/10/2018 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Tanpa disadari, Anda sering boros dalam menggunakan dan membeli produk perawatan wajah. Anda mungkin berpikir, semakin banyak menggunakan suatu produk, khasiatnya akan semakin efektif. Padahal belum tentu begitu. Efektivitas sebuah pelembap maupun foundation bukan berdasarkan banyaknya cairan yang Anda tuang.

Cerdaslah dalam mengukur seberapa banyak makeup dasar yang perlu Anda punya, dan mana yang tidak. Ini supaya Anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk bolak-balik beli yang baru. Berikut ini beberapa pedoman sederhana tentang bagaimana mengukur banyaknya produk makeup dasar dan makeup penting yang Anda gunakan.

Makeup dasar yang penting dimiliki wanita

1. Pelembap wajah

Untuk menggunakan pelembap wajah, gunakan beberapa tetes , kira-kira hanya dua tetes cairan pelembap saja sekali pakai ke wajah. Sebelum mengunakan pelembap, cuci muka terlebih dahulu kemudian oleskan pelembap yang hanya seukuran dua biji kacang dan ratakan ke seluruh wajah.

2. Foundation

Untuk menggunakan foundation, gunakan krim cukup sebesar tutup botol, jangan berlebihan. Foundation merupakan salah satu makeup dasar yang wajib dimiliki wanta.

Untuk menghindari makeup yang terlalu tebal dan cakey, caranya tuangkan foundation seukuran tutup botol pada bagian punggung tangan dan totol-totolkan sedikit foundation pada dahi, hidung, pipi, dan dagu.

Kemudian ratakan dengan jari hingga rahang dan leher. Suhu dari jari-jari Anda akan menghangatkan foundation sehingga dapat membantu meratakan penggunaan foundation pada wajah. Namun, jika dengan jari dirasa kurang steril, Anda bisa menggunakan kuas atau sponge makeup.

3. Sunblock atau tabir surya

Sunblock, sunscreen, atau tabir surya merupakan salah satu produk kecantikan dan perawatan tubuh yang penting dimiliki wanita maupun laki-laki. Agar menghemat dalam menggunakan makeup dasar, bagi krim sunblock dalam tiga bagian masing-masing seukuran satu buah anggur untuk diaplikasikan di sekujur tubuh.

Butir pertama, gosokkan bagian pertama pada kedua kaki, kemudian ulangi pada tubuh depan dan belakang dengan ukuran yang sama. Terakhir, aplikasikan sunblock ketiga pada lengan, leher dan wajah. Jika postur tubuh Anda tinggi besar, tambahkan penggunaan sunblock (4-5 buah anggur, misalnya) agar mencakup seluruh tubuh Anda. Jangan lupa untuk selalu gunakan produk dengan ekstra SPF dan ulangi penggunaannya setiap dua jam.

4. Krim mata

Krim mata merupakan salah satu makeup dasar yang penting dimiliki. Selain untuk mencegah kerutan halus yang akan muncul, krim mata juga bisa menyamarkan hitam mata panda.  Agar hemat menggunakan makeup dasar, gunakan krimmata seukuran kacang, kemudian totolkan di sepanjang mata bagian bawah dan ratakan dengan gerakan menepuk.

Gerakan ini dapat mengurangi sembab dan bengkak akibat kantung mata. Ulangi pengolesan krim mata dengan cara yang sama untuk daerah kelopak mata, dari dalam hingga  ke arah tulang alis sampai sudut luar. Ulangi lagi gerakan tersebut untuk mata yang lain dengan sisa krim yang digunakan.

5. Sampo

Sampo memang tidak termasuk makeup alias kosmetik, tapi sampo adalah perawatan tubuh wajib yang kemungkinan Anda tiap hari gunakan. Agar berhemat dalam menggunakan sampo tapi tetap bersih, tuang sampo sebanyak atau sebesar ukuran biskuit sedang untuk rambut panjang. Sedangkan untuk rambut di atas bahu, gunakan sampo sebanyak atau sebesar koin berukuran sedang.

Setelahnya gosokkan ke kulit kepala, fokuskan gerakan sementara di bagian puncak kepala dan bagian akar rambut. Akar rambut merupakan bagian rambut yang paling banyak menyimpan kotoran dan minyak. Ujung rambut tidak perlu dibersihkan secara berlebihan.  

6. Concealer bawah mata

Concealer diperlukan untuk menutupi noda di wajah dan hitam di bawah mata biasanya. Sebetulnya, setetes concealer saja sudah bisa menutupi seluruh bagian gelap pada wajah. Untuk menggunakan makeup dasar ini, taruh concealer pada jari dan ratakan ukuran concealer menjadi tiga bagian dengan menggunakan kuas.

Kemudian oleskan pada bagian tengah, sudut dalam, dan sudut luar mata. Tepuk-tepuk ketiga bagian itu secara bersamaan. Oleskan juga pada bagian luar mata yang berwarna kebiruan dengan lembut. Celupkan kuas eye shadow pada bedak tabur translucent dan sapukan pada bagian kulit yang baru dioles concealer. Ulangi pada bagian mata yang lain.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . 5 menit baca

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 menit baca

Keluar dari Lubang Hitam Anda Lewat Psikoterapi

Sedang mengalami masa sulit yang seakan mengisap energi dan pikiran Anda ke dalam lubang hitam? Psikoterapi bisa membantu Anda mencari solusinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 20/06/2020 . 5 menit baca

Begini Alasan Adanya Mata Plus pada Anak

Mata plus sering dikenal sebagai penyakit orang tua. Padahal banyak juga kasus mata plus pada anak. Baca terus dan pelajari berbagai penyebab dan gejalanya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Mata, Hidup Sehat 20/06/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca
mual karena gugup

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . 6 menit baca