Kapan Tanda-Tanda Makeup Harus Pensiun dan Diganti yang Baru?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 18/09/2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Untuk menjaga kulit dan mata Anda tetap aman dan bersih, Anda harus rutin mengganti makeup dan segala peralatannya. Baiknya, cek dulu semua kosmetik Anda sebelum menggunakannya. Pasalnya, mungkin ada beberapa barang kecantikan yang sudah kedaluwarsa, sehingga harus diganti dengan yang baru. Peralatan makeup apa saja yang bisa kedaluwarsa dan perlu dibuang?

Sebelum mengganti makeup dengan yang baru, perhatikan 2 cara ini

Pada tiap produk makeup, umumnya tertera tanggal produksi dan tanggal kedaluwarsa. Anda bisa berpatokan pada tanggal di body makeup tersebut. Namun, untuk lebih amannya ada dua langkah yang harus dilakukan untuk mengganti dan mengecek apakah makeup Anda masih bisa digunakan dengan cara berikut:

1. Cium wangi kosmetik Anda

Maskara, eye shadow, dan lipstik akan memiliki aroma yang kuat, dan berbau bahan kimia menyengat jika sudah melewati tanggal kedaluwarsa. Jika produk makeup yang lain juga kini memiliki aroma yang berbeda, sebaiknya jangan menggunakannya lagi. Buang di tempat sampah dan ganti yang baru.

2. Lihat permukaan produk

Jika warnanya berubah atau memudar secara kasat mata dari pertama Anda membelinya, mungkin saja produk tersebut sudah tidak baik untuk dipakai. Terlebih jika ada sebuah bercak berwarna gelap pada permukaan bedak Anda misalnya, itu adalah tanda bahwa minyak dari wajah Anda telah mengontaminasi produk.

Hal ini akan menyebabkan jerawat. Selain itu, cucilah brush atau puff bedak dan sapukan secara perlahan untuk menghilangkan minyak dari permukaan bedak.

Formula dari kosmetik akan berubah seiring dengan masa pakainya dan kemungkinan akan memiliki bakteri yang akan menyebabkan infeksi jika terkena bagian yang luka. Berikut adalah masa pakai beberapa produk dan catatan kapan Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Tanda-tanda Anda harus mengganti makeup 

1. Lipstik

Sumber: Always Ladies

Masa pakai: 6 bulan hingga 1 tahun

Bila Anda melihat adanya goresan dan perubahan pada tekstur warna lipstik setelah 6 bulan, entah karena tesktur cairan formulanya berubah,  pigmen warnanya terpisah, atau warnanya bahkan menggelap dari warna produk awalnya, ada baiknya Anda mengganti makeup yang satu ini

Perubahan pada makeup ini disebut demulsification. Jangan menyimpan lipstik lebih dari 2 tahun. Kemungkinan besar lipstik Anda telah mengandung banyak kuman karena telah kehilangan zat pengawetnya.

2. Sunblock

cara kerja sunblock

Masa pakai: 6 bulan hingga 1 tahun

Seiring waktu, sunscreen, sunblock, atau tabir surya kandungan SPF di dalamnya bisa berubah atau bahkan menghilang. Ditambah lagi, zat aktif di dalam tabir surya dapat berkurang walaupun dikemas dalam botol. Ini artinya tabir surya Anda tidak akan efektif lagi mencegah bahaya sinar matahari.  

3. Brush atau kuas make up

kuas makeup
Sumber: Professional Beauty

Masa pakai: 2 sampai 3 bulan

Meskipun brush atau kuas makeup sering Anda cuci secara teratur, bukan berarti Anda bisa gunakan kuas makeup tersebut selama-lamanya. Kuas makeup yang sudah digunakan di berbagai macam bedak atau peralatan makeup lainnya harus diganti tiap 3 sampai 4 bulan sekali agar kuman tidak menetap di dalam kuas.

4. Sisir

sisir rambut
Sumber: Style Caster

Masa pakai: 6 bulan hingga 1 tahun

Sama halnya dengan kuas makeup. Untuk mencegah rambut jadi banyak kotoran, Anda harus mengganti sisir sekitar enam bulan hingga satu tahun sekali menurut majalah Women’s Health.

Anda juga bisa mengganti sisir bila ditemukan tanda adanya retak pada dasar sisir, atau ada bulu sikat yang sudah mulai keluar dari alas sisir.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Membersihkan Makeup Hanya dengan Tisu Pembersih, Cukup atau Tidak?

Tisu pembersih makeup sering digunakan sebagai solusi praktis membersihkan wajah. Namun, apakah penggunaannya sudah cukup membersihkan secara menyeluruh?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Hidup Sehat, Kecantikan 27/02/2020 . Waktu baca 4 menit

Tips Pakai Sheet Mask Agar Manfaatnya Maksimal

Pakai sheet mask tidak hanya sekadar ditempelkan di wajah beberapa menit. Intip cara pakai sheet mask agar hasilnya maksimal di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 27/01/2020 . Waktu baca 4 menit

Tips Membersihkan Makeup Agar Wajah Bersih Bebas Jerawat

Cara membersihkan make up yang keliru dapat menimbulkan masalah baru pada kulit. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Kecantikan 17/01/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Hal yang Menyebabkan Rejime Skincare Anda Tidak Efektif

Sudah pakai produk skin care berbulan-bulan tapi kulit tetap sama tidak berubah? Mungkin ini penyebab skin care Anda tidak bekerja dengan baik.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 06/01/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mencegah ruam popok

Tips Mencegah Ruam Popok Pada Pantat Bayi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Waktu baca 4 menit
bahan alami untuk mengusir kulit kepala gatal

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 09/06/2020 . Waktu baca 5 menit
gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . Waktu baca 5 menit
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020 . Waktu baca 4 menit