3 Bahan Alami Terbaik untuk Membasmi Kutu Rambut yang Membandel

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 02/12/2019 . 3 mins read
Bagikan sekarang

Kutu rambut bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Yang lebih menyebalkannya lagi, kutu kepala bisa sangat sulit dibasmi meski sudah mencuci rambut pakai shampo antikutu. Terlebih, tidak semua orang cocok dengan bahan kimianya yang bisa menyebabkan kulit sensitif atau bahkan menimbulkan reaksi alergi. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami ini untuk menghilangkan kutu rambut. 

Pilihan bahan-bahan alami untuk menghilangkan kutu rambut

Pada dasarnya, bahan-bahan alami ini bertujuan untuk membuat kutu lemas karena “tidak bisa bernapas” sehingga Anda tinggal menyisirnya dengan sisir untuk membersihkan kulit kepala. Apa saja yang bisa Anda pakai?

1. Ramuan tea tree oil dan minyak kelapa murni

Danielle Fisher MD, FAAP, ketua pediatri di Pusat Kesehatan Providence Saint John, California, menyarankan untuk menggunakan tea tree oil sebagai salah satu cara alami menghilangkan kutu rambut. Namun, Fisher juga menyarankan Anda untuk menggunakan beberapa bahan campuran lain, seperti minyak kelapa murni atau minyak zaitun.

Gunakan kedua campuran minyak tersebut dengan cara digosok-gosokkan ke seluruh kulit kepala dan akar-akar rambut secara merata. Direkomendasikan untuk menggunakan ramuan ini untuk 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Pakai petroleum jelly

Jika Anda termasuk orang yang alergi atau sensitif terhadap minyak kelapa dan tea tree oil, Anda bisa menggunakan Minyak  petroleum sebagai alternatif yang lebih aman digunakan untuk membasmi kutu rambut.

Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan jelly sampai ke kulit kepala yang terasa gatal atau terdapat kutu. Setelahnya diamkan beberapa menit. Untuk membilasnya, Anda perlu menggosok kulit kepala dengan sedikit lebih keras karena petroleum jelly agak sulit untuk dihilangkan. Mungkin akan diperlukan 2 sampai 3 kali keramas untuk membersihkan sisa petroleum jelly di kepala.

3. Mayones

Dikutip dari RD, mayonnes terbuat dari campuran cuka, telur, dan minyak. Anda bisa menggunakan mayones untuk menghilangkan kutu rambut di kepala Anda. Caranya dengan mengoleskan saus tersebut ke seluruh bagian kulit kepala hingga rambut. Setelahnya, tutupi rambut dengan shower cap atau topi mandi dari plastik selama semalam. Lebih baik dilakukan menjelang waktu tidur Anda. Pagi harinya, sisir rambut dengan sisir kutu sampai mayones bersih, lalu bilas bersih dengan shampo.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . 5 mins read

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . 6 mins read

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . 5 mins read

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . 4 mins read
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 mins read
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 mins read
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 mins read