3 Bahan Alami Terbaik untuk Membasmi Kutu Rambut yang Membandel

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Kutu rambut bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Yang lebih menyebalkannya lagi, kutu kepala bisa sangat sulit dibasmi meski sudah mencuci rambut pakai shampo antikutu. Terlebih, tidak semua orang cocok dengan bahan kimianya yang bisa menyebabkan kulit sensitif atau bahkan menimbulkan reaksi alergi. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami ini untuk menghilangkan kutu rambut. 

Pilihan bahan-bahan alami untuk menghilangkan kutu rambut

Pada dasarnya, bahan-bahan alami ini bertujuan untuk membuat kutu lemas karena “tidak bisa bernapas” sehingga Anda tinggal menyisirnya dengan sisir untuk membersihkan kulit kepala. Apa saja yang bisa Anda pakai?

1. Ramuan tea tree oil dan minyak kelapa murni

Danielle Fisher MD, FAAP, ketua pediatri di Pusat Kesehatan Providence Saint John, California, menyarankan untuk menggunakan tea tree oil sebagai salah satu cara alami menghilangkan kutu rambut. Namun, Fisher juga menyarankan Anda untuk menggunakan beberapa bahan campuran lain, seperti minyak kelapa murni atau minyak zaitun.

Gunakan kedua campuran minyak tersebut dengan cara digosok-gosokkan ke seluruh kulit kepala dan akar-akar rambut secara merata. Direkomendasikan untuk menggunakan ramuan ini untuk 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Pakai petroleum jelly

Jika Anda termasuk orang yang alergi atau sensitif terhadap minyak kelapa dan tea tree oil, Anda bisa menggunakan Minyak  petroleum sebagai alternatif yang lebih aman digunakan untuk membasmi kutu rambut.

Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan jelly sampai ke kulit kepala yang terasa gatal atau terdapat kutu. Setelahnya diamkan beberapa menit. Untuk membilasnya, Anda perlu menggosok kulit kepala dengan sedikit lebih keras karena petroleum jelly agak sulit untuk dihilangkan. Mungkin akan diperlukan 2 sampai 3 kali keramas untuk membersihkan sisa petroleum jelly di kepala.

3. Mayones

Dikutip dari RD, mayonnes terbuat dari campuran cuka, telur, dan minyak. Anda bisa menggunakan mayones untuk menghilangkan kutu rambut di kepala Anda. Caranya dengan mengoleskan saus tersebut ke seluruh bagian kulit kepala hingga rambut. Setelahnya, tutupi rambut dengan shower cap atau topi mandi dari plastik selama semalam. Lebih baik dilakukan menjelang waktu tidur Anda. Pagi harinya, sisir rambut dengan sisir kutu sampai mayones bersih, lalu bilas bersih dengan shampo.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca