Jangan Putus Asa, Ini Tips Memilih Sabun Wajah untuk Kulit Berminyak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 05/12/2019 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Terkadang sulit untuk memilih sabun wajah untuk kulit yang berminyak. Sebetulnya, minyak secara alami diproduksi oleh wajah. Tetapi terlalu banyak minyak pada wajah dapat menimbulkan jerawat. 

Oleh karenanya, Anda membutuhkan produk sabun wajah secara tepat.

Memilih sabun wajah yang cocok untuk kulit berminyak

Sejatinya, tubuh mengeluarkan minyak pada wajah untuk melindungi dan melembabkan kulit. Namun, pada beberapa orang, kondisi minyak berlebih dapat menimbulkan jerawat karena dapat menyumbat pori-pori.

Jadi, tak jarang jerawat mudah bermunculan pada orang dengan kondisi kulit minyak berlebih. Biasanya minyak berlebih pada wajah dapat dijumpai dengan tanda-tanda berikut ini.

  • kulit wajah tampak mengkilap karena minyak
  • pori-pori wajah yang nampak
  • kulit terlihat tebal dan kasar
  • timbul jerawat
  • terdapat komedo

Bila Anda memiliki tanda-tanda di atas, saatnya melakukan pengelolaan wajah berminyak. Caranya dengan memilih sabun wajah dengan kandungan yang khusus untuk menuntaskan masalah kulit berminyak.

Anda bisa memastikan ada kandungan berikut dalam memilih sabun wajah untuk kulit berminyak.

1. Asam glikolat

Anda bisa memilih sabun wajah untuk kulit berminyak yang mengandung asam glikolat. Kandungan tersebut dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Selain itu, asam glikolat mampu mencegah penyumbatan pada pori-pori kulit yang bisa menyebabkan jerawat.

Agar kesehatan wajah dapat terjaga secara baik, gunakan pula toner dengan kandungan asam glikolat. Sehingga sel-sel kulit mati pun dapat terangkat dan kulit wajah jadi lebih lembut.

2. Nacinamide

Supaya kulit tak terlalu berminyak, pilihlah sabun wajah dengan kandungan niacinamide. Menurut dr Diane Berson MD, asisten profesor dermatologi di Weill Medical College of Cornell University, niacinamide mampu menyerap minyak pada wajah.

Kandungan ini juga mampu menguatkan lapisan luar kulit wajah dan membantu mengatasi beberapa masalah wajah, seperti hiperpigmentasi dan pori-pori besar.

3. Asam salisilat

Pilih sabun wajah dengan kandungan asam salisilat untuk mengatasi kulit berminyak. Kandungan asam salisilat dapat menjangkau minyak hingga ke pori-pori wajah. Kandungan ini juga menangkal penyumbatan pada pori-pori dan mengencangkannya.

Asam salisilat memiliki fungsi ganda. Selain menyerap minyak wajah, kandungan tersebut dapat mengangkat komedo yang biasa ditemukan pada kulit berminyak.

4. Benzoil peroksida

Kandungan benzoil peroksida dalam sabun wajah juga cocok untuk mengatasi kulit berminyak. Tak hanya itu, komponen ini bantu menuntaskan masalah jerawat akibat minyak berlebih.

Anda bisa mengaplikasikan sabun wajah dengan benzoil peroksida dua kali dalam sehari. Jangan lupa untuk membasuh wajah terlebih dulu dengan air, aplikasikan secara menyeluruh 10-20 detik, lalu bilas.

5. Sodium laureth carboxylate dan alkyl carboxylates

Menurut studi Skin Research and Technology, sabun wajah yang mengandung sodium laureth carboxylate and alkyl carboxylates dapat mengatasi kulit berminyak. Penelitian tersebut melibatkan beberapa subyek laki-laki dewasa yang memiliki masalah wajah berminyak dan jerawat.

Mereka diminta untuk membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari dalam waktu 4 minggu. Hasil menunjukkan bahwa minyak wajah berkurang di area pipi dan jerawat berkurang 25% selama 4 minggu.

Siapa tahu, Anda bisa memilih kandungan ini dalam sabun sebagai alternatif mengatasi masalah minyak berlebih pada wajah.

Tips lainnya dalam mengatasi kulit berminyak

Banyak orang yang percaya kalau mencuci wajah secara sering dapat menuntaskan problem kulit berminyak pada wajah. Justru cara itu hanya menimbulkan masalah jerawat. Setelah memilih sabun wajah dengan kandungan yang sebelumnya telah disebutkan, tetaplah mencuci wajah dua kali sehari pada pagi dan malam.

Melansir laman Very Well Health, Anda direkomendasikan untuk menggunakan sabun wajah busa atau cair. Biasanya sabun wajah yang berbusa mampu mengangkat minyak wajah dan menyegarkan kulit wajah.

Jangan lupa untuk mencuci wajah segera setelah Anda berolahraga. Pasalnya, keringat bisa menjadi pemicu tumbuhnya jerawat pada kulit berminyak. Oleh karenanya, jangan tunda untuk membersihkan wajah dengan sabun khusus untuk kulit berminyak usai berolahraga.

Agar hasil optimal, gunakan juga rangkaian perawatan lainnya untuk mengatasi minyak berlebih. Dengan demikian, Anda senantiasa bisa mengelola kulit berminyak dan menghindarinya dari pertumbuhan jerawat membandel.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Direkomendasikan untuk Anda

kulit berminyak

Kulit Berminyak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 09/05/2019 . 1 menit baca
kulit kering jerawatan

Berbagai Hal yang Bikin Kulit Kering Lebih Rentan Jerawatan Daripada Kulit Berminyak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 11/09/2017 . 3 menit baca

5 Makanan yang Harus Dihindari Jika Anda Punya Kulit Berminyak

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 31/07/2017 . 3 menit baca