Memakai Hand Cream Setiap Hari, Kunci Kulit Tangan Sehat dan Lembut

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 12/01/2020 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Tangan menjadi bagian dari anggota tubuh yang paling banyak digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Tak jarang aktivitas yang dilakukan membuat tangan terkena bakteri dan zat kimia yang membahayakan kesehatan kulit tangan.

Akibatnya, kulit tangan menjadi kering atau bahkan mengalami iritasi. Kondisi seperti ini tentunya akan menghambat aktivitas Anda. Memakai hand cream dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit tangan yang kering, mencegah penuaan dini, sekaligus masalah kulit yang lebih serius seperti eksim.

Apakah hand cream memiliki kandungan khusus?

Hand cream mengandung formula khusus yang bermanfaat bagi kesehatan kulit tangan. Dalam hal perawatan, kulit tangan lebih cepat mengalami penuaan dibandingkan kulit wajah.

Maka dari itu diperlukan perawatan khusus jika ingin kulit tangan tetap sehat dan kencang, salah satunya dengan memakai hand cream secara rutin.

Pada dasarnya kandungan yang terdapat pada hand cream yang berfungsi meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit juga memberi efek pencegahan penuaan dini. Terdapat nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit sehingga mencegah munculnya kerutan, hilangnya pigmentasi, hingga dehidrasi kulit.

Berdasarkan Akademi Dermatologi Amerika, produk hand cream yang efektif dalam melembabkan kulit biasanya mengandung:

  • Petrolatum (juga disebut petroleum jelly)
  • Mineral oil
  • Shea butter
  • Lanolin
  • Dimethicone (sejenis silikon)
  • Asam hialuronat
  • Gliserin
  • Asam laktat (yang dapat menyengat bila diterapkan pada kulit yang rusak)
  • Urea

Selain itu, hand cream juga memiliki manfaat lain dalam hal mengatasi penyakit kulit yang disebabkan oleh alergi atau infeksi.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American Academy of Dermatology, produk hand cream yang mengandung adalimumab terbukti efektif dalam membantu penyembuhan beberapa penyakit kulit, termasuk di antaranya eksim.

Hand cream vs body lotion, mana yang terbaik?

Hand cream sekilas memiliki kegunaan yang sama dengan body lotion, yaitu sama-sama meningkatkan kelembapan kulit sekaligus meberi efek proteksi terhadap elastisitas kulit.

Lantas, apa perbedaan dari keduanya? Apakah tidak bisa mengatasi permasalahan kulit tangan yang kering dengan menggunakan body lotion? Kenapa harus tetap memakai hand cream?

Sama halnya dengan kulit wajah, kulit tangan memiliki karakteristik tersendiri. Kulit tangan merupakan salah satu bagian kulit yang paling cepat mengelami penuaan. Kulit di bagian belakang telapak tangan cenderung lebih tipis dibandingkan kulit pada bagian tubuh lainnya, sehingga lebih rentan memunculkan kerutan seiring pertambahan usia.

Apalagi di antara anggota tubuh lainnya, tangan lebih sering digunakan secara intens dan terkena paparan berbagai macam zat, termasuk yang berbahaya. Mulai dari mencuci, memasak, sampai mengetik saat bekerja. Semua aktivitas ini dapat memengaruhi kondisi kesehatan kulit tangan.

Oleh sebab itu, kulit tangan membutuhkan perawatan yang berbeda dengan bagian kulit lainnya. Body lotion tidak memuat kandungan yang secara khusus membantu meningkatkan elastisitas serta kesehatan kulit tangan

Seberapa sering sebaiknya memakai hand cream?

Untuk mengetahui frekuensi penggunaan hand cream yang terbaik, sebenarnya sangat bergantung dengan kondisi kulit masing-masing orang. Jika kondisi kulit tangan Anda benar-benar kering sampai mengganggu aktivitas Anda, disarankan untuk menggunakannya setiap hari atau setiap hendak beraktivitas.

Namun Anda juga dianjurkan untuk memakai hand cream ketika:

  • Setelah terkena paparan bahan kimia dalam waktu yang lama seperti setelah mencuci pakaian, peralatan rumah tangga, dan membersihkan rumah dengan pembersih kimia.
  • Setelah melakukan aktivitas yang membuat Anda melakukan kontak langsung dengan air dalam waktu yang lama.
  • Setelah mandi karena seusai dibersihkan kulit lebih mudah menyerap nutrisi yang terkandung dalam hand cream sehingga lebih cepat melembabkan kulit. man

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Direkomendasikan untuk Anda

body lotion menumbuhkan bulu

Body Lotion Bikin Bulu Tangan dan Kaki Menjadi Lebat, Mitos Atau Fakta?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 06/10/2019 . 4 menit baca
pakai body lotion

Bolehkah Pakai Body Lotion untuk Melembapkan Wajah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 23/12/2018 . 3 menit baca
kandungan body lotion

5 Bahan Kimia Berbahaya Pada Body Lotion yang Harus Dihindari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2018 . 4 menit baca