Ingin Punya Kulit Sehat Berseri? Ayo, Mulai Olahraga Teratur!

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 03/12/2019
Bagikan sekarang

Selama ini mungkin Anda hanya fokus pada manfaat olahraga sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun, ternyata manfaat olahraga pada tubuh kita sangat banyak. Olahraga teratur terbukti dapat menjaga kesehatan kulit. Ini tentu jadi kabar baik bagi para wanita. Selain berat badannya terjaga karena olahraga, kesehatan kulitnya pun bisa terjaga. Lebih jelasnya soal manfaat olahraga untuk kulit, simak pembahasan berikut ini. 

Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah

Saat melakukan olahraga, jantung akan bekerja lebih keras untuk mengantarkan darah ke seluruh bagian tubuh. Dengan begitu, sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Nah, darah sendiri bertugas untuk mengangkut nutrisi dan oksigen yang diperlukan oleh semua sel dalam tubuh, tak terkecuali sel-sel kulit. Proses ini tentu membuat kesehatan kulit terjaga.

Tak hanya itu, sirkulasi darah yang lancar karena rajin olahraga juga membuat zat-zat sisa yang sudah tidak terpakai oleh tubuh dapat dibuang dengan baik melalui keringat dari pori-pori kulit. Hal ini dapat mencegah penumpukan zat sisa atau kotoran di bawah kulit. Pori-pori kulit Anda pun tidak akan tersumbat sehingga kulit jadi lebih halus dan sehat.

Olahraga dapat mengusir stres

Apakah saat stres wajah Anda menjadi berjerawat? Hal ini mungkin saja terjadi karena kelenjar minyak di kulit dipengaruhi salah satunya oleh hormon stres. Artinya, stres dan kesehatan kulit bisa saling berhubungan. Untuk itu, berolahragalah secara rutin karena olahraga terbukti dapat mengurangi stres sehingga kulit Anda bisa tampak lebih sehat.

olahraga sesuai bentuk tubuh

Manfaat rutin olahraga untuk kulit

Karena olahraga berhubungan dengan sirkulasi darah dan stres, maka olahraga secara tidak langsung juga dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda. Berikut ini merupakan manfaat olahraga untuk kulit yang lebih segar dan sehat.

1. Mencegah timbulnya kerutan pada wajah

Sirkulasi darah yang lancar karena olahraga dapat membantu proses pergantian sel kulit. Sehingga, sel kulit akan terus berganti dengan yang baru, dan sel kulit mati akan terangkat. Hal ini tentu dapat membantu mencegah timbulnya kerutan di wajah. Olahraga teratur juga dapat memperpanjang telomer, yaitu senyawa khusus yang mampu menunda penuaan sel kulit.

2. Membuat kulit lebih cerah dan lembut

Saat olahraga, darah Anda akan lebih banyak dipompa dan melewati kulit. Sehingga, oksigen akan lebih banyak diterima oleh sel kulit. Hal ini membantu kulit terlihat lebih cerah.

Selain itu, cairan dalam darah juga dapat melembapkan kulit agar jadi lebih lembut saat Anda olahraga. Coba lihat saja keringat yang keluar dari kulit Anda saat olahraga. Keringat Anda dapat mencegah kulit kering bersisik.

3. Menjaga kulit tetap kencang dan kenyal

Seperti sudah dijelaskan di atas, olahraga dapat membantu mengurangi stres. Hal ini kemudian dikaitkan dengan kesehatan kulit. Saat stres, tubuh menghasilkan banyak hormon kortisol (hormon stres) yang dapat menyebabkan kolagen di kulit menjadi terurai. Akibatnya, kerutan di kulit mulai muncul dan kulit menjadi kendur.

Nah, olahraga yang teratur dapat menghambat proses tersebut, sehingga produksi kolagen meningkat. Kolagen yaitu protein yang membuat kulit tetap kencang dan kenyal.

4. Mencegah timbulnya jerawat

Sirkulasi darah yang lancar saat berolahraga membantu memberi nutrisi dan oksigen ke sel-sel kulit. Menurut situs kesehatan WebMD, hal ini kemudian dapat membantu membuang zat sisa dari tubuh dan membersihkan pori-pori kulit dari tumpukan kotoran.

Maka, proses pembuangan zat sisa ini bisa mencegah jerawat terbentuk di pori-pori kulit. Olahraga juga membantu memperbaiki ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan jerawat.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

Gardner, S. S. (2011). Exercise for Healthy Skin. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/features/exercise#1 [Accessed 16 Aug. 2017].

Blades, N. (2014). The Beauty Benefits of Exercise. [online] Available at: https://www.everydayhealth.com/news/the-beauty-benefits-of-exercise/ [Accessed 16 Aug. 2017].

Crain, E. (2015). 15 Ways Exercise Makes You Look and Feel Younger. [online] Health.com. Available at: http://www.health.com/health/gallery/0,,20909808,00.html#exercise-gives-you-more-vim-and-vigor-0 [Accessed 16 Aug. 2017].

Yang juga perlu Anda baca

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Katanya, minum madu saat sahur bisa memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh selama menjalani puasa. Tertarik ingin coba? Simak beragam khasiatnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

Kurma bukan satu-satunya buah yang baik dimakan saat berbuka puasa. Lihat berbagai pilihan lainnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Monika Nanda
Hari Raya, Ramadan 14/05/2020

Manfaat Air Garam untuk Atasi Masalah Jerawat

Ada banyak cara alami untuk mengatasi jerawat, salah satunya dengan menggunakan air garam. Bagaimana air garam bisa menghilangkan jerawat?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

7 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Puasa

Jangan sampai karena puasa Anda jadi lemas, lesu, dan mudah sakit. Simak rutinitas yang bisa dilakukan agar tetap fit saat puasa.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 09/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020