Tips Menggunakan Riasan Mata Bagi Penderita Mata Kering

Oleh

Anda merupakan seorang penggemar makeup, terutama riasan mata? Namun bagaimana jika Anda memiliki masalah mata kering? Jika Anda seorang wanita dan memiliki mata kering, Anda tentunya ingin tampil cantik dengan perias yang ramah bagi mata Anda, bukan? Berikut adalah beberapa kiatnya.

Apa itu mata kering (dry eye)?

Dry eye atau mata kering adalah kondisi di mana mata Anda mengalami gangguan produksi air mata sehingga tidak dapat mempertahankan kelembabannya. Gangguan ini dapat bermacam-macam, dapat berupa produksi air mata yang memang kurang, air mata yang terlalu cepat menguap, atau karena kualitasnya yang tidak cukup baik untuk mempertahankan kelembaban.

Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan mata kering, salah satunya adalah karena penuaan. Penyebab lain bisa karena penyakit atau kondisi medis tertentu seperti rheumatoid arthritis atau masalah tiroid. Namun, tidak peduli apa pun penyebabnya, menggunakan riasan atau makeup pada mata yang kering dapat memperparah keadaan. Anda harus mengetahui produk-produk apa yang sebaiknya dihindari dan bagaimana cara menggunakan riasan dengan benar untuk mempertahankan air mata.

Posisi eyeliner pada kelopak mata dapat mempengaruhi mata kering

Beberapa produk makeup  dapat mengiritasi mata dan membuat lapisan air mata Anda lebih tipis. Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa cara Anda menerapkan riasan, dapat berpengaruh terhadap kondisi mata Anda.

Sebagai contoh, mereka yang mengaplikasikan eyeliner di dekat garis bulu mata, akan lebih cenderung mengalami gangguan selaput air mata daripada mereka yang mengaplikasikannya di luar garis bulu mata. Hal ini disebabkan karena partikel dari eyeliner akan lebih mudah masuk ke dalam mata dan merusak lapisan air mata jika diaplikasikan pada atau dekat dengan garis bulu mata. Selain itu, bahan makeup yang berupa bedak juga akan lebih berisiko bagi mata karena partikelnya yang mudah masuk ke dalam mata dan merobek lapisan air mata.

Makeup seperti apa yang aman untuk mata kering?

Agar lebih aman, berikut adalah beberapa kiat dalam memilih produk riasan jika Anda mengalami mata kering:

  • Hindari menggunakan maskara yang sudah lama, yang dapat menggumpal saat mengering.
  • Gunakan maskara yang memberi efek mempertebal, karena maskara jenis ini cenderung tidak mengelupas menjadi serpihan setelah kering.
  • Anda dapat mempertimbangkan menggunakan penjepit bulu mata saja, tanpa maskara, jika sedang mengalami mata kering.
  • Hindari menggunakan pembersih makeup yang mengandung minyak atau paraben.
  • Hindari produk yang berbasis bubuk dan berbasis cairan, termasuk eye shadow dan foundation.
  • Gunakan produk makeup yang berbasis krim.

Cara menggunakan makeup saat sedang mengalami mata kering?

Walaupun riasan mata dapat menambah masalah bagi penderita dry eye, namun terdapat beberapa cara untuk meminimalisir berpindahnya partikel riasan ke dalam mata. Berikut adalah beberapa tipsnya:

  • Teteskan obat mata Anda 30 menit sebelum menggunakan riasan.
  • Gunakan kuas atau alat yang berbeda untuk setiap jenis riasan.
  • Selalu aplikasikan riasan mata di luar garis bulu mata.
  • Hanya gunakan maskara pada ujung bulu mata dan gunakan sesedikit mungkin.
  • Gunakan pensil mata yang tajam atau telah diraut untuk mengurangi risiko masuknya bakteri.
  • Gunakan sedikit shampo bayi dengan kapas atau kain untuk membersihkan riasan.
  • Bersihkan kuat makeup secara teratur.
  • Jangan gunakan riasan jika Anda sedang mengalami infeksi mata.

Kesimpulan

Cara terbaik untuk mencegah kondisi mata Anda lebih buruk jika mengalami dry eye adalah tentu saja dengan tidak menggunakan riasan mata apa pun. Namun, jika Anda memang harus menggunakan riasan, maka Anda dapat menghindari bagian yang paling dekat dengan mata, yaitu garis bulu mata. Pada intinya, selalu kenakan riasan dengan memperhatikan kebersihan, cara pengaplikasian, serta produk yang Anda gunakan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 3, 2017 | Terakhir Diedit: September 6, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca