Kulit kombinasi merupakan perpaduan dari dua jenis kulit, yaitu kering dan berminyak. Maka itu penting bagi Anda untuk melakukan perawatan yang tepat. Perawatan yang salah justru dapat memicu berbagai masalah kulit baru, misalnya jerawat. Jika Anda bingung bagaimana cara merawat kulit kombinasi, simak panduannya di bawah ini.

Berbagai cara merawat kulit kombinasi

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulit kombinasi.

1. Pilih pembersih wajah yang halus dan lembut

memilih pembersih wajah

Perawatan wajah paling awal bagi Anda yang punya kulit kombinasi adalah memilih pembersih wajah yang lembut. Produk pembersih wajah yang lembut aman untuk kulit karena bisa mencegah terjadinya iritasi serta kulit kering bersisik pada wajah.

Jika kulit kombinasi Anda kering dan berminyak, pembersih wajah yang berbahan dasar air dengan tekstur gel atau busa ringan dapat menjadi pilihan tepat. Jika Anda memiliki kulit kering dan rosacea akibat sinar matahari, pembersih berbentuk lotion merupakan pembersih wajah yang ideal.

Kunci merawat kulit kombinasi adalah menggunakan pembersih wajah yang tidak menyebabkan iritasi dan tak mengandung parfum. Hindari sabun atau pembersih wajah batangan, karena kandungan dalam sabun batang bisa menyumbat pori-pori dan membuat kulit kering.

2. Gunakan toner untuk memperbaiki kulit

Dalam banyak kasus, kulit kombinasi cenderung memiliki keseimbangan pH yang berbeda. Maka, penting untuk menggunakan toner setelah cuci muka.

Hindari menggunakan toner yang mengandung alkohol, witch hazel, menthol, parfum, atau minyak jeruk. Berbagai kandungan tersebut dapat membuat kulit Anda semakin kering dan memproduksi minyak yang lebih banyak.

Sebagai gantinya, pilihlah produk toner yang memiliki dosis agen regenerasi kulit dalam batas sehat, seperti antioksidan atau komposisi cell communicating.

3. Gunakan sunscreen setiap hari

kekurangan vitamin D karena pakai tabir surya

Cara merawat kulit kombinasi satu ini mungkin sudah menjadi aturan wajib bagi semua jenis kulit. Sunscreen tidak hanya sekadar menjaga kulit Anda dari paparan sinar matahari, tetapi juga dapat membantu melembapkan kulit kombinasi Anda.

Pilihlah sunscreen yang berspektrum luas, memiliki kandungan asam beta hidroksi, serta bersifat non-comedogenik. Jika Anda memiliki kulit sensitif dan rosacea, pilihlah sunscreen yang hanya mengandung titanium dioxide atau zinc oxide sebagai bahan aktif.

4. Lakukan eksfoliasi secara rutin

Eksfoliasi

Eksfoliasi berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di wajah. Prosedur ini seringkali diabaikan. Padahal, eksfoliasi dapat membuat rangkaian perawatan kulit yang sudah Anda lakukan bekerja lebih optimal.

Lakukan eksfoliasi minimal dua kali seminggu untuk mengurangi kadar minyak dan kotoran di kulit wajah Anda. Pilihlah produk eksfoliasi yang mengandung AHA (glycolic acid) dan BHA (salicylic acid). AHA dan BHA adalah senyawa asam yang bekerja mengelupaskan kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. 

Keduanya juga bermanfaat untuk mengurangi keriput dan merangsang produksi kolagen. Baik AHA dan BHA hanya bekerja pada permukaan kulit, tidak sampai masuk hingga ke jaringan dalam kulit.

5. Pakai pelembap

pakai pelembap wajah yang benar

Gunakan pelembap dalam bentuk krim pada bagian kulit yang kering. Jika area mata adalah bagian yang paling kering, maka gunakanlah pelembap dalam bentuk krim atau serum mata di sekitar area wajah.

Sementara itu, pakai pelembap berbentuk lotion untuk bagian wajah yang tidak begitu kering. Terakhir, gunakan toner pada bagian wajah yang berminyak.

Hindari pelembap berbentuk krim pada bagian berminyak karena akan membuat wajah jadi lebih berminyak.

6. Pilihlah produk terbaik

krim racikan dokter

Gunakan produk yang mengandung antioksidan, bahan-bahan cell communicating, emolien, dan bahan-bahan yang dapat mengembalikan struktur dan fungsi kulit yang sehat. 

Pastikan juga produk yang dikemas dalam segel kemasan yang tertutup dan kedap udara. Kemasan ini bermanfaat untuk menjaga komponen sensitif lainnya agar terhindar dari bakteri.

Jika dalam produk ditemukan serum ringan, lotion atau gel, kemungkinan produk ini memiliki fungsi lain sebagai penghalus kerutan, agar wajah terlihat bersinar dan lebih muda. 

Jika bagian kulit yang kering pada wajah Anda termasuk sangat kering, Anda dapat menggunakan serum yang kaya akan antioksidan dan pelembap emolien yang mampu memperbaiki kulit kering lebih cepat.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca