Berbagai Pilihan Prosedur Peremajaan Wajah Lewat Bedah dan Non-Bedah, Mana yang Cocok untuk Anda?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 13/10/2017
Bagikan sekarang

Penuaan wajah adalah musuh bagi setiap orang. Tidak ada yang mau memiliki wajah yang tampak tua dipenuhi keriput, noda hitam, jerawat, dan garis-garis halus. Oleh karena itu, berbagai macam cara rela dilakukan untuk memiliki penampilan wajah awet muda — termasuk prosedur kosmetik yang tergolong cepat memberikan hasil. Prosedur kosmetik itu sendiri pun terbagi menjadi dua kategori: bedah dan non-bedah. Apa beda antar keduanya, dan prosedur peremajaan wajah apa saja yang termasuk ke dalamnya?

Peremajaan wajah lewat operasi bedah

1. Face lift

Face lift atau tarik wajah termasuk prosedur kosmetik secara bedah untuk menjadikan wajah lebih awet muda. Tindakan operasi ini dilakukan untuk mengencangkan kulit yang kendur dan bergelambir di sekitar rahang bawah. Selain itu, Anda juga dapat menghilangkan kerutan dalam sekitar mulut dan hidung, juga menghilangkan kulit berlemak di bawah dagu ataupun leher.

Operasi ini biasanya dilakukan di bawah pengaruh obat bius lokal. Oleh karena itu digolongkan sebagai prosedur rawat jalan. Setelah Anda selesai melakukan prosedur, Anda bisa pulang pada hari yang sama. Prosedur face lift pada umumnya bisa memakan waktu dua sampai lima jam.

Face lift bisa dikombinasikan dengan pembedahan kosmetik lainnya untuk menarik dahi, pipi, alis, dan kelopak mata.

2. Operasi plastik

Jenis operasi plastik secara umum dibagi dua jenis berdasarkan tujuan pembedahan itu sendiri, yakni pembedahan untuk rekonstruksi dan pembedahan untuk estetik. Bedah estetik ditujukan pada pasien-pasien normal dan sehat, namun merasa bentuk wajah dan tubuh yang dimiliki kurang baik atau harmonis. Misalnya ingin punya hidung mancung, melebarkan kelopak mata, memperkecil/memperbesar payudara, mengecilkan/memperbesar pantat, sedot lemak (liposuction), dan sebagainya. Dengan adanya bedah plastik ini, orang-orang berharap bisa mendapatkan bentuk tubuh yang mendekati sempurna.

Operasi plastik, terutama untuk tujuan estetika, dapat memberikan citra diri yang kuat dan positif. Bahkan dengan sedikit perubahan penampilan luar saja bisa menciptakan perubahan besar dari dalam diri,  yaitu membiarkan rasa percaya diri seseorang tumbuh.

Pilihan prosedur peremajaan wajah tanpa operasi (non-bedah)

1. Laser Skin Resurfacing

Laser skin resurfacing adalah prosedur peremajaan wajah nonbedah yang bermanfaat untuk menghilangkan:

  • Garis halus atau keriput di sekitar atau di bawah mata, dahi atau mulut Anda
  • Bekas luka dari jerawat atau cacar air
  • Kulit tidak responsif setelah facelift
  • Kulit yang rusak akibat sinar matahari
  • Kutil
  • Tanda lahir
  • Kelenjar minyak membesar di hidung

Sinar laser yang digunakan dalam laser resurfacing akan menghilangkan lapisan kulit epidermis Anda. Tindakan ini bekerja untuk merangsang pertumbuhan serabut kolagen baru. Saat area yang dirawat sembuh, kulit baru yang terbentuk lebih halus, kencang dan lebih cerah.

2. Mikrodermabrasi

Perawatan mikrodermabrasi menggunakan alat berisi kristal yang akan mengikis kulit mati sehinga terlihat lebih muda. Peremajaan kulit jenis ini digunakan untuk mengobati luka ringan, perubahan warna kulit, kerusakan kulit akibat sinar matahari dan stretch mark. Perawatan ini tidak akan menimbulkan kemerahan dan cocok untuk Anda yang tidak tahan terhadap rasa sakit. Mikrodermabrasi bertujuan untuk

  • Menghilangkan bintik-bintik dan bercak hitam
  • Mengurangi stretch mark
  • Mengurangi garis-garis halus dan keriput
  • Mengecilkan pori-pori yang membesar
  • Mengobati jerawat dan bekas jerawat

Mikrodermabrasi membantu menebalkan kolagen Anda, yang akan membuat kulit Anda tampak lebih muda. Kolagen adalah protein alami di kulit Anda yang melimpah saat Anda masih kecil dan membuat kulit tampak kencang, elastis dan halus. Produksi kolagen menurun seiring bertambahnya usia, mengakibatkan kulit lebih longgar dan tidak merata.

3. Chemical Peeling

Chemical peeling adalah teknik pengelupasan sel kulit mati di wajah menggunakan larutan kimia untuk memperbaiki tekstur dan warna kulit. Selain di wajah, perawatan ini bisa digunakan untuk memperbaiki kulit di leher dan tangan Anda. Paparan sinar matahari, jerawat atau perubahan kulit seiring bertambahnya usia akan membuat warna kulit Anda tidak merata, keriput, terlihat atau bekas luka. Perawatan kulit ini merupakan salah satu cara yang paling hemat biaya untuk memperbaiki penampilan kulit Anda. Chemical peeling dapat membantu untuk menyamarkan atau menghilangkan:

  • Bekas jerawat
  • Garis halus dan keriput
  • Pigmentasi kulit tidak teratur
  • Kulit kasar dan bersisik
  • Bekas luka tertentu
  • Kulit yang rusak akibat sinar matahari

4. Ultherapy

Ultherapy merupakan tindakan peremajaan wajah dengan menggunakan gelombang ultrasound untuk mengencangkan dan mengangkat kulit serta jaringan kendur tanpa operasi.

Ultherapy mengantarkan energi ultrasound yang terfokus ke lapisan bawah kulit untuk merangsang pembentukan kolagen yang baru sehingga kulit akan mengencang sesuai dengan proses pembentukan kolagen. Ultherapy ini dapat mengencangkan wajah dengan melalui proses stimulasi kolagen bukan membuang kelebihan kulit, lemak, dam mengangkat pengenduran jaringan lunak daerah wajah dan leher melalui operasi. Ultherapy merupakan pilihan bagi Anda yang belum siap untuk operasi, tidak mempunyai waktu untuk pemulihan pasca operasi dan kekenduran wajah yang tidak berlebihan.

5. Microneedling

Microneedling adalah metode peremajaan wajah nonbedah dengan cara menusukkan jarum-jarum halus ke dalam kulit untuk menimbulkan luka kecil sehingga merangsang peremajaan kulit. Prosedur ini  biasanya dilakukan dalam empat hingga enam tahap, dengan jarak antar tahapan kira-kira satu bulan. Semakin lama, kedalaman jarum yang dimasukkan akan semakin bertambah seiring dengan bertambahnya ketebalan dan toleransi kulit.

Microneedling biasa digunakan untuk memperbaiki dan mengatasi masalah kulit wajah seperti jerawat, garis dan kerut halus, kulit yang kendur, pori-pori yang besar, flek coklat, serta masalah pigmen kulit lainnya. Metode ini dikenal juga sebagai terapi induksi kolagen (collagen induction therapy/CIT), dan induksi kolagen perkutan (percutaneous collagen induction / PCI).

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab Masalah Kulit Saat Karantina dan Cara Merawatnya

Meskipun kulit aman dari polusi, faktor lainnya di rumah bisa memicu masalah kulit. Ini sederet tips merawat kulit saat karantina.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

8 Manfaat Minyak Rosehip untuk Kecantikan Kulit

Salah satu jenis minyak yang bermanfaat untuk kecantikan kulit, yaitu minyak rosehip. Apa saja manfaat dari minyak rosehip ini?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila

Tips Pakai Sheet Mask Agar Manfaatnya Maksimal

Pakai sheet mask tidak hanya sekadar ditempelkan di wajah beberapa menit. Intip cara pakai sheet mask agar hasilnya maksimal di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph

5 Hal yang Menyebabkan Rejime Skincare Anda Tidak Efektif

Sudah pakai produk skin care berbulan-bulan tapi kulit tetap sama tidak berubah? Mungkin ini penyebab skin care Anda tidak bekerja dengan baik.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph

Direkomendasikan untuk Anda

memilih kosmetik untuk kulit sensitif

Tips Memilih Kosmetik yang Aman bagi Kulit Sensitif

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 04/06/2020
gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020