Awas, Ini Bahaya Saling Pinjam Maskara dan Eyeliner untuk Kesehatan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Saat berkumpul dengan teman-teman, para wanita memiliki kebiasaan saling pinjam-meminjam alat makeup. Mulai dari lipstik, eyeshadow, maskara, hingga eyeliner. Entah karena miliknya sudah habis atau menyukai alat makeup milik teman lainnya, semua dapat digunakan secara bergantian. Namun, bukannya mempercantik daerah mata, kebiasaan saling pinjam maskara dan eyeliner ternyata berbahaya untuk mata Anda. Bagaimana bisa?

Kenapa tidak boleh pinjam maskara dan eyeliner?

Seluruh permukaan kulit yang ada di tubuh menyimpan berbagai macam organisme mikroskopik atau bakteri. Setiap kali Anda membuka alat makeup, bakteri-bakteri ini bisa saja masuk ke alat makeup Anda. Nah, bakteri ini dapat dengan mudah dipindahkan dari satu orang ke orang lain melalui proses pinjam-meminjam makeup.

Area mata merupakan area tubuh yang paling sensitif. Apalagi bila bersinggungan dengan berbagai alat riasan mata, mata sangat rentan terkena infeksi. Menurut dr. Jessica Weiser yang merupakan seorang dermatologis, lingkungan yang gelap dan kering dari tabung maskara dan eyeliner menjadi lingkungan yang sempurna bagi bakteri, jamur, dan virus untuk berkembang.

Saat Anda mengaplikasikan maskara, Anda akan mencelupkan sikat maskara kembali ke dalam tabungnya. Ini berarti bahwa Anda memasukkan udara ke dalam tabung sehingga bakteri aerobik yang ada di dasar maskara akan tetap hidup karena dipasok oksigen. Jika Anda meminjam atau meminjamkan maskara maupun eyeliner, maka bakteri yang ada di dalam tabungnya akan mudah berpindah dan menginfeksi orang lain.

Infeksi yang paling umum terjadi adalah konjungtivitis atau mata merah. Infeksi ini sangat mudah menular dan menyebabkan mata merah, gatal, berair, dan dapat bertahan hingga dua minggu. Apalagi bila Anda menggunakan lensa kontak, maka risikonya bisa menjadi dua kali lipat karena bakteri bisa terjebak di balik lensa.

Selain lewat kebiasaan pinjam-meminjam maskara dan eyeliner, bahaya infeksi mata ini bisa juga terjadi lewat kebiasaan coba-coba tester makeup di toko. Maka, sebaiknya Anda hindari kebiasaan ini untuk menjaga kesehatan mata Anda.

bahaya pakai maskara setiap hari

Apa yang harus dilakukan setelah terkena infeksi mata?

Bila Anda terlanjur terkena infeksi mata, maka langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah memeriksakan mata Anda ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan obat tetes mata untuk menyembuhkan infeksi mata yang Anda alami.

Tidak hanya itu, langkah selanjutnya adalah Anda wajib mengganti riasan mata Anda, termasuk maskara dan eyeliner. Mengapa? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tabung bagian dalam maskara maupun eyeliner merupakan tempat berkembangnya bakteri, jamur, dan virus. Bila maskara ini kembali digunakan, hal ini bisa berisiko kembali menginfeksi mata dengan penggunaan selanjutnya. Inilah sebabnya makeup harus diganti secara rutin setiap tiga bulan untuk keamanan dan pastikan kapan tanggal kedaluwarsa setiap jenis makeup yang Anda miliki.

Bolehkah sesekali pinjam maskara dan eyeliner?

Menurut dr. Vivian Bucay, seorang dermatologis dari San Antonio, kulit dan selaput lendir merupakan media penyebaran bakteri yang paling mudah. Itulah sebabnya, Anda tidak boleh berbagi atau saling pinjam-meminjam apapun yang berhubungan langsung dengan kulit atau selaput lendir, salah satunya alat makeup.

Sebisa mungkin hindari saling pinjam maskara. Gunakan milik Anda sendiri untuk menghindari kemungkinan infeksi mata. Namun, jika memang harus berbagi eyeliner, pilihlah eyeliner pensil. Pastikan untuk mempertajam eyeliner pensil terlebih dahulu sebelum diaplikasikan di daerah mata. Ini berfungsi untuk membuang bakteri yang mungkin terdapat pada lapisan pensil. Alhasil, Anda bisa terhindar dari penularan penyakit mata yang disebabkan oleh alat makeup.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Desember 30, 2017 | Terakhir Diedit: Desember 21, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca