Blackhead, atau yang biasa dikenal sebagai komedo, adalah titik hitam kecil yang muncul di permukaan kulit Anda. Komedo adalah pori-pori (folikel rambut) yang tersumbat pada kulit yang terisi dengan serpihan kulit atau keratin atau sebum. Komedo paling banyak muncul di wajah dan hidung dan hal ini adalah masalah umum di antara banyak orang, terutama mereka yang memiliki kulit berminyak. Komedo juga dapat disebut sebagai jerawat tingkat satu, sebelum bakteri masuk ke pori-pori yang tersumbat itu.

Apa yang menyebabkan komedo?

Komedo adalah kotoran yang terjebak di pori-pori kulit Anda. Komedo bisa muncul terjadi apabila Anda termasuk orang yang jarang membersihkan muka, terutama setelah Anda menggunakan makeup.

Ada beberapa hal yang ang bisa meningkatkan risiko munculnya komedo pada wajah, yaitu usia dan perubahan hormon. Komedo sering muncul saat pubertas, erutama di sekitar hidung dan pipi. Komedo juga bisa menjadi pertanda bahwa ada peningkatan hormon yangdapat memicu produksi minyak di bawah kulit.

Berikut adalah beberapa penyebab lain yang menyebabkan komedo:

  • stress
  • perubahan hormon
  • keturunan
  • kulit yang tidak bersih
  • kosmetik
  • rokok
  • alkohol
  • kafein

Untungnya, komedo termasuk tidak sulit untuk dicegah maupun dibersihkan. Ikuti beberapa langkah simpel dan alami ini untuk membersihkan pori-pori dan cara menghilangkan komedo menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di rumah. Efektivitas bahan-bahan ini memang belum teruji namun Anda dapat coba dengan aman selama Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan tersebut.

Bagaimana cara menghilangkan komedo?

1. Baking soda

Dr. Alexander Dane, seorang dokter kulit dari New Jersey mengatakan, baking soda  bisamembantu menetralisir ketidakseimbangan pH yang ada di kulit Anda. Baking soda juga bekerja sebagai alat pengelupas kulit untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati.

Sebagai cara menghilangkan komedo Anda, campurkan dua sendok makan baking soda dan dua sendok makan air sampai bertestkur lembut dan creamy. Pijat pasta baking soda ke wajah, bilas dengan air hangat, dan kemudian pastikan untuk mengeringkan wajah sesudahnya. Campuran ini dapat mengeringkan kulit Anda, jadi jangan menggunakannya lebih dari dua atau tiga hari dalam seminggu.

2. Pakai madu dan lemon

Gula cokelat, madu, dan jus lemon merupakan campuran bahan scrub untuk pengelupasan kulit yang dapat Anda gunakan pada komedo. Dokter Dane merekomendasikan untuk mencampur satu sendok makan gula jawa, dua sendok makan lemon, dan satu sendok makan madu mentah.

Jika sudah tercampur dengan baik, aplikasikan ke wajah Anda dengan gerakan melingkar, pijat dalam lima menit sebelum membilasnya dan gunakan pelembab. Berikut ini masker wajah buatan sendiri sebagai cara menghilangkan komedo dengan bahan alami

3. Pakai tea tree oil

Para ahli mengatakan, Anda bisa menggunakan minyak pohon teh atau tea tree oil langsung ke daerah yang terkena, contohnya hidung dan dagu. Tea tree oil bekerja dengan cara  membunuh bakteri dan kotoran penyebab komedo menumpuk. Tea tree oil  ini tersedia dalam sejumlah produk, seperti sabun dan krim, atau tersedia sebagai minyak esensial.

4. Pakai kunyit dan minyak kelapa

Kunyit dapat digunakan sebagai bahan dalam cara menghilangkan komedo. Karena kunyit mengandung sifat antibakteri, antijamur, dan anti-radang. Dr. Pane juga menyarankan, untuk tidak menggunakan kunyit terlalu banyak, karena bisa membuat kulit berwarna kekuningan.

Maka, untuk menggunakannya, ambil satu sendok makan kunyit bubuk asli dan campurkan dengan satu sendok makan air atau minyak kelapa untuk membentuk pasta. Setelahnya oleskan pasta ke wajah yang berkomdo dan diamkan selama 10 hingga 15 menit dan dibilas bersih.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca