Saat ini penggunaan tabir surya alias sunblock sudah umum dan tidak hanya digunakan saat pergi ke pantai saja. Penggunaan sunblock menjadi sama pentingnya dengan alas bedak, bahkan lebih. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine, para peneliti menyarankan semua orang untuk memakai sunblock setiap hari. Pasalnya, penggunaan sunblock secara rutin tidak hanya mencegah kanker kulit, tetapi juga menunda penuaan kulit. Dengan banyaknya pilihan sunblock yang tersedia di pasaran, bagaimana cara memilih sunblock terbaik untuk kulit? Cari tahu jawabannya dalam artikel ini.

Yang harus diperhatikan saat memilih sunblock terbaik untuk kulit

1. Tingkat perlindungan

Pilihlah produk sunblock yang bertuliskan “Broad Spectrum“. Ini artinya, produk sunblock tersebut memberikan perlindungan spektrum luas atau multi-spektrum dari kedua jenis sinar UV, yaitu ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB). Jangan lupa, perhatikan juga tingkat SPF yang terkandung di dalamnya.

Semakin tinggi angka SPF maka semakin tinggi juga tingkat proteksi kulit dari paparan sinr matahari. Meski begitu, tingkat SPF yang tidak menjamin 100 persen bahwa kulit tidak bakal gosong. Hanya saja produk dengan SPF tinggi mampu memberikan perlindungan lebih kuat dari risiko kerusakan kulit jangka panjang, misalnya kanker kulit.

2. Tekstur

Tidak ada salahnya mencoba sedikit sunblock sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Anda bisa mengoleskan sedikit sunblock pada tangan. Setelah itu, rasakan apakah sunblock tersebut cepat meresap atau justru tidak meresap di kulit. Hindari memilih sunblock yang teksturnya berminyak dan lengket. Selain itu, pastikan juga jika sunblock yang Anda pilih tidak meninggalkan noda putih di wajah.

Sunblock semi-matte bisa jadi alternatif pilihan untuk memberikan hasil yang hampir tak terlihat pada kulit, tapi tetap efektif untuk melindungi kulit Anda.

3. Perhatikan tanggal kedaluwarsa

Tips yang satu ini pun tidak kalah penting. Pasalnya, banyak orang sering mengabaikan tanggal kedaluwarsa saat membeli produk kosmetik. Ya, tidak hanya makanan saja, sunblock yang Anda gunakan untuk melindungi kulit pun memiliki tanggal kedaluwarsa.

Itu sebabnya, jangan lupa untuk selalu memeriksa terlebih dahulu tanggal kedaluwarsa sunblock yang ingin Anda beli. Jangan sampai Anda menggunakan produk yang telah habis masa kedaluwarsanya. Alih-alih memberikan manfaat, sunblock yang kadaluwarsa justru malah merusak kulit Anda.

4. Sesuaikan dengan kebutuhan

Seperti kebanyakan produk perawatan kulit, tiga kunci utama dalam memilih sunblock adalah nyaman digunakan, memiliki hasil positif, dan berfungsi baik. Tentu saja penekanan pemilihan tabir surya kebanyakan berada pada poin ketiga, tetapi kedua poin sebelumnya jangan diabaikan.

Sebagai contoh, bila Anda akan menghabiskan waktu untuk berenang ataupun berjemur di bawah matahari di bawah matahari, Anda memerlukan tabir surya dengan karakteristik tahan air. Kelebihan dari sunblock yang tahan air adalah Anda tidak perlu khawatir dengan sinar matahari di saat Anda sedang berenang maupun berjemur, sehingga Anda tidak perlu berulang kali mengoleskan sunblock pada kulit.

5. Jenis kulit

Sebelum membeli sunblock terbaik, hal yang wajib diperhatikan adalah jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat, pilihlah produk sunblock yang lebih ringan. Sunblock berbentuk gel bisa jadi alternatif bagi kulit berminyak. Pasalnya sunblock bentuk gel lebih ringan dan bekerja dengan baik pada kulit berminyak.

Sunblock yang memiliki kandungan zinc oksida dapat membantu pada kulit berjerawat. Hindari pula sunblock semprot (spray) bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering. Ini karena sunblock semprot cenderung berbasis alkohol sehingga bisa membuat kulit jadi semakin kering.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca