7 Cara Alami Putihkan Ketiak Hitam

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 9 September 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Ketiak hitam bukanlah pertanda dari kondisi medis tertentu. Walaupun begitu, bagi kebanyakan orang, mempunyai kulit ketiak hitam atau gelap menjadi masalah yang mengganggu. Apalagi saat harus memakai pakaian tanpa lengan. Kulit ketiak yang hitam dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti terlalu sering bercukur, menggunakan wax pencabut bulu berbahan kimia, penumpukan kulit mati, kulit ketiak jarang bernapas, dan menggunakan deodoran berbahan dasar alkohol. Kulit ketiak menghitam adalah reaksi kulit akibat paparan terhadap suatu elemen, mirip seperti proses pencokelatan kulit akibat paparan sinar UV matahari.

Di bawah ini kami rangkum tips perawatan mudah untuk mencerahkan kulit ketiak kusam yang Anda bisa lakukan sendiri di rumah.

1. Eksfoliasi

Penumpukan kulit mati akan secara otomatis menyebabkan perubahan warna pada ketiak Anda. Untuk mengatasinya, gunakan scrub dan lulur alami untuk mengangkat kulit kusam akibat sel-sel kulit mati.

Scrub alami aman untuk digunakan pada area sensitif tubuh, termasuk ketiak. Gosok area ketiak dengan perlahan. Jangan memaksa atau menggosok terlalu keras untuk menghindari iritasi kulit dan pembengkakan. Anda juga bisa menggunakan loofah (sabut mandi) untuk membantu menggosok kulit.

Berikut ini cara membuat scrub alami:

  • Campur air perasan lemon dengan gula pasir secukupnya sampai jadi adonan kental. Oleskan pada ketiak Anda dan biarkan mengering selama 10 menit. Dengan jemari Anda, gosok ketiak dengan lembut agar butir gula dapat mengangkat kulit mati. Lakukan scrubbing selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan oleskan pelembap.
  • Buat masker dari campuran madu, jus lemon, dan bubuk kacang. Aplikasikan dengan cara yang sama seperti masker lemon di atas.

2. Sari kentang

Kentang memiliki keasaman yang berpotensi sebagai pemutih alami kulit. Sari kentang merupakan alternatif pemutih alami terbaik yang tidak berisiko menimbulkan iritasi jika dibandingkan dengan produk pemutih lainnya. Bagaimana caranya?

Iris kentang seukuran genggaman tangan dan gosokkan langsung pada ketiak Anda. Rutin lakukan ini setiap hari, terutama sebelum tidur. Anda juga dapat mengambil sari kentang untuk dijadikan masker, dan oleskan pada ketiak selama 10 menit. Bilas dengan air bersih. Untuk hasil terbaik, lakukan minimal dua kali sehari.

3. Jus lemon

Lemon tidak hanya mengandung bahan pemutih alami, namun juga kaya akan zat antiseptik. Lemon telah dikenal umum sebagai obat alami penawar berbagai masalah kulit.

Iris lemon seukuran genggaman tangan dan gosokkan langsung pada ketiak Anda. Rutin lakukan ini setiap hari, terutama sebelum tidur. Anda juga dapat mengambil sari lemon untuk dijadikan masker, dan oleskan pada ketiak selama 10 menit. Anda juga bisa membuat masker yang terbuat dari campuran air lemon dan gula pasir. Untuk hasil terbaik, lakukan minimal empat kali seminggu. Bilas dan keringkan ketiak setelahnya.

4. Larutan baking soda

Baking soda berguna sebagai agen pemutih ketiak untuk perawatan sederhana di rumah. Tidak hanya itu, baking soda juga bermanfaat untuk menghilangkan bau badan serta membuka pori-pori di ketiak untuk melepas racun dari dalam tubuh.

Campur baking soda dengan sedikit air untuk menghasilkan masker kental. Oleskan pada kulit ketiak dan gosok perlahan dengan jari Anda. Cara lainnya, Anda dapat mencairkan baking soda, oleskan pada ketiak dan tunggu hingga mengering lalu bilas bersih.

5. Irisan timun

Kadar keasaman timun bertindak sebagai agen pemutih ringan untuk kulit. Caranya mudah, gosokkan irisan timun pada kulit ketiak. Anda juga bisa menggunakan timun yang ditumbuk dan oleskan pada ketiak. Cuci bersih setelah 10 menit dan keringkan dengan handuk lembut. Ulangi prosedur ini minimal dua kali sehari untuk hasil terbaik.

6. Kulit jeruk

Sama halnya dengan lemon, jeruk memiliki agen pemutih dan exfoliator alami yang dapat mencerahkan kulit kusam.

Pertama, keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Kemudian, blender halus untuk mendapatkan bubuk kulit jeruk.

Campur bubuk kulit jeruk dengan air mawar dan susu, aduk hingga kental. Oleskan pada kulit ketiak dan biarkan mengering selama 10 menit. Gosok perlahan dan bilas dengan air hangat. Masker kulit jeruk akan mengangkat sel kulit mati dan menghasilkan kulit ketiak yang tampak lebih halus dan cerah.

7. Minyak kelapa atau zaitun

Kandungan vitamin E dalam kedua minyak esensial ini cocok dan efektif digunakan untuk memutihkan kulit kusam. Oleskan minyak pada kulit ketiak dan pijat merata selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Lakukan setiap hari untuk kulit ketiak yang tampak lebih halus dan cerah.

Atau, Anda dapat mencampur minyak zaitun dengan gula pasir. Minyak zaitun murni (extra virgin olive oil) akan berfungsi sebagai exfoliator alami yang membantu proses pemutihan kulit ketiak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Mengenal Fototerapi, Terapi Cahaya untuk Penyakit Kulit dengan Sinar UV

    Pengobatan penyakit kulit dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya dengan fototerapi atau terapi cahaya. Apa itu?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Kesehatan Kulit 9 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

    Ragam Penyebab Eksim Beserta Faktor Pemicu Kekambuhannya

    Eksim membuat kulit memerah, kasar, pecah-pecah, terasa amat gatal, dan sangat kering. Apa sebenarnya penyebab eksim alias dermatitis atopik?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Kesehatan Kulit, Dermatitis 8 Oktober 2020 . Waktu baca 8 menit

    Ciri Kulit Sensitif dan 8 Cara Jitu Mengatasinya

    Ciri kulit sensitif termasuk ruam kemerahan dan gatal-gatal setelah memakai produk perawatan kulit atau produk wewangian. Bagaimana cara mengatasinya?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
    Hidup Sehat, Kecantikan 7 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

    Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

    Terapi urine dengan minum air kencing yang terdengar menjijikkan telah dipercaya sejak berabad-abad lalu. Apakah manfaatnya?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Urologi, Kandung Kemih 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    manfaat ampas teh bagi kecantikan

    7 Cara Memanfaatkan Ampas Teh untuk Kecantikan

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
    komplikasi dermatitis

    Berbagai Komplikasi yang Mungkin Muncul Akibat Penyakit Dermatitis

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
    dermatitis numularis

    Dermatitis Numularis (Eksim Diskoid)

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
    dermatitis atopik eksim

    Dermatitis Atopik (Eksim)

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Dipublikasikan tanggal: 9 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit