7 Cara Alami Putihkan Ketiak Hitam

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 09/09/2019
Bagikan sekarang

Ketiak hitam bukanlah pertanda dari kondisi medis tertentu. Walaupun begitu, bagi kebanyakan orang, mempunyai kulit ketiak hitam atau gelap menjadi masalah yang mengganggu. Apalagi saat harus memakai pakaian tanpa lengan. Kulit ketiak yang hitam dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti terlalu sering bercukur, menggunakan wax pencabut bulu berbahan kimia, penumpukan kulit mati, kulit ketiak jarang bernapas, dan menggunakan deodoran berbahan dasar alkohol. Kulit ketiak menghitam adalah reaksi kulit akibat paparan terhadap suatu elemen, mirip seperti proses pencokelatan kulit akibat paparan sinar UV matahari.

Di bawah ini kami rangkum tips perawatan mudah untuk mencerahkan kulit ketiak kusam yang Anda bisa lakukan sendiri di rumah.

1. Eksfoliasi

Penumpukan kulit mati akan secara otomatis menyebabkan perubahan warna pada ketiak Anda. Untuk mengatasinya, gunakan scrub dan lulur alami untuk mengangkat kulit kusam akibat sel-sel kulit mati.

Scrub alami aman untuk digunakan pada area sensitif tubuh, termasuk ketiak. Gosok area ketiak dengan perlahan. Jangan memaksa atau menggosok terlalu keras untuk menghindari iritasi kulit dan pembengkakan. Anda juga bisa menggunakan loofah (sabut mandi) untuk membantu menggosok kulit.

Berikut ini cara membuat scrub alami:

  • Campur air perasan lemon dengan gula pasir secukupnya sampai jadi adonan kental. Oleskan pada ketiak Anda dan biarkan mengering selama 10 menit. Dengan jemari Anda, gosok ketiak dengan lembut agar butir gula dapat mengangkat kulit mati. Lakukan scrubbing selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan oleskan pelembap.
  • Buat masker dari campuran madu, jus lemon, dan bubuk kacang. Aplikasikan dengan cara yang sama seperti masker lemon di atas.

2. Sari kentang

Kentang memiliki keasaman yang berpotensi sebagai pemutih alami kulit. Sari kentang merupakan alternatif pemutih alami terbaik yang tidak berisiko menimbulkan iritasi jika dibandingkan dengan produk pemutih lainnya. Bagaimana caranya?

Iris kentang seukuran genggaman tangan dan gosokkan langsung pada ketiak Anda. Rutin lakukan ini setiap hari, terutama sebelum tidur. Anda juga dapat mengambil sari kentang untuk dijadikan masker, dan oleskan pada ketiak selama 10 menit. Bilas dengan air bersih. Untuk hasil terbaik, lakukan minimal dua kali sehari.

3. Jus lemon

Lemon tidak hanya mengandung bahan pemutih alami, namun juga kaya akan zat antiseptik. Lemon telah dikenal umum sebagai obat alami penawar berbagai masalah kulit.

Iris lemon seukuran genggaman tangan dan gosokkan langsung pada ketiak Anda. Rutin lakukan ini setiap hari, terutama sebelum tidur. Anda juga dapat mengambil sari lemon untuk dijadikan masker, dan oleskan pada ketiak selama 10 menit. Anda juga bisa membuat masker yang terbuat dari campuran air lemon dan gula pasir. Untuk hasil terbaik, lakukan minimal empat kali seminggu. Bilas dan keringkan ketiak setelahnya.

4. Larutan baking soda

Baking soda berguna sebagai agen pemutih ketiak untuk perawatan sederhana di rumah. Tidak hanya itu, baking soda juga bermanfaat untuk menghilangkan bau badan serta membuka pori-pori di ketiak untuk melepas racun dari dalam tubuh.

Campur baking soda dengan sedikit air untuk menghasilkan masker kental. Oleskan pada kulit ketiak dan gosok perlahan dengan jari Anda. Cara lainnya, Anda dapat mencairkan baking soda, oleskan pada ketiak dan tunggu hingga mengering lalu bilas bersih.

5. Irisan timun

Kadar keasaman timun bertindak sebagai agen pemutih ringan untuk kulit. Caranya mudah, gosokkan irisan timun pada kulit ketiak. Anda juga bisa menggunakan timun yang ditumbuk dan oleskan pada ketiak. Cuci bersih setelah 10 menit dan keringkan dengan handuk lembut. Ulangi prosedur ini minimal dua kali sehari untuk hasil terbaik.

6. Kulit jeruk

Sama halnya dengan lemon, jeruk memiliki agen pemutih dan exfoliator alami yang dapat mencerahkan kulit kusam.

Pertama, keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Kemudian, blender halus untuk mendapatkan bubuk kulit jeruk.

Campur bubuk kulit jeruk dengan air mawar dan susu, aduk hingga kental. Oleskan pada kulit ketiak dan biarkan mengering selama 10 menit. Gosok perlahan dan bilas dengan air hangat. Masker kulit jeruk akan mengangkat sel kulit mati dan menghasilkan kulit ketiak yang tampak lebih halus dan cerah.

7. Minyak kelapa atau zaitun

Kandungan vitamin E dalam kedua minyak esensial ini cocok dan efektif digunakan untuk memutihkan kulit kusam. Oleskan minyak pada kulit ketiak dan pijat merata selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Lakukan setiap hari untuk kulit ketiak yang tampak lebih halus dan cerah.

Atau, Anda dapat mencampur minyak zaitun dengan gula pasir. Minyak zaitun murni (extra virgin olive oil) akan berfungsi sebagai exfoliator alami yang membantu proses pemutihan kulit ketiak.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"

    Yang juga perlu Anda baca

    Sebenarnya, Perlukah Pakai Asam Lemak Esensial untuk Merawat Wajah?

    Minyak yang mengandung asam lemak esensial digunakan sebagai produk perawatan untuk kulit wajah. Sebenarnya, perlukah Anda menggunakannya?

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Aprinda Puji

    Bolehkan AHA BHA dan Vitamin C Digunakan Bersamaan?

    AHA BHA dan vitamin C banyak ditemukan pada produk skin care. Tapi, apakah zat-zat tersebut aman untuk dikombinasikan? Simak ulasannya di Hello Sehat.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Shylma Na'imah

    5 Cara yang Salah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

    Mengoleskan vitamin E bukannya menghilangkan bekas jerawat, tapi malah akan menghambat proses penyembuhannya, bahkan memicu dermatitis.

    Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team

    Dua Metode Menghilangkan Noda Merah Bekas Jerawat

    Saat jerawat hilang, bukan berarti masalah selesai. Masih ada noda merah yang mengganggu selama berminggu-minggu ke depan. Begini menghilangkannya.

    Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team

    Direkomendasikan untuk Anda

    gatal karena kulit kering

    Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
    Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
    warna rambut

    Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
    cara pakai sheet mask

    Tips Pakai Sheet Mask Agar Manfaatnya Maksimal

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 27/01/2020
    skin care tidak bekerja

    5 Hal yang Menyebabkan Rejime Skincare Anda Tidak Efektif

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 06/01/2020