5 Perawatan Kecantikan Tradisional Warisan Leluhur

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/01/2020
Bagikan sekarang

Kekayaan alam bumi Indonesia sebenarnya tidak kalah ampuh untuk membantu Anda mempercantik diri dibandingkan dengan perawatan modern ala Barat yang serba canggih. Masih ingin bukti? Coba tengok ibu atau nenek Anda. Kalau melihat rekam-jejak wanita-wanita zaman dulu, spa atau salon bahkan belum ada, tapi mereka ternyata tidak kalah cantik dari wanita modern sekarang ini. Bahkan, cantik mereka adalah cantik alami yang tak lekang oleh usia.

Ingin seperti mereka? Berikut adalah 5 warisan budaya leluhur bangsa, murah-meriah, dan bisa langsung Anda praktikkan sendiri di rumah tanpa perlu rogoh kocek dalam-dalam.

Ratus

Ratus adalah rahasia umum milik Ken Dedes demi memiliki kecantikan abadi di zamannya. Ratus merupakan metode penguapan tubuh mirip seperti sauna, menggunakan campuran herbal yang terdiri dari kemenyan, cendana, kenanga, dan klabet atau klobot yang dikeringkan dan kemudian direbus dalam air panas. Air rebusan bunga-bungaan ini kemudian digunakan untuk mengasapi seluruh bagian tubuh dan rambut. Ratus juga bisa digunakan sebagai perawatan organ kewanitaan, yang bekerja dengan cara menyerap lendir yang menyebabkan keputihan, juga mengharumkan sampai ke dalam.

Ratus terbukti bisa memperlancar aliran darah. Selain itu, uap dari air rebusan tersebut juga berfungsi untuk membuka pori-pori yang tersumbat, sehingga membersihkan wajah dari berbagai kotoran.

Boreh

Tradisi kecantikan asal Bali ini mirip dengan parem Jawa. Ramuan ini terdiri dari serai, cendana, jahe, cengkeh, pala, lengkuas, beras hitam, dan minyak kelapa. Seperti lulur, boreh dibalurkan ke seluruh tubuh hingga setengah kering, baru dilap dengan kain basah hingga bersih.

Ramuan boreh bersifat menghangatkan. Gunanya, menghilangkan masuk angin, memperlancar peredaran darah, dan menghilangkan pegal-pegal. Selain bermanfaat bagi kesehatan, rutin melakukan boreh akan mengangkat kotoran yang menyumbat pori dan sel-sel kulit mati, mencerahkan rona wajah.

Batimung

Batimung adalah sauna tradisional asal Banjar, Kalimantan Selatan. Untuk melakukan baltimung sendiri di rumah, Anda bisa membuat ramuan bedak dingin dari campuran ketan hitam, lumuri seluruh tubuh dengan ramuan ini, kemudian bungkus kain tebal. Selanjutnya, lakukan proses penguapan. Racik ramuan yang terdiri dari campuran minyak serai, akar wangi, daun jeruk purut, temu giring, kenanga, pandan, dan melati, kemudian rebus dengan air di dalam panci tertutup dan hanya dibuka saat siap digunakan. Dalam keadaan tubuh terbungkus handuk, duduk di bangku kecil yang telah disisipkan panci ramuan batimung di bawahnya. Sama halnya dengan ratus, penguapan batimung bisa mengharumkan tubuh dari dalam.

Lulur

Siapa yang tidak tahu lulur? Salah satu perawatan tubuh tradisional paling mainstream ini merupakan favorit para putri keraton.

Bahan dasar lulur tradisional Jawa adalah kunyit, yang memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri untuk kulit, sekal klabet (untuk membersihkan dan mengecilkan pori-pori), serta temu giring yang berfungsi mencerahkan kulit. Ramuan ini dibalurkan ke seluruh tubuh, dibiarkan sampai kering dan berkerak, baru dibasuh dengan air hangat. Rajin luluran kunyit bisa menampilkan kulit berkilau keemasan dan bercahaya.

Jamu

Jamu tidak bisa dilepaskan dari ritual kecantikan tradisional putri keraton Jawa. Tak hanya kalangan bangsawan, masyarakat Jawa pada umumnya juga sudah mengadopsi kebiasaan sehat ini sebagai bagian dari gaya hidup mereka hingga saat ini. Jamu biasa disajikan usai terapi berupa ramuan minuman sehat yang terdiri dari cengkih, santan, dan gula batu. Minuman ini memiliki berbagai khasiat kecantikan, yaitu mencerahkan kulit wajah, menghilangkan jerawat, dan dipercaya sebagai salah satu ritual untuk awet muda.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"

    Yang juga perlu Anda baca

    5 Hal yang Menyebabkan Rejime Skincare Anda Tidak Efektif

    Sudah pakai produk skin care berbulan-bulan tapi kulit tetap sama tidak berubah? Mungkin ini penyebab skin care Anda tidak bekerja dengan baik.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph

    Bolehkan AHA BHA dan Vitamin C Digunakan Bersamaan?

    AHA BHA dan vitamin C banyak ditemukan pada produk skin care. Tapi, apakah zat-zat tersebut aman untuk dikombinasikan? Simak ulasannya di Hello Sehat.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Shylma Na'imah

    5 Cara yang Salah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

    Mengoleskan vitamin E bukannya menghilangkan bekas jerawat, tapi malah akan menghambat proses penyembuhannya, bahkan memicu dermatitis.

    Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team

    Dua Metode Menghilangkan Noda Merah Bekas Jerawat

    Saat jerawat hilang, bukan berarti masalah selesai. Masih ada noda merah yang mengganggu selama berminggu-minggu ke depan. Begini menghilangkannya.

    Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team

    Direkomendasikan untuk Anda

    gatal karena kulit kering

    Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
    Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
    warna rambut

    Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
    merawat rambut bagi wanita berhijab

    9 Trik Mudah Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020
    cara pakai sheet mask

    Tips Pakai Sheet Mask Agar Manfaatnya Maksimal

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 27/01/2020