Manfaat yoga untuk kesehatan fisik sudah tidak perlu diragukan lagi — dari meningkatkan fleksibilitas  dan keseimbangan tubuh, melancarkan pernapasan, sampai menguatkan otot-otot tubuh. Yoga juga dapat merileksasikan pikiran dan mengasah fokus mental Anda. Lantas, seberapa efektif melakukan yoga untuk menurunkan berat badan?

Menguak efektivitas yoga untuk menurunkan berat badan

Yoga berbeda dengan latihan kardio atau aerobik yang memang sering dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun, menurut Beth A. Lewis, profesor di University of Minnesota di Amerika Serikat, yoga yang disertai dengan meditasi dapat membakar lebih banyak kalori. Satu jam yoga dapat membakar kalori lebih banyak daripada berjalan kaki dengan durasi yang sama. Sebagai perbandingan, berjalan kaki selama satu jam bisa membakar kira-kira sebanyak 238 kalori.

Tak hanya itu, yoga juga membentuk kekuatan otot-otot tubuh. Biasanya otot-otot yang bekerja saat beryoga adalah otot lengan, abdomen (otot inti), hamstring, bokong, dan betis. Melatih otot-otot tersebut bisa membentuk dan menambah massa otot tubuh seperti halnya berolahraga di gym. Jika dibandingkan dengan lemak tubuh, massa otot yang bertambah berpotensi membakar lebih banyak kalori, bahkan ketika otot-otot tersebut sedang tidak bekerja.

Yoga juga menguatkan otot jantung. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat sehingga dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot. Hal ini memungkinkan sel tubuh untuk membakar lemak lebih banyak selama olahraga dan saat istirahat setelahnya.

Semakin banyak kalori yang terbakar, makin cepat pula metabolisme tubuh Anda bekerja untuk membakar timbunan lemak.

Yoga ampuh menurunkan stres, sehingga mencegah Anda makan berlebihan

Yoga dipercaya mampu menjaga berat badan dan bentuk tubuh ideal lewat latihan konsentrasi. Efek meditasi dan pemusatan pikiran dari yoga dqapat meredakan gangguan psikologis seperti stres, depresi, atau kejenuhan.

Kebanyakan orang cenderung ngidam makanan manis atau makan berlebihan saat sedang stresRutin melakukan yoga bisa membantu Anda untuk mengelola emosi dan pikiran menjadi lebih baik, sehingga terhindar dari stres. Inilah yang menjadi salah satu manfaat yoga untuk menjaga berat badan tetap ideal.

senam yoga untuk mengatasi gejala gangguan jiwa

Yoga membantu Anda menjalani gaya hidup sehat

Selain menyehatkan fisik, yoga juga membantu Anda untuk bisa lebih tenang secara keseluruhan, dengan melibatkan kombinasi meditasi pikiran, latihan pernapasan, dan relaksasi tubuh. Faktor keselarasan fisik, mental, dan holistik inilah yang menjadi faktor utama efektivitas yoga untuk menurunkan berat badan Anda. Seiring waktu, yoga akan melatih Anda untuk mulai memahami tubuh Anda sendiri.

Dengan begitu, Anda akan menyadari pentingnya hidup sehat dengan mengganti pola makan dan gaya hidup Anda secara naluriah karena Anda tahu apa yang terbaik untuk diri sendiri. Anda tidak akan lagi merasa butuh untuk merokok atau berpesta sepanjang malam, mengetahui bahwa hal ini akan merusak apa yang telah Anda susah payah bangun selama ini.

Tips 10 menit yoga untuk menurunkan berat badan

Berikut gerakan yoga untuk menurunkan berat badanyang bisa Anda lakukan setiap hari. Tenang, hanya butuh 10 menit saja.

  1. Buka kaki Anda lebih lebar dari pinggul, lutut dan jari kaki mengarah ke luar. Turunkan kaki sedikit, sehingga paha Anda sejajar dengan tanah. Tarik napas sambil mencondongkan dada ke depan. Kemudian hembuskan napas melalui mulut dengan mengeluarkan lidah, sambil membungkuk atau menarik perut lebih rendah. Ulangi sebanyak 15 kali.
  2. Tetap pada posisi sebelumnya, lakukan gerakan tangan meninju ke atas. Tarik napas dan luruskan kaki saat tangan mencapai atas kepala. Hembuskan napas sambil menarik tangan kembali ke pinggul. Ulangi gerakan ini selama satu menit.
  3. Kembali ke posisi awal (berdiri) dan tarik napas sambil menarik tangan Anda mencapai atas kepala. Hembuskan napas dan lipat tangan ke depan, tekuk lutut, sehingga telapak tangan Anda bisa menyentuh tanah. Tahan posisi tersebut, lalu goyangkan badan Anda ke kanan dan ke kiri untuk beberapa kali.
  4. Tarik napas untuk berdiri. Kemudian dorong pinggul ke belakang, tangan rentangkan ke depan wajah, tekuk lutut, dan buat seperti posisi sedang duduk. Buang napas dan berdiri, tarik lengan ke bawah di depan pinggul. Tarik napas untuk melakukan posisi seperti duduk. Lakukan selama satu menit dengan ritme semakin cepat. Anda bisa juga, mengganti posisi berdiri saat menghembuskan napas dengan gerakan melompat.
  5. Tarik napas dan berdiri, angkat lengan ke atas kepala.. Buang lengan ke bawah dan ke belakang sambil menghembuskan napas dan lipat ke depan. Tarik napas dan ayunkan lengan ke depan dan berdiri. Kemudian buang napas dan lipat lengan. Ulangi gerakan ini sebanyak lima atau enam kali ambil napas.
  6. Ulangi gerakan 1 sebanyak 15 kali ambil napas. Dari posisi kaki terbuka seperti gerakan 1, langkahkan kaki ke kiri dan ke kanan. Buang napas, tekan tangan dalam posisi seperti sedang berdoa di depan dada dan turunkan badan hingga ke posisi sedang duduk. Ulangi selama 30 detik, dari sisi ke sisi.
  7. Selama 30 detik berikutnya, lanjutkan gerakan 6, lakukan lebih cepat. Sebagai tantangan, langsung ubah gerakan 1 ke posisi seperti duduk. Tarik napas saat gerakan 1 dan buang napas saat posisi duduk.
  8. Ulangi gerakan 3.
  9. Mulai lagi dengan tangan dibuka lebar dengan kaki kanan ke depan lalu ditekuk sebesar 90 derajat. tarik napas dan luruskan kaki, angkat lengan di atas kepala. Kemudian buang napas dan turunkan tangan seperti dibuang, tarik tangan mementuk tinjuan ke pinggul. Ulangi selama 10 kali napas, lalu turunkan lutut kiri ke lantai dan lepaskan jari-jari kaki. Buka lebar lengan di atas kepala dan letakkan pinggul ke bawah untuk merenggangkan pinggul. letakkan ujung jari di kedua sisi kai kanan, lalu geser pinggul kembali untuk meluruskan kaki kanan dan angkat jari kaki. Tarik napas untuk memperpanjang tulang belakang dan buang napas sambil lipat di atas kaki depan.
  10. Tarik napas dan angkat dada ke tengah, rentangkan tulang belakang, lalu hembuskan napas dan lipat lengan. Pegang tangan di belakang dan luruskan lengan untuk meregangkan bagian atas kepala. Ulangi gerakan ini sebanyak lima kali napas.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca