Migrain? Atasi Saja dengan Gerakan Yoga Ini

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 19/03/2020
Bagikan sekarang

Untuk meredakan migrain atau sakit kepala sebelah, selain dengan obat, Anda bisa juga melakukan gerakan yoga. Yoga merupakan aktivitas fisik yang memberikan ketenangan dan kedamaian pada pikiran serta tubuh.

Salah satu keuntungan yoga dapat merilekskan sakit kepala yang menyerang, Terutama migrain yang terasa berdenyut pada satu sisi kepala.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan gerakan yoga untuk mengatasi migrain berikut ini.

Gerakan yoga khusus untuk meredakan gejala migrain

Migrain merupakan sebuah gangguan episodik pada area kepala. Agar migrain tak sering timbul, Anda perlu mengelolanya. Pengelolaan migrain bisa dilakukan melalui terapi yoga.

Yoga sebagai jalan terapeutik untuk mengurangi episodik migrain. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Yoga, mengatakan bahwa frekuensi dan intensitas sakit kepala dapat berkurang ketika seseorang melakukan yoga secara rutin.

Secara keseluruhan, yoga mampu memberikan keseimbangan sistem saraf dan sirkulasi, yang berkaitan dengan migrain. Ketika terjadi keseimbangan, gejala migrain akan berkurang dengan sendirinya.

Bila Anda sering mengalami gejala migrain yang bersifat episodik, berikut gerakan yoga yang bisa Anda lakukan.

1. Hastapadasana (standing forward bend)

Sumber: Yoga Journal

Untuk mengatasi migrain dengan yoga, lakukan pose hastapadasana. Posisikan kaki tegak lurus berdiri menyentuh lantai. Kedua kaki pastikan rapat. Kemudian secara perlahan bawa tubuh bagian atas hingga rata pada kaki, hingga wajah setara dengan lutut. 

Sementara itu, posisikan tangan di lantai. Gerakan ini mampu merilekskan sistem saraf dengan meningkatkan aliran darah. Sehingga memberikan efek tenang pada pikiran. 

2. Setu Bandhasana (bridge pose)

Sumber: BKS Yoga Studio

Gerakan yoga selanjutnya untuk meredakan migrain adalah dengan bridge pose. Rebahkan tubuh pada lantai. Angkat tubuh dengan menggunakan telapak tangan, lalu angkat panggul Anda. 

Sementara kepala dan bahu harus tetap pada lantai, pastikan paha dan kaki sejajar. Tahan pose ini selama satu menit. Cara ini mampu meredakan kecemasan.

3. Shishuasana (child pose)

(Source: www.shutterstock.com)

Child pose dalam gerakan yoga juga berperan untuk mengatasi migrain. Untuk melakukannya, berlututlah di atas matras, lalu duduklah di atas tumit dan duduklah dengan tegak. Tenangkan diri dengan menarik dan menghembuskan napas. 

Lalu secara perlahan rebahkan kepala hingga menyentuh matras, sementara tangan biarkan terbuka ke depan. Tahan posisi ini setidaknya satu menit.

4. Marjariasana (Cat Stretch)

Posisikan tubuh seperti gerakan merangkak. Posisikan tulang kering pada kaki menempel pada matras, tangan bertumpu di depan, selebar bahu. Kemudian lengkungkan punggung sedikit ke atas, lalu lengkungkan ke bawah. 

Pose yoga ini bekerja untuk mengurangi migrain, serta melancarkan sirkulasi darah. Gerakan ini mampu memberikan sensasi rileks pada tubuh.

5. Adho mukha svanasana (downward facing dog pose)

(Source: www.shutterstock.com)

Downward facing dog pose pada yoga dilakukan untuk meningkatkan sirkulasi dari ke otak dan meredakan migrain. Pertama-tama, Anda bisa menapakkan kaki ke lantai, sementara berikan jarak pada tubuh bagian atas dengan tumpuan tangan. 

Pastikan tubuh bagian atas, kepala, sejajar dengan tangan. Sementara seluruh kaki sejajar dan bertumpu pada telapaknya.

6. Padmasana (lotus pose)

yoga di luar ruangan

Pose lotus juga mampu meredakan sakit kepala. Secara sederhana, gerakan ini dilakukan dengan cara duduk bersila. Duduklah dengan tegak, sementara tangan kanan dan kiri diletakkan pada tungkai. Tarik napas dan hembuskan perlahan.

7. Shavasana (corpse pose)

Terapkan pose yoga ini untuk meringankan sakit kepala akibat migrain. Rebahkan sekujur tubuh ke atas matras. Beri sedikit jarak antar kaki dan tangan. Rileks sejenak dan tahan posisi ini selama 5-30 menit.

Anda bisa melakukan pose yoga di atas ditemani dengan alunan musik. Karena migrain yang bersifat episodik, perlu dikelola dengan baik, coba lakukan gerakan di atas secara rutin. Latihan yoga ini juga dapat diikuti dengan pengobatan yang disarankan oleh dokter ataupun pengobatan alami. 

Dengan demikian, terapeutik yoga ini mampu membantu Anda meringankan gejala migrain permanen yang kerap mengganggu aktivitas harian.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

10 Cara Alami Mengatasi Migrain

Migrain bikin aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Selain pakai obat sakit kepala, Ini cara alami mengatasi dna mengobati sakit kepala migrain!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina

Direkomendasikan untuk Anda

obat migrain alami

10 Obat Alami yang Mampu Redakan Migrain

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
mengatasi migrain saat traveling

Traveling Nyaman Tanpa Migrain dengan 5 Tips Sehat Ini

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 08/02/2020
pijat untuk migrain

Beragam Teknik Pijat untuk Bantu Redakan Migrain di Rumah

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 13/02/2019
meredakan migrain

Berhubungan Seks Akan Memperparah Atau Justru Meredakan Migrain, Ya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 27/11/2018