Yoga di Luar vs. di Dalam Ruangan: Sama-Sama Bermanfaat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 31/07/2019 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Pada dasarnya, olahraga merupakan aktivitas fisik yang bisa dilakukan di mana saja, tergantung jenisnya. Salah satu jenis olahraga yang paling diminati orang adalah yoga karena bisa dilakukan di luar ruangan dan dalam rumah. Namun, di manakah yoga yang lebih baik?

Yoga di luar ruangan dapat meningkatkan fokus dan lebih rileks

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2013, olahraga di luar ruangan terbukti memiliki berbagai keuntungan. Mulai dari mengurangi stres, meningkatkan mood, hingga mendukung kesehatan mental yang lebih baik. 

Penelitian tersebut, juga menyebutkan bahwa setelah lima menit berolahraga di luar ruangan, suasana hati jauh lebih baik. Hal ini juga sekaligus dapat meningkatkan kepercayaan diri.  

Lantas, bagaimana dengan yoga? Manfaat apa saja jika yoga di lakukan di alam terbuka? 

1. Mengisi tenaga 

yoga berpasangan

Pada saat Anda menghabiskan waktu di luar ruangan, otak akan mengirimkan sinyal bahwa tubuh sedang berada di lingkungan alaminya. Selain itu, sistem saraf akan mengatur untuk tetap waspada dan terjaga. 

Oleh karena itu, tidak jarang ketika Anda melakukan yoga atau olahraga lainnya di luar ruangan, Anda akan merasa lebih berenergi dan bersemangat. 

2. Membangkitkan kebahagiaan

yoga untuk anak dengan autisme

Pernahkah Anda merasa bahagia ketika melakukan yoga sambil melihat pemandangan yang indah?

Para peneliti dari California mengungkapkan saat Anda sedang mengagumi pemandangan di luar, tubuh melepaskan hormon endorfin. Hormon ini mengurangi efek sakit dan menimbulkan perasaan tenang, senang, serta bahagia.

Selain itu, udara yang segar juga membuat kesehatan paru Anda lebih baik. Anda menghirup udara segar dan merasakan oksigen tersebut mengalir di dalam tubuh Anda. Hal ini dapat membantu Anda berpikir lebih jernih. 

Yoga yang dilakukan di permukaan yang sedikit tidak rata, seperti pasir atau tanah biasa, juga dapat memperkuat otot inti tubuh Anda. Tidak hanya itu, kemampuan sensorik Anda pun meningkat dengan menyentuh hamparan rumput atau pasir. 

3. Membuat Anda lebih percaya diri

Pada awalnya, mungkin akan terasa canggung ketika sendirian melakukan yoga di luar ruangan. Akan tetapi, keluar dari zona nyaman justru dapat membuka hal-hal baru dari latihan yoga Anda. 

Alih-alih berlatih yoga di rumah, Anda juga bisa memanfaatkan vitamin D dari sinar matahari ketika melakukan yoga di alam terbuka. 

4. Memperoleh manfaat meditasi

Seperti yang dilansir dari Yoga Journal, orang yang rutin melakukan meditasi ternyata memiliki amygdala lebih kecil daripada orang biasa. Amygdala adalah salah satu bagian dari otak yang bertanggung jawab dalam menghasilkan emosi. 

Nah, orang yang lebih sering terpapar udara segar dari alam memiliki hormon stres, yaitu kortisol, yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tinggal di lingkungan perkotaan. Ini berlaku juga ketika Anda melakukan yoga di luar ruangan.

Yoga di rumah sama bermanfaatnya dengan luar ruangan

manfaat yoga, meningkatkan kehidupan seks

Walaupun yoga di tengah-tengah alam menawarkan kesehatan yang lebih baik, kadang hal itu juga bisa tidak dilakukan. Entah karena polusi udara atau cuaca buruk.

Oleh karena itu, yoga di dalam ruangan atau rumah Anda menjadi alternatif ketika sedang hujan atau tingkat polusi sedang tinggi. 

Selain itu, karena di dalam ruangan lantainya cenderung lebih rata dibandingkan tanah atau pasir, Anda lebih mudah mempraktikan teknik yoga yang baru dan mungkin lebih ekstrem, tentunya di bawah pengawasan ahli.

Tidak hanya itu, Anda yang memiliki alergi serbuk sari atau debu mungkin lebih memilih aman untuk melakukan yoga di dalam ruangan. Sebab, bukannya sehat, yoga di luar ruangan juga bisa berpotensi buruk bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan tertentu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Time Blocking yang Bisa Jadi Alternatif Atasi Stres

Time blocking akan membantu Anda lebih fokus pada pekerjaan dengan menyisakan waktu tertentu yang didedikasikan penuh untuk satu kegiatan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Hidup Sehat, Psikologi 05/07/2020 . 5 menit baca

Mengenal Walking Meditation, Meditasi Sambil Jalan yang Bikin Pikiran Tenang

Salah satu teknik meditasi yang menawarkan segudang manfaat adalah walking meditation alias meditasi sambil jalan. Apa bedanya dengan berjalan biasa?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kebugaran, Hidup Sehat 05/07/2020 . 6 menit baca

Drunkorexia, Fenomena Rela Tak Makan Demi Minum Alkohol

Kebiasaan konsumsi alkohol berlebihan mungkin sudah biasa. Lantas, bagaimana dengan rela tidak makan karena ingin minum alkohol atau disebut drunkorexia?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Fakta Unik 04/07/2020 . 6 menit baca

Para ‘Pria Tangguh’ Lebih Berisiko Bunuh Diri, Mengapa Begitu?

Laki-laki sering dikaitkan dengan image tangguh. Padahal, tuntutan untuk menjadi pria tangguh berdampak negatif dan bisa meningkatkan risiko bunuh diri.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Psikologi 04/07/2020 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

jahe untuk ibu hamil

Manfaat dan Efek Samping Jahe untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 06/07/2020 . 4 menit baca
postpartum rage

Mengenal Postpartum Rage, Salah Satu Gejala Postpartum Depression

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 06/07/2020 . 6 menit baca
pasangan borderline personality disorder

Tips Awet Bersama Pasangan dengan Borderline Personality Disorder

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 05/07/2020 . 7 menit baca
diet eliminasi

Mengenal Diet Eliminasi (Elimination Diet) untuk Tahu Intoleransi Makanan

Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 05/07/2020 . 5 menit baca