Yin Yoga vs Hatha Yoga, Dua Jenis Yoga Dengan Manfaat yang Berbeda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 03/12/2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang tengah digandrungi oleh banyak orang, baik pria maupun wanita. Yoga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk menjaga keseimbangan antara tubuh, pikiran, dan jiwa. Nah, manfaat ini juga bisa Anda dapatkan dengan melakukan Hatha yoga dan Yin yoga, dua jenis yoga yang cukup populer di masyarakat. Lantas, apa yang membedakan antara keduanya? Berikut penjelasannya.

Apa itu Hatha yoga?

yoga untuk rematik

Hampir seluruh gerakan yoga yang pernah Anda lihat termasuk ke dalam Hatha yoga. Hatha yoga memiliki arti yoga yang kuat, sebab jenis yoga yang satu ini dapat meningkatkan energi untuk para yogi (sebutan untuk orang yang melakukan yoga) melalui pose-pose yang dilakukan.

Dibandingkan dengan jenis yoga yang lainnya, Hatha yoga lebih fokus pada gerakan fisik dan pernapasan daripada mental. Biasanya, Hatha yoga dilakukan dengan mengombinasikan posisi duduk dan berdiri dengan tempo yang pelan. Jadi, Anda bisa lebih menikmati gerakan-gerakan Hatha yoga dengan lebih rileks.

Apa itu Yin yoga?

manfaat yoga

Yin yoga merupakan bagian dari Hatha yoga. Namun, perbedaannya terletak pada pose-pose yang dilakukan.

Dilihat dari gerakannya, pose Yin yoga cenderung lebih santai dan pasif ketimbang jenis yoga lainnya. Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk duduk atau berbaring dengan posisi yang nyaman sebelum beralih ke pose yoga selanjutnya.

Menurut Sara Gottfried, MD, seorang dokter dari Berkeley, California, Yin yoga sangat baik untuk mengaktifkan sistem saraf dan meredakan rasa sakit serta stres. Pasalnya, Yin yoga dapat membantu mengurangi ketegangan pada jaringan-jaringan ikat dan persendian, seperti pada lutut, pergelangan kaki, panggul, pinggul, dan tulang punggung bagian bawah.

Saat Anda melakukan Yin yoga, Anda akan melakukan beberapa pose yoga dan membiarkannya bertahan selama beberapa menit, bahkan terkadang sampai 20 menit. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu pada otot-otot tubuh Anda agar lebih santai dan rileks. Gerakan-gerakan Yin yoga dapat membantu menyembuhkan bekas luka pada ligamen.

Jenis yoga mana yang paling bermanfaat untuk kesehatan?

pose yoga untuk diabetes

Pada dasarnya, Hatha yoga dan Yin yoga sama-sama menawarkan manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun ingat, manfaatnya tentu berbeda pada keduanya. Maka itu, sesuaikan dengan kebutuhan dan masalah kesehatan yang Anda alami. Mari kita kupas satu persatu.

Hatha yoga

Gangguan keseimbangan merupakan salah satu masalah yang cukup umum dialami oleh orang dewasa. Nah, bagi Anda yang merasa mudah jatuh atau tidak stabil saat berjalan, ada baiknya Anda coba melakukan Hatha yoga secara rutin. Ya, jenis yoga yang satu ini dapat membantu meningkatkan keseimbangan tubuh Anda, lho!

Selain itu, Hatha yoga juga dapat membantu meningkatkan kebugaran tubuh Anda. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi yang diterbitkan pada International Journal of Yoga tahun 2014 bahwa Hatha yoga dapat meningkatkan ketahanan mental dan fisik seseorang.

Yin yoga

Bagi Anda yang sering pegal-pegal atau mengalami nyeri sendi, Yin yoga bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, Yin yoga dapat membantu mengurangi ketegangan pada jaringan ikat yang melapisi otot-otot tubuh. Dengan rutin melakukan Yin yoga, Anda jadi tak mudah lelah saat beraktivitas dan menurunkan risiko cedera.

Dilansir dari Livestrong, kunci sukses meraup manfaat Yin yoga adalah tetap bersikap rileks saat melakukan yoga. Oleh karena itu, manfaatkan setiap gerakan Yin yoga dengan benar-benar rileks dan tenang. Pusatkan perhatian Anda pada hal-hal yang menyenangkan sembari melakukan gerakan Yin yoga agar lebih tenang dan nyaman.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Manfaat Rutin Melakukan Yoga Bridge Pose pada Fisik dan Mental

Bridge pose menjadi salah satu pose yoga yang memiliki banyak manfaat. Ragam manfaat tersebut mulai dari kesehatan fisik hingga menjaga kesehatan mental.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Yoga & Pilates, Kebugaran, Hidup Sehat 06/05/2020 . Waktu baca 3 menit

Yoga Sebagai Salah Satu Upaya Pencegahan COVID-19

Kabar baik bagi yang suka yoga di rumah! Kabarnya, beberapa pose yoga bisa cegah COVID-19. Bagaimana ahli menjelaskan kaitan keduanya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Coronavirus, COVID-19 24/04/2020 . Waktu baca 5 menit

4 Gerakan Yoga untuk Mengatasi Emotional Hangover

Emotional hangover atau lelah secara emosional yang melanda bisa diatasi dengan pose yoga ini. Ikuti langkah-langkahnya, yuk!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Yoga & Pilates, Hidup Sehat 22/04/2020 . Waktu baca 5 menit

Panduan Olahraga untuk Pasien Kanker Tulang

Olahraga untuk Anda yang memiliki kondisi kanker tulang mungkin memang sulit, tapi bukan berarti mustahil dilakukan. Inilah panduannya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kebugaran, Hidup Sehat 25/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Serangan jantung bersepeda

Hati-hati Serangan Jantung Saat Bersepeda Terutama untuk Pemula

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 24/06/2020 . Waktu baca 4 menit
olahraga mengurangi cemas depresi

3 Jenis Olahraga yang Bantu Mengurangi Perasaan Cemas dan Depresi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit
cedera olahraga

10 Jenis Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 11/06/2020 . Waktu baca 8 menit
yoga untuk pria

Tidak Hanya Wanita, Inilah 7 Manfaat Yoga untuk Pria

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 10/06/2020 . Waktu baca 7 menit