7 Pose Yoga yang Dapat Dilakukan Bersama Pasangan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan

Yoga berarti menyatukan pikiran, tubuh, dan jiwa. Selain dilakukan secara individu, yoga juga dapat dilakukan dengan pasangan Anda. Siapa sih yang tidak suka melakukan peregangan, pernapasan, dan menggerakan tubuh Anda bersama orang kesayangan Anda? Tidak masalah siapa yang berada di posisi A atau posisi B, selama keduanya merasa baik-baik saja. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pose yoga berpasangan tersebut, mari kita lihat di bawah ini!

Berbagai pose yoga berpasangan

1. Duduk berpasangan dengan memutar spinal

http://www.shape.com/blogs/working-it-out/couples-yoga-routine-your-guy-will-actually-love
http://www.shape.com/blogs/working-it-out/couples-yoga-routine-your-guy-will-actually-love

Duduklah punggung bertemu punggung dalam posisi bersila yang nyaman. Kedua pasangan harus menempatkan tangan kanan di paha kiri pasangannya tepat di atas lutut, dan tangan kiri diletakkan di paha kanan masing-masing. Selanjutnya, koordinasikan pernapasan Anda. Pada setiap tarikan napas, regangkan tulang belakang Anda, dan pada setiap hembusan napas, putar tulang belakang Anda lebih banyak. Setelah itu, kembalilah ke posisi tengah dan ulangi pada sisi lain.

2. Backbend yang didampingi

pose yoga
http://www.shape.com/blogs/working-it-out/couples-yoga-routine-your-guy-will-actually-love

Berdirilah punggung bertemu punggung. Untuk partner A, tekuk lutut, tahan napas, kunci perut, dan mulailah bersandar ke depan. Di sisi lain, partner B bersandar kepada Anda. Kunci utama dalam melakukan gerakan ini adalah saling percaya satu sama lain. Partner A akan terus membungkuk ke depan hingga partner B terangkat dari tanah. Bernapaslah di sini, dan Anda boleh bergerak dengan cara apapun yang dirasa baik. Kembalilah perlahan dan ulangi dengan beralih posisi.

Tekuklah lutut, karena ini sangat penting untuk partner yang berada di bawah untuk keseimbangan. Beban harus ditopang oleh kaki, bukan punggung. Jika Anda tidak merasa baik, maka lewatilah gerakan itu, biar pasangan Anda yang berada di dasar.

3. Plank di atas plank

pose yoga
http://www.yogajournal.com/slideshow/acroyoga-101-classic-sequence-beginners/

Untuk parner A, ambil posisi plank dengan tangan selebar bahu, lengan lurus dan vertikal, serta kunci perut. Lalu, partner B menghadap kaki partner A, lalu letakkan tangan pada kakinya. Tekan ke bawah dengan lengan lurus, setelah itu angkat kaki yang paling dekat dengan bahu pasangan Anda, dan letakkan kaki di sisi bahu yang paling jauh. Buat jari-jari kaki Anda membentuk point dan tekan. Gunakan otot-otot kaki dan otot perut, selanjutnya letakkan kaki kedua Anda di sisi bahu yang paling dekat. Untuk menjaga keseimbangan, letakkan bahu Anda di atas tumpuan pergelangan kaki pasangan Anda.

4. Pasangan penari

pose yoga
http://www.shape.com/blogs/working-it-out/couples-yoga-routine-your-guy-will-actually-love

Berdirilah saling berhadapan, lalu pegang tangan kanan masing-masing. Kedua pasangan lalu memfokuskan berat badan ke kaki kanan. Tekuk lutut kiri Anda, ambil bagian dalam betis kiri atau pergelangan kaki dengan tangan kiri. Tekan tulang kering dengan lembut ke tangan kiri. Angkat tangan kanan ke atas untuk mencapai keseimbangan pose penari ini. Setelah itu turunkan kaki kembali ke posisi semula, lalu ulangi pada sisi berlawanan dengan tangan kiri yang saling berpegangan.

5. Posisi mencium lutut berpasangan

pose yoga
http://www.wellandgood.com/good-sweat/10-partner-yoga-poses-strengthen-relationship/

Pose yoga ini dimulai dengan posisi duduk, punggung bertemu punggung. Partner A memanjangkan kakinya ke depan dan mulai mencium lutut. Jika tidak bisa, Anda dapat menekuk lutut sedikit atau menempatkan handuk di bawah lutut untuk dukungan. Partner B menempatkan kedua kaki menekan lantai dengan posisi menekuk dan perlahan lahan menekan mundur, sehingga menjadi backbend lembut. Setelah itu, lakukanlah bergantian. Formasi ini dapat meregangkan punggung dan dada.

6. Kursi berpasangan

pose yoga
http://www.wellandgood.com/good-sweat/10-partner-yoga-poses-strengthen-relationship/

Berdirilah punggung ke punggung sembari merilekskan lengan di samping kanan kiri Anda. Tekan dengan kuat pada satu sama lain untuk menjaga keseimbangan saat Anda pertama kali maju selebar pinggul, dan kemudian menjauh dari pasangan Anda. Perlahan-lahan, turunkan badan Anda seolah-olah sedang duduk di kursi. Setelah mencapai sudut 90 derajat di lutut Anda, tahan posisi hingga 3-5 napas stabil. Dorong satu sama lain untuk bangkit kembali. Pose yoga ini memperkuat tubuh dan pikiran, sekaligus menciptakan sensasi kepercayaan yang lebih dalam antara satu sama lain.

BACA JUGA:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca