Benarkah Yoga Bikin Bahagia? Simak Penjelasannya

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 03/12/2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tiap orang berhak untuk bahagia. Sayangnya, bahagia masa kini tidak terjadi begitu saja, malah kadang harus diciptakan sendiri. Salah satu caranya mencapai kebahagian adalah dengan berlatih yoga. Benarkah yoga bisa bikin bahagia? Simak fakta-faktanya, bagaimana yoga bisa bikin bahagia di bawah ini.

Benarkah latihan yoga bisa bikin bahagia?

Bahagia yang dirasakan oleh tubuh nyatanya dihasilkan oleh reaksi kimia. Nah, berlatih yoga ini mendukung kebaikan dan kesehatan yang menimbulkan perasaan damai bagi yang melakukannnya. Latihan yoga, pada dasarnya menggabungkan postur latihan fisik, pernapasan dalam, dan fokus mental Anda.

Dengan latihan yoga, Anda belajar untuk menyatukan napas dengan gerakan, dan tubuh dengan pikiran. Gerakan dan isinya juga dapat dianggap sebagai cara untuk kembali menghubungkan esensi sejati kedamaian tubuh manusia dan diri Anda sendiri. Ini merupakan salah satu cara bagi Anda untuk mengingat kondisi alami tubuh serta kesehatannya itu sendiri.

Sejatinya, yoga menggunakan pernapasan dan perasaan. Melalui pernapasan dan perasaan, Anda dapat belajar mengendalikan reaksi diri terhadap orang-orang dan kejadian di sekitar Anda.

Latihan yoga bisa mengurangi stres perlahan

Stres dimulai berawal dari kejadian yang terjadi dan manusia di sekitar Anda, lalu reaksi dan tanggapan Andalah yang akan memengaruhi munculnya stres tersebut. Lalu apa hubungannya latihan yoga dengan stres?

Nah, seperti yang dijelaskan di atas, yoga melakukan pendekatan dari berbagai gerakan yang dari segi tingkatan fisik dan psikologisnya menurunkan tingkat stres pada tubuh. Berikut beberapa contoh keuntungan latihan yoga bisa bikin bahagia:

  • Dengan berlatih yoga, Anda belajar untuk mendengarkan tubuh Anda dan menghormati jiwa serta raga yang dimiliki, yang secara otomatis akan lebih bersyukur dan bahagia.
  • Ketika Anda berlatih yoga, Anda meningkatkan hormon seratonin, oksitosin, dan kadar GABA pada tubuh. Semua hormon tersebut adalah reaksi kimia yang bertanggung jawab membuat tubuh dan pikiran Anda bahagia.
  • Berlatih yoga, dapat mengurangi tekanan darah, kortisol dalam tubuh, serta hormon stres.
  • Saat fokus bagian pernapasan, latihan yoga ini dapat mendorong emosi positif yang keluar dari dalam tubuh. Hal ini merupakan salah satu teknik penghilang stres yang ampuh dari latihan yoga.
  • Gerakan yang menggabungkan konsentrasi dan pernapasan pada latihan yoga dapat mengurangi rasa cemas pada hal-hal yang Anda takuti.

Manfaat apa lagi yang bisa Anda peroleh dari yoga?

1. Mengajarkan Anda untuk memilih hal yang Anda suka

Hampir setiap orang dalam survei yang pernah dilakukan, setuju bahwa yoga membuat perasaan menjadi sedikit lebih bahagia. Masuk akal, jika orang yang berlatih yoga akan dengan senang hati saat melakukannya. Jadi filosofi yoga yang satu ini akan membawa efek kepada kehidupan dan hal lain yang Anda jalani, dan Andapun akan terbawa melakukannya dengan senang hati.

2. Memperkuat hubungan Anda dengan diri sendiri dan lingkungan sekitar

Apa ada, hubungan dekat sedekat hubungan Anda dengan jiwa raga yang Anda miliki sendiri? Di sini, yoga mengajarkan penerimaan terhadap diri Anda sendiri, tanpa menghakimi, tanpa syarat mencintai, untuk tubuh dan pikiran Anda. Setelah Anda berhasil mencintai diri sendiri, Anda akan mudah mengembangkan hubungan dekat lainnya dengan orang sekitar, setidaknya. Selain itu, kelas yoga adalah tempat yang baik untuk bersosialisasi dan membangun persahabatan baru.

3. Yoga pastinya membuat Anda sehat dan bugar

Selain bisa bikin bahagia,  manfaat yoga pada tubuh juga berlimpah. Gerakan dan pose latihan fisik pada yoga dapat mengencangkan otot-otot Anda, meningkatkan kelenturan tubuh, dan meningkatkan sistem peredaran darah serta pencernaan. Seperti yang diketahui, semua itu baik untuk tubuh Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Momen anak disunat menjadi salah satu hal penting, khususnya di Indonesia. Tapi, dari sisi medis, kapan waktu yang tepat untuk melakukan sunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Olahraga di Luar Rumah Saat Pandemi? Perhatikan Hal-hal Ini

Olahraga yang dilakukan di luar rumah bisa bermanfaat bagi kebugaran dan kesehatan mental. Tapi apakah aman olahraga di luar rumah saat pandemi COVID-19?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 30/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kode wadah plastik pada makanan atau minuman

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit