4 Tips Agar Tetap Sehat Setelah Liburan Usai

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Tidak sedikit orang yang malah jadi sakit setelah liburan; entah karena kecapekan traveling atau karena teledor menjaga kesehatan di waktu senggang. Jika Anda tidak ingin jatuh sakit sewaktu nanti kembali sekolah atau kerja setelah liburan, berikut tipsnya

Tips tetap sehat bugar setelah liburan

1. Tetap banyak bergerak selama berlibur

Liburan memang identik dengan tendensi mager, leyeh-leyeh sambil nonton TV, atau tidur siang seharian. Namun jika ingin tetap sehat selama dan setelah liburan, jangan mudah tergoda untuk rebahan setiap hari. 

Coba untuk tidak duduk atau tiduran terlalu lama. Anda  bisa mencoba bangun selama 30 menit atau 45 menit sekali. Bangun untuk ambil air minum, jajan ke warung, atau sekadar mengelilingi rumah.

Apabila mungkin, cobalah per 60 menit untuk melakukan gerakan pemanasan ringan di rumah. Ini bertujuan untuk melatih otot tubuh agar tidak terlalu kaku selama liburan.

Liburan yang diisi dengan acara bersih-bersih kamar atau bahkan rumah juga dianjurkan. Bergerak banyak dan aktif dapat membakar kalori dan mengurangi risiko diabetes dan faktor risiko penyakit jantung lainnya.

2. Sempatkan berolahraga

Saat liburan panjang biasanya Anda jadi mengubah jadwal rutinitas sehari-hari. Dari yang tadinya dalam seminggu punya jadwal 2 hari olahraga, sekarang jadi full dipersiapkan untuk liburan.

Sayangnya, hal ini malah bisa bikin badan jadi pegal-pegal dan berakhir kurang fit setelah liburan nanti. Tips untuk tetap sehat selama dan setelah liburan adalah dengan tetap menyempatkan berolahraga.

Anda bisa mengakali dengan menyempatkan jogging di pagi hari misalnya. Jadi, aktivitas liburan seperti acara yang heboh atau sekedar pesta di siang sampai malam harinya bisa berjalan sesuai jadwal. 

Apabila Anda menginap di hotel saat liburan, coba intip juga ruangan gym nya. Umumnya hotel punya beberapa peralatan gym, meskipun tidak lengkap, namun dapat Anda pergunakan semaksimal mungkin untuk melatih gerak tubuh. 

3. Jangan kalap makan

Banyak orang mengistimewakan momen liburan untuk bisa makan sepuasnya. Akan tetapi, hal ini salah apabila dilakukan. Tips agar tetap sehat bugar setelah liburan nanti adalah tetap memperhatikan makanan yang Anda makan. 

Batasi makanan berlemak dan berkalori tinggi. Imbangi dengan makan sayur dan buah. Apabila sarapan di hotel, pastikan Anda pilih menu salad atau menu lainnya yang punya kalori rendah. 

Pada makan siangnya Anda bisa makan yang sedikit berat, sedikit berlemak, dan juga lezat. Nah, pada menu makan malamnya, Anda bisa imbangi menu sehat dan menu favorit Anda, yang mungkin agak sedikit berlemak atau berkalori tinggi. 

Secara tidak langsung ini bisa melacak dan membatasi asupan makanan Anda selama liburan. Setelah liburan kenaikan berat badan Anda juga jadi tidak drastis, alias masih terkontrol.

4. Jangan sampai dehidrasi

Meskipun liburan, Anda tetap harus banyak mengonsumsi cairan. Misalnya liburan ke pantai dengan cuaca terik dan panas atau liburan ke gunung, pastikan Anda selalu minum air mineral yang cukup. Ini adalah salah satu tips tetap sehat sekaligus mencegah dehidrasi saat dan setelah liburan nanti berakhir. 

Saat dehidrasi otak kadang-kadang jadi bingung untuk menentukan apakan tubuh haus atau lapar. Nah, untuk mengatasi tidak malas minum dan jadi makan berlebih, tenggak segelas air minum sebelum makan. Ini juga dapat menjadi cara membantu mengurangi jumlah makanan yang Anda konsumsi.  

Agar tetap sehat tanpa dehidrasi setelah liburan, pastikan Anda minum air mineral sebanyak enam hingga delapan gelas air per hari.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 5, 2020 | Terakhir Diedit: November 27, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca