4 Jenis Olahraga yang Cocok Buat Orang Introvert

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Buat orang yang punya tipe kepribadian introvert, ikut kelas zumba dengan begitu banyak orang atau main futsal ramai-ramai mungkin bikin Anda merasa kurang nyaman. Olahraga jadi terasa lebih melelahkan bila harus berbasa-basi dan berinteraksi dengan banyak orang sekaligus. Jangan biarkan hal ini memadamkan niat Anda berolahraga. Ada banyak pilihan jenis olahraga untuk introvert yang paling sesuai dengan kepribadian Anda. Intip di sini, yuk!

Apakah saya seorang introvert?

Sebelum Anda melakukan olahraga untuk introvert, mungkin Anda harus memastikan apakah Anda benar-benar si introvert atau bukan.

Ya, jika memang Anda introvert, maka Anda akan cenderung pendiam. Meski sebenarnya Anda bukan orang yang punya sifat pemalu, tapi Anda tetap memilih untuk sedikit berbicara. Hal ini disebabkan karena pada orang introvert, mereka akan berpikir dan mengolah informasi dulu sebelum berbicara.

Selain itu, orang yang punya kepribadian ini memang lebih sering menggunakan bagian otak lobus frontalis. Bagian otak ini berfungsi dalam mengolah, menyimpan, hingga menghasilkan sebuah informasi baru. 

Si introvert juga akan lebih memilih untuk berkomunikasi dalam lingkaran yang kecil daripada yang besar. Komunikasi seperti ini justru dianggap lebih bermanfaat dan bisa membicarakan hal yang dalam. 

Jadi, bukan berarti introvert itu orang-orang pemalu, ya. Hanya saja pembawaan komunikasinya yang berbeda.

Jenis olahraga untuk introvert

Tidak ada yang salah jika Anda memiliki kepribadian introvert. Yang salah adalah jika Anda malas olahraga. Kesehatan Anda yang justru dirugikan.

Jangan khawatir Anda harus terpaksa berbasa-basi dengan banyak orang. Ada beberapa jenis olahraga untuk introvert. Dilansir dari situs kebugaran Fitness Magazine, ini dia beberapa pilihannya.

1. Berenang

Bagi orang dengan kepribadian introvert, berenang bisa menjadi ajang “mengekspresikan kebebasan” Anda. Masalahnya, berada di dalam air memberikan sensasi kesunyian dan ketenangan, bebas dari suara-suara atau gangguan dari orang lain.

Berenang adalah kesempatan yang baik untuk memusatkan diri dengan pikiran Anda sendiri, sembari melakukan gerakan-gerakan berulang yang menenangkan.

Jangan lupa untuk menggunakan peralatan renang yang lengkap, seperti baju renang, kacamata, hingga penyumbat telinga. Jadi, waktu olahraga Anda akan terasa lebih nyaman.

2. Latihan interval

Latihan interval intensitas tinggi (high-intensity interval training, HIIT) adalah jenis olahraga yang sedang digemari dalam beberapa waktu belakangan ini. Alasan banyak orang yang suka melakukan olahraga ini adalah karena olahraga jenis ini bisa bakar kalori dengan cepat dan tak membutuhkan waktu yang lama.

Jadi, Anda melakukan olahraga dengan intensitas tinggi namun dalam waktu yang sebentar saja. Hal yang membuat olahraga ini cocok bagi Anda yang introvert adalah bisa dilakukan sendirian, tak perlu teman.

Latihan ini biasanya mengandalkan repetisi atau pengulangan gerakan dalam durasi waktu tertentu. Hal ini yang membuat HIIT menjadi olahraga kardio yang ampuh dalam menurunkan berat badan.

Manfaat Pilates memperbaiki Postur Tubuh

3. Pilates

Sudah pernah coba pilates? Jika Anda memiliki kepribadian introvert, mungkin Anda akan menyukainya. Olahraga yang fokus melatih otot perut ini, bisa dilakukan di mana saja dan tak perlu bantuan orang lain. Jika Anda baru mau memulai olahraga rutin, pilates bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, olahraga jenis ini akan melatih ketahanan dan kekuatan otot serta kelenturan tubuh. 

Jadi, Anda tidak akan langsung ngos-ngosan saat melakukan pilates. Perasaan rileks setelah melakukan olahraga ini paling disukai oleh para mereka yang memiliki kepribadian introvert.

4. Yoga

Tak berbeda jauh dengan pilates, Anda bisa menemukan kenyamanan dan kedamaian dengan melakukan yoga. Hampir semua gerakan yoga akan membuat otot-otot tubuh Anda lebih lentur.

Tujuan utama dari yoga adalah Anda dapat mengendalikan dan mengatur napas dengan baik, sehingga mudah untuk rileks. Dengan tubuh rileks, maka ketenangan batin akan mudah didapat.

Maka itu, yoga adalah olahraga untuk introvert yang cocok karena merupakan aktivitas yang cenderung tenang dan sepi.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca