Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan 4 Langkah

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10/01/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Cara mengecilkan perut buncit memang tidak ada yang instan. Perut buncit tidak akan bisa dihilangkan hanya dengan suplemen diet ajaib atau pakaian khusus yang Anda pakai saat menonton televisi. Satu-satunya cara yang sangat berguna untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan berolahraga dan meningkatkan kebiasaan diet Anda. Tapi, diet dan olahraga seperti apa yang paling baik untuk perut buncit? Lihat informasi selengkapnya di bawah ini.

Cara mengecilkan perut buncit

1. Mengontrol porsi makan

Sebenarnya mengecilkan perut buncit itu lebih mudah dibandingkan dengan menghilangkan lemak di daerah sekitar pinggul dan pantat, menurut Harvard School of Public-Health. Mengontrol porsi makanan yang Anda makan sangat baik untuk memulai program diet Anda. Gunakan label informasi nilai gizi untuk membantu Anda menentukan makanan dan porsi yang tepat dengan menggunakan gelas ukur atau sendok.

Beberapa makanan tidak memiliki label informasi nilai gizi, seperti daging. Ukuran porsi daging yang normal adalah 85 gram atau sebesar tumpukan kartu. Anda dapat menyimpan banyak kalori dengan memakan porsi yang sesuai. Misalnya, porsi sehat pasta adalah 1 cangkir, yang mengandung 265 kalori. Beberapa restoran mungkin memasak sebanyak 4 cangkir pasta untuk satu porsi, yang berarti lebih dari 900 kalori.

2. Memilih makanan yang membantu mengecilkan perut buncit

Makanan yang Anda pilih sama pentingnya dengan porsi makan. Oleh karena ini, salah satu cara mengecilkan perut yang paling penting adalah mengisi piring Anda dengan karbohidrat yang lebih kompleks, seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran, serta protein tanpa lemak, seperti ikan, unggas, kacang-kacangan, kedelai, dan susu rendah lemak. Mengisi makanan dengan makanan sehat juga dapat membantu mengurangi asupan kalori Anda.

Cara Anda memasak makanan juga penting untuk meminimalisir kalori. Alih-alih menggoreng, Anda dapat mengukus, membakar, merebus, atau memanggang makanan Anda. Misalnya, mengganti sepiring kentang goreng menjadi kentang panggang dapat menghemat sebanyak 45 kalori. Mengonsumsi makanan kaya akan serat larut dapat membantu Anda juga. Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Obesity menemukan bahwa peningkatan asupan serat larut dapat menurunkan jumlah lemak perut. Para peneliti menganjurkan untuk makan 10 gram serat larut per hari, yang berarti Anda harus memakan kacang-kacangan, oatmeal, jeruk, dan biji rami.

3. Memilih minuman yang membantu mengecilkan perut

Pilihan minuman Anda juga dapat berkontribusi untuk membuat perut makin buncit. Minuman seperti soda, jus buah, teh manis, dan alkohol merupakan sumber kalori yang terkonsentrasi. Sebaliknya, minumlah minuman yang bebas gula. Mengganti segelas teh manis dengan segelas teh tawar dapat menghemat lebih dari 100 kalori.

Jika Anda bukan penggemar air putih, buatlah air kesehatan Anda sendiri dengan menambahkan irisan mentimun dan daun mint, atau irisan jeruk, lemon, dan jeruk nipis untuk gelas Anda.

4. Memilih olahraga yang tepat

Olahraga terbaik yang dapat Anda lakukan sebagai cara mengecilkan perut buncit adalah dengan menggabungkan latihan kardio dan angkat beban. Olahraga kardio dapat membantu Anda membakar kalori, sedangkan latihan angkat beban dapat membantu Anda membangun otot yang kemudian akan membakar lemak. Olahraga kardio dan angkat beban harus bekerja sama untuk mendapatkan latihan yang maksimal untuk kebugaran tubuh.

Beberapa jenis olahraga yang dirancang khusus untuk mengencangkan perut Anda adalah pilates, sit-up, berenang, berjalan kaki, dan latihan kardio umum merupakan cara yang baik untuk mengecilkan perut buncit. Jangan lupa untuk menahan perut sepanjang latihan.

Bagaimana jika saya tidak suka berolahraga?

Anda harus berolahraga untuk menyingkirkan perut yang buncit. Anda dapat menghindari beberapa pemicu yang menyebabkan perut buncit, tetapi hanya ada satu cara untuk benar-benar mengecilkan perut buncit tanpa olahraga, yaitu dengan sedot lemak. Sedot lemak (liposuction) adalah cara menghilangkan lemak dengan menyedotnya dari daerah perut Anda.

Tergantung pada berapa banyak lemak yang Anda miliki, sedot lemak dapat membuat Anda memiliki sejumlah kulit kendur yang berlebihan. Oleh karena itu, satu-satunya cara yang paling aman untuk mengecilkan perut buncit adalah mengatur makanan Anda diiringi olahraga secara teratur.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Yang Perlu Anda Tahu Seputar Pangan Rekayasa Genetika

Sudah saatnya kita meluruskan isu-isu seputar pangan rekayasa genetika (PRG) atau genetically modified foods yang penuh kontroversi ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit

3 Resep Dessert Vegan yang Mudah dan Lezat

Kata siapa seorang vegan tak bisa menikmati berbagai pencuci mulut yang menggugah selera? Tiga dessert vegan yang mudah dibuat ini nikmatnya berani diadu!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Dua Resep Sorbet, Camilan Segar Sehat yang Mudah Dibuat

Doyan camilan dingin yang manis, tapi takut gemuk kalau keseringan makan es krim? Sudahkah Anda mencoba sorbet? Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, lho!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit

7 Mitos yang Salah Tentang Membentuk Otot

Sudah olahraga mati-matian tapi otot tak juga terbentuk? Mungkin karena Anda mengikuti aturan membentuk otot yang hanya mitos belaka.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Kebugaran, Hidup Sehat 12/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

diet eliminasi

Mengenal Diet Eliminasi (Elimination Diet) untuk Tahu Intoleransi Makanan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 05/07/2020 . Waktu baca 5 menit
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit
tidak cepat lapar

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . Waktu baca 5 menit
frozen yogurt vs es krim sehat mana

Frozen Yogurt Versus Es Krim, Lebih Sehat Mana?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 17/06/2020 . Waktu baca 5 menit