6 Gerakan untuk Mengecilkan Lingkar Pinggang Dengan cepat

Oleh

Seluruh orang pasti ingin memiliki bentuk tubuh yang bagus dan berat badan yang ideal, tidak hanya kaum perempuan yang sering memperhatikan bentuk tubuh bahkan laki-laki pun melakukannya. Salah satunya adalah dengan mempunyai ukuran pinggang yang ideal dan kecil. Hal ini tidak hanya membuat Anda senang dan semakin percaya diri, tetapi mempunyai ukuran pinggang yang ideal dan normal juga baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Bagaimana cara tercepat dan paling efektif untuk mengecilkan lingkar pinggang?

BACA JUGA: 4 Kunci Utama untuk Mengecilkan Perut Buncit

Ukuran lingkar pinggang juga memengaruhi kesehatan

Berapa besar ukuran pinggang Anda adalah salah satu tolak ukur yang menentukan apakah Anda mengalami kelebihan berat badan atau tidak, dan atau apakah Anda mempunyai kadar lemak darah yang tinggi atau tidak. Ukuran lingkar pinggang yang normal adalah maksimal 101 untuk pria dan maksimal 89 bagi perempuan. Jika Anda memiliki lingkar pinggang yang lebih dari angka tersebut maka Anda mempunyai lingkar pinggang yang besar. Hal ini dapat diperkirakan besar pinggang tersebut diakibatkan oleh penumpukan lemak subkutan dan lemak viseral yang terjadi.  

Hampir semua dari total lemak yang ada di tubuh Anda, atau sekitar 90%, adalah berupa lemak subkutan, yaitu lemak yang berada di bawah kulit. Sedangkan lemak viseral hanya sekitar 10% dan ditemukan pada bagian dalam tubuh yaitu berada di antara organ-organ. Memiliki lemak viseral lebih berbahaya dibandingkan dengan lemak subkutan serta dapat menyebabkan berbagai penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung, diabetes melitus, dan serangan jantung.

Lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan lingkar pinggang Anda? Berikut adalah olahraga yang paling efektif untuk mengurangi sebesar 20 cm ukuran lingkar pinggang Anda dalam waktu 6 minggu.

BACA JUGA: 6 Jenis Obesitas: Yang Manakah Anda?

Gerakan untuk mengecilkan lingkar pinggang

1. Bicycle crunches

Gerakan bicycle crunches adalah gerakan kombinasi antara sit-up dengan gerakan seperti mengayuh sepeda. Jadi, Anda bisa memulai gerakan ini dengan berbaring di atas matras dan bersiap seperti sedang ingin melakukan sit-up seperti biasanya. Lalu, lipat tangan dan taruh di belakang kepala. Kemudian tekuk lutut dan gerakkan kaki Anda seperti sedang mengayuh sepeda. Lakukan hal tersebut sekitar 20 hingga 30 kali pengulangan.

2. Waist crunches

Sit-up adalah gerakan yang akan membuat otot perut bekerja. Kombinasi sit-up dengan beberapa gerakan lainnya akan memaksimalkan kerja otot-otot perut dan menyebabkan lingkar pinggang bisa berkurang. Anda bisa mulai dengan cara berbaring seperti sedang ingin melakukan sit-up biasa dengan kedua tangan di belakang kepala, salah satu kaki lurus berada di lantai dan salah satu kaki lainnya menekuk di atas kaki yang lurus tersebut. Kemudian lakukan sit-up dengan 20 hingga 30 kali pengulangan. Jangan lupa untuk mengganti posisi kaki.

BACA JUGA: Obesitas Mengurangi Kesuburan Wanita

3. Squat

Gerakan ini dimulai dengan posisi berdiri dengan melebarkan sedikit kaki Anda menjadi selebar pinggul. Kemudian angkat beban sekitar 1 kg dan bagi beban tersebut agar diangkat pada kedua sisi lengan. Setelah itu tekuk lutut, rendahkan pinggul Anda seolah-olah Anda akan duduk pada kursi – walaupun kursinya hanya bayangan semata. Lalu, pandangan serta kedua lengan yang membawa beban lurus ke depan. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik dan ulangi gerakan ini hingga sekitar 20 kali.

4. Legs lift

Mulailah dengan posisi menungging, bertumpu pada bagian kaki dan tangan. Tangan kiri memegang beban seberat 1 kg, lalu angkat kaki kanan seperti gerakan menendang keluar. Kemudian angkat tangan kiri arah luar bagian badan seiring dengan mengangkat kaki. Tahan untuk beberapa saat, lakukan hal tersebut sekitar 20 kali dan tukar beban dan gerakan agar dilakukan oleh bagian kaki dan tangan yang satunya.

BACA JUGA: Kenapa Perut Buncit Lebih Berbahaya dari Obesitas Biasa

5. Lunges

Berdiri di atas kaki yang agak dilebarkan sedikit, kemudian letakkan kaki kiri di depan kaki kanan. Angkat beban sekitar 1 kg pada masing-masing tangan. Kemudian tekuk salah satu kaki ke arah belakang melebihi pergelangan kaki Anda. Lalu, secara bersamaan angkat kedua lengan Anda yang mengangkat beban tersebut ke depan dada membentuk siku 90 derajat. Tahan beberapa saat dan kembali ke posisi awal. Lakukan hal tersebut sekitar 20 kali pengulangan dengan menggerakkan kaki secara bergantian.

Selain itu, berbagai olahraga yang bisa dilakukan untuk mengecilkan ukuran pinggang adalah dengan berenang, bersepeda, dan berlari. Anda setidaknya harus menghabiskan waktu paling sedikit sekitar 20 menit untuk membakar lemak pada pinggang Anda.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca