Mual setelah olahraga menjadi kondisi yang banyak dialami oleh sebagian orang. Kondisi ini dipicu oleh banyak hal dari mulai berolahraga dengan perut kosong hingga jenis latihan yang terlalu berat. Untuk mencegah hal ini terjadi pada Anda, yuk praktikkan beberapa hal penting berikut ini.

Cara mencegah mual setelah olahraga

1. Lakukan pemanasan dan pendinginan

gerakan pemanasan

Olahraga yang dimulai dan diakhiri dengan tiba-tiba bisa merangsang mual setelahnya. Pasalnya, sama seperti otot dan persendian, organ tubuh bisa merasa tersentak saat tiba-tiba mulai atau berhenti. Anda harus melakukannya secara perlahan agar tubuh bisa beradaptasi dengan baik.

Oleh karena itu, Anda tak boleh melewatkan pemanasan dan pendinginan  sebelum maupun sesudah latihan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meregangkan otot dan meredakan denyut jantung serta mencegah mual setelah olahraga.

2. Berolahraga di cuaca yang tak terlalu panas

dampak pemanasan global

Tempat dan cuaca yang terlalu panas bisa membuat Anda lebih mudah lelah bahkan mengalami heat stroke. Selain itu, berolahraga di cuaca dengan panas ekstrem juga membuat Anda rentan mengalami dehidrasi parah yang membuat tekanan darah menurun drastis.

Berbagai hal ini memicu efek samping yang sama-sama tak mengenakkan yaitu mual setelah olahraga. Oleh sebab itu, hindari berolahraga di siang saat matahari sedang terik-teriknya. Akan jauh lebih baik jika Anda berolahraga di pagi atau sore hari.

3. Makan sebelum berolahraga

makanan sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi sebelum olahraga

Berolahraga dengan perut kosong bisa dipastikan dapat membuat Anda mengalami mual setelah olahraga. Hal ini disebabkan karena kadar gula darah di dalam tubuh terlalu rendah akibat tidak ada perbekalan energi yang dipasok. Untuk mencegahnya, Anda bisa makan camilan sehat 30 menit sebelum berolahraga seperti biskuit atau pisang.

Selain camilan, Anda juga bisa makan makanan berat yang mengenyangkan seperti nasi. Namun, pastikan untuk memakannya dua jam sebelum berolahraga apalagi jika Anda makan makanan yang tinggi lemak dan protein.

Dikutip dari Healthline, kedua jenis makanan ini membutuhkan waktu dua kali lebih lama untuk dicerna. Oleh karena itu, berikan sistem pencernaan Anda waktu menyelesaikan agar rasa mual setelah olahraga tak dirasakan.

4. Berolahraga sesuai porsinya

setelah operasi kanker serviks

Jangan pernah memaksakan diri saat berolahraga. Berhentilah ketika Anda merasa tak sanggup. Pasalnya, olahraga yang terlalu keras bisa memicu rasa mual dan masalah lainnya setelah olahraga. Oleh karena itu, jangan karena ingin terlihat hebat lalu Anda memaksakan diri untuk melakukan latihan yang ternyata tak sanggup untuk dijalani.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca