Segudang Manfaat yang Ditawarkan Dari Bermain Golf yang Sayang Dilewatkan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 17/04/2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Siapa bilang bermain golf hanya menawarkan kesenangan ketika memukul bola dan masuk ke lubang yang tepat? Faktanya, ada banyak manfaat yang ditawarkan oleh golf, baik bagi kesehatan fisik maupun mental Anda. 

Manfaat bermain golf bagi kesehatan

Golf merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di seluruh dunia dengan mengandalkan lapangan outdoor yang besar dan memukul bola ke dalam lubang. Walaupun terdengar mudah, ternyata bermain golf menawarkan tantangan yang membutuhkan kesabaran dan teknik memukul yang baik. 

Selain itu, olahraga ini juga dapat dimainkan dan diminati oleh segala kelompok usia, tetapi ada beberapa orang yang tidak diperbolehkan bermain golf. Lantas, apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari berolahraga golf?

1. Menjaga kesehatan jantung

fungsi otot jantung

Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari bermain golf adalah menjaga kesehatan jantung. Normalnya, pemain golf membutuhkan lima hingga tujuh kilometer ketika berjalan untuk satu kali permainan. 

Apabila Anda bermain golf untuk 18 lubang sebanyak tiga sampai lima kali seminggu, hal tersebut dapat membantu melatih ketahanan jantung. 

Manfaat bermain golf untuk kesehatan jantung sebenarnya telah dibuktikan melalui penelitian dari American Heart Association

Di dalam penelitian tersebut para ahli menggunakan data dari Cardiovascular Health Study yang telah dimulai sejak 1989. Awalnya, para peserta menjalani pemeriksaan setiap tahun dan mengunjungi klinik setiap enam bulan selama 10 tahun. 

kesehatan jantung

Pada saat kunjungan berakhir, mereka akan dihubungi lewat telepon untuk bertanya tentang serangan jantung dan stroke. Hasilnya, diantara 5.900 peserta yang rata-rata berusia 72 tahun, peneliti menemukan 384 diantaranya adalah pemain golf. 

Para pemain golf ini dinilai memiliki tingkat kematian 15.1% dibandingkan mereka yang tidak bermain golf. 

Kondisi ini mungkin terjadi karena ketika berjalan, membawa tas, dan mengayunkan stik golf dapat meningkatkan detak jantung dan aliran darah. Maka itu, risiko stroke dan diabetes pun ikut berkurang. 

Walaupun demikian, tingkat serangan jantung dan stroke di antara kedua kelompok tersebut tidak jauh berbeda. Maka itu, memperoleh keuntungan dari golf dapat dimaksimalkan dengan menjalani pola hidup sehat. 

2. Merangsang perkembangan otak

gangguan otak dan sistem saraf

Selain menjaga kesehatan jantung, manfaat bermain golf lainnya adalah membantu merangsang perkembangan otak

Begini, permainan golf membuat Anda mau tak mau harus berjalan dari satu lapangan ke lapangan lainnya. Sedangkan, rutin berjalan telah dibuktikan dapat membantu memperkuat daya ingat otak. 

Menurut Clive Ballard, direktur penelitian di Alzheimer’s Society kepada EIGCA, tetap aktif secara fisik merupakan metode yang efektif untuk menjaga kesehatan jantung dan otak. Entah itu jogging atau berjalan di lapangan golf. 

Dengan begitu, tubuh dapat memastikan otak mempunyai pasokan darah yang cukup dan kuat, sehingga fungsinya akan menjadi lebih baik saat ini dan di masa mendatang. 

3. Membantu menurunkan berat badan

berat badan naik menopause

Siapa sangka manfaat yang bisa Anda peroleh dari olahraga golf ternyata mampu membantu menurunkan berat badan?

Bermain golf ternyata dapat membakar kalori dengan berjalan di lapangan dan mengayunkan stik golf. Terlebih lagi, jika Anda memilih untuk membawa tas sendiri dan tidak mengandalkan orang lain atau fasilitas mobil untuk mengangkut barang bawaan. 

Walaupun demikian, sama seperti olahraga pada umumnya, ketika tidak dilengkapi dengan siasat menurunkan berat badan lainnya, akan sulit untuk mendapatkan keinginan Anda. 

Oleh karena itu, diperlukan pola makan dan hidup sehat agar manfaat dari golf untuk kesehatan dapat diperoleh secara maksimal. 

4. Olahraga golf mengelola stres

bermain olahraga golf

Tahukah Anda ternyata bermain golf memiliki manfaat untuk mengelola stres yang mungkin dihadapi saat di kantor atau di rumah? 

Baik berjalan dan golf memang menawarkan manfaat yang sama, yaitu menjaga kesehatan jantung. Namun, berjalan di taman setiap pagi tidak menghadirkan perasaan kompetitif karena Anda merasa tidak perlu memenangkan hal tersebut. 

Sementara itu, permainan golf menawarkan hal tersebut yang dapat meningkatkan kesenangan ketika berhasil memperoleh target. 

Dengan bermain golf pun Anda dapat tetap berhubungan dengan teman dan memberikan kesempatan untuk bertemu orang baru. Terlebih lagi, siapa yang tidak senang melakukan aktivitas fisik di lingkungan hijau, terbuka, dan alami sambil menghirup udara segar?

5. Meningkatkan kualitas tidur

tidur nyenyak saat kedinginan

Sering terbangun di pagi hari dengan mata mengantuk padahal sudah tidur tidak larut malam? Artinya bisa saja kualitas tidur Anda kurang. Agar tidur Anda tetap nyenyak di malam hari, cobalah untuk bermain golf untuk mendapat manfaat dari olahraga ini. 

Seperti yang Anda ketahui, rutin berolahraga dapat meningkatkan jumlah tidur gelombang lambat alias tertidur nyenyak. Tidur gelombang lambat (non-REM) memberikan kesempatan pada otak untuk istirahat dan memulihkan diri. Olahraga seperti golf juga dapat menstabilkan suasana hati yang baik untukku transisi alami ketika Anda mulai tertidur. 

Manfaat yang diperoleh dari bermain golf untuk kesehatan memang cukup beragam. Namun, jangan lupa untuk menjalani diet sehat agar tubuh tetap mendapatkan asupan nutrisi dan vitamin ketika berolahraga.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Mengulik Serba-Serbi Diet South Beach untuk Menurunkan Berat Badan

Hampir serupa dengan diet Atkins, diet south beach menekankan pola makan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan perbanyak protein.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 05/06/2020 . Waktu baca 5 menit

10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

Apakah Anda sedang dalam program menurunkan berat badan? Adakah cara menurunkan berat badan tanpa olahraga? Cara ini menarik untuk disimak!

Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 28/05/2020 . Waktu baca 7 menit

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Nutrisi, Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 28/05/2020 . Waktu baca 14 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berat badan turun bukan berarti lemak berkurang

Berat Badan Turun, Bukan Berarti Lemak Tubuh Berkurang

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 03/08/2020 . Waktu baca 5 menit
pembagian porsi makan

Seperti Apa Porsi Makan yang Tepat Agar Diet Cepat Berhasil?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
foto orang yang merawat anggota keluarga yang terkena penyakit kronis; saat mengasuh, penting untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis

Tips Jaga Diri Saat Merawat Orang Sakit Kronis di Masa Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 13/07/2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
ilustrasi pemilik kedai kopi yang memilih merintis usaha atau bekerja sesuai passion

Bagaimana Bekerja sesuai Passion Bisa Bantu Kesehatanmu?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 5 menit