7 Kesalahan Umum Saat Main Futsal yang Harus Dihindari

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Buat pemain baru atau pemain lama, Anda tentu ingin meningkatkan performa dan skill saat bermain futsal. Nah, sebelum jadi pemain yang andal di lapangan, Anda harus bisa menguasai dasar-dasar permainan futsal terlebih dulu. Anda juga harus mahir menghindari berbagai kesalahan umum yang sering dilakukan saat main futsal. Kesalahan apa saja yang paling mungkin dilakukan seorang pemain futsal — bahkan yang sudah pro sekalipun? Ini dia daftar serta penjelasannya.  

1. Takut mengendalikan bola

Kesalahan saat main futsal yang satu ini banyak sekali dialami oleh para pemain pemula. Karena belum percaya diri, Anda mungkin takut ketika mendapat operan bola. Anda lebih memilih untuk memberikan bola ke pemain-pemain lain yang menurut Anda sudah lebih jago.

Dengan mental seperti ini, Anda akan tambah sulit mengembangkan diri dan melatih kemampuan di lapangan. Bila Anda belum cukup percaya diri, berlatihlah lebih rajin dan minta bantuan teman setim atau pelatih. Jangan malah enggan dioper bola atau mencetak gol ketika bertanding.

2. Tak mau mengoper bola

Berbeda dengan orang yang takut menerima bola, ada juga pemain yang tak mau mengoper bola yang sedang dikuasainya. Alasannya bisa macam-macam. Misalnya takut kehilangan kendali atas bola, tidak bisa mengambil keputusan dengan cepat, tapi bisa juga karena ingin jadi bintang di lapangan.

Ingat, futsal adalah permainan tim yang tidak bisa dimenangkan sendirian. Anda harus belajar lebih percaya pada anggota tim dan naluri Anda sendiri. Cobalah berlatih mengoper bola bersama anggota tim Anda untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi, berkoordinasi, dan bekerja sama.

3. Tidak pakai telapak kaki

Berbeda dengan sepak bola di lapangan yang luas, futsal mengharuskan Anda untuk bisa menguasai bola sepenuhnya. Pasalnya, peluang bola direbut lawan jauh lebih besar dan cepat di lapangan futsal.

Karena itu, gunakan telapak kaki Anda untuk mengendalikan atau bahkan menerima operan bola, terutama operan yang cukup kencang.

4. Mengerubungi orang yang sedang mendapat bola

Nah, ini dia kesalahan banyak orang lakukan saat main futsal. Ketika ada pemain yang sedang membawa bola, tiba-tiba pemain tersebut dikerumuni sehingga tak ada ruang lagi buat kedua tim untuk bergerak. Kesalahan ini justru akan merugikan Anda.

Jadi, sebaiknya kalau salah satu anggota tim Anda sedang membawa bola, cari posisi sebaik mungkin untuk membuka ruang dan menerima operan yang strategis.

Jangan sampai seluruh anggota tim Anda malah bergerak ke arahnya. Hal tersebut justru akan memancing lawan yang sedang membuntuti Anda atau anggota tim lainnya untuk mengepung rekan Anda yang sedang membawa bola.

5. Menunggu operan bola

Banyak pemain membuat kesalahan yaitu menyimpan tenaga sampai gilirannya menggiring bola atau mencetak skor. Saat main futsal, jangan malah bersantai-santai. Pasalnya, waktu dan ruang yang Anda miliki sangat terbatas, tidak seperti sepak bola.

Namun, selama Anda masih di lapangan, jangan cuma diam atau berjalan pelan menunggu operan bola dari anggota tim. Anda harus tetap aktif dan cermat mencari peluang untuk membantu rekan yang sedang mengendalikan bola. Anda bisa istirahat dan bersantai ketika sedang digantikan pemain lain.

6. Cuma mau jadi penyerang atau pemain bertahan

Di dalam futsal, sebenarnya tidak ada yang namanya penyerang, pemain bertahan (bek), sayap, atau gelandang. Keempat pemain harus menguasai setiap peran, posisi, dan kemampuan. Ini karena futsal memang lebih dinamis dan longgar dibandingkan sepak bola.

Dengan menguasai berbagai posisi dan peran, Anda akan terlibat dan berkontribusi lebih besar untuk tim. Selain itu, lawan juga akan semakin sulit untuk membaca pergerakan Anda di lapangan.

7. Main futsal dengan sepatu yang kotor

Kapan terakhir kali Anda mencuci sepatu futsal Anda? Jangan sepelekan kebersihan sepatu! Masalahnya, besar kemungkinan Anda tidak bermain di arena futsal berstandar internasional. Jadi, permukaan arenanya bisa saja sudah penuh kotoran, tanah, debu, dan sangat licin.  

Kalau Anda bermain dengan sepatu yang kotor di permukaan arena futsal seperti itu, kaki Anda tentu jadi susah untuk mencengkeram lantai atau bergerak dengan leluasa. Anda juga akan kesulitan mengendalikan bola kalau sol sepatu Anda licin atau penuh kotoran.

Maka, pastikan Anda selalu membersihkan sepatu, terutama bagian solnya, sebelum mulai bertanding. Anda juga bisa membilas sol sepatu setiap kali Anda selesai bermain.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca