8 Tips Jitu Mencegah Bau Mulut Tak Sedap

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Tak ada yang lebih memalukan daripada menerima komplain dari teman sebelah kalau Anda punya bau mulut. Padahal, Anda sumpah sudah sikat gigi tadi pagi sebelum keluar rumah. Dan ternyata benar juga, begitu Anda coba mengendus napas sendiri… Waduh! Semerbak “wangi”nya lumayan bikin teler. Jangan panik. Kami punya tips jitu untuk membantu Anda mencegah bau mulut. Baca terus di bawah ini.

Apa penyebab bau mulut?

Bau mulut bisa muncul karena beberapa alasan, di antaranya adalah :

  • Mengonsumsi makanan tertentu yang bisa bikin bau mulut. Contohnya bawang putih, yang bisa membuat napas Anda bau meskipun Anda telah menggosok gigi dan membilasnya dengan obat kumur. Selain itu, daging merah juga bisa memperburuk napas Anda, karena peluruhan sisa protein dalam daging dan keju yang Anda konsumsi bisa menimbulkan bau tak sedap.
  • Kebersihan gigi yang buruk. Jika Anda tidak menyikat dan floss setiap hari, partikel makanan tetap berada di mulut Anda sehingga menyebabkan bau mulut.
  • Mulut kering. Air liur membantu membersihkan mulut dan menghilangkan partikel yang menyebabkan bau tak sedap. Sehingga, produksi air liur yang menurun bisa menyebabkan mulut menjadi kering dan menimbulkan bau tiak sedap.
  • Penyebab lain, yaitu konsumsi obat-obatan tertentu, penyakit, dan kebiasaan merokok.

Lalu, bagaimana cara mencegah bau mulut?

Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk mencegah bau mulut dan membuat mulut Anda terasa segar dan bersih :

  • Sikat gigi secara rutin. Jarang sikat gigi bisa membuat sisa makanan menempel pada gigi Anda sehingga bisa menyebabkan plak pada gigi yang bisa menyebabkan terkumpulnya bakteri pada mulut dan menimbulkan bau mulut. Sikat gigi secara rutin, setidaknya dua kali sehari bisa mencegah timbulnya bau mulut.
  • Berkumur. Mencuci mulut bukan hanya untuk menyegarkan mulut, namun juga bisa memberikan perlindungan dari bakteri mulut. Untuk mencegah bau mulut, Anda bisa membilas mulut Anda setiap hari dengan obat kumur.
  • Menggosok lidah. Lapisan pada lidah bisa menjadi tempat bakteri untuk berkembang. Oleh karena itu, untuk mencegahnya, Anda bisa menggosok lidah Anda secara perlahan untuk menghilangkan bakteri, sisa-sisa makanan, dan sel-sel mati.
  • Hindari makanan yang memicu bau mulut. Beberapa makanan bisa memicu bau mulut, seperti bawang putih. Sehingga salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan menghindari atau membatasi konsumsi makanan yang bisa memicu bau mulut.
  • Jangan merokok. Selain bisa menyebabkan kanker, merokok juga bisa merusak gusi, menodai gigi, dan menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, untuk mencegah bau mulut, Anda perlu menghentikan kebiasaan merokok.
  • Perbanyak minum air putih. Kurangnya air liur pada mulut atau kondisi mulut kering bisa memicu terjadinya bau mulut. Untuk mencegahnya, Anda perlu perbanyak konsumsi air putih atau mengonsumsi permen karet bebas gula untuk merangsang produksi air liur di dalam mulut Anda.
  • Konsumsi buah dan sayur. Mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran bisa mencegah dan menurunkan bau mulut karena buah dan sayuran mengandung banyak air yang bisa membantu menjaga kelembaban mulut Anda. Air liur adalah cara alami untuk menjaga nafas Anda tetap segar.
  • Konsumsi teh hijau. Sebuah studi menemukan bahwa kandungan polifenol dalam teh hijau bisa melindungi peminum terhadap gigi berlubang dan bau mulut.

Kapan harus ke dokter?

Jika perubahan gaya hidup tidak juga menghilangkan atau mengurangi bau mulut Anda, maka, Anda perlu menemui dokter gigi Anda untuk mencari tahu penyebab dan mendapatkan pengobatan serta perawatan yang tepat.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca