Teh Hijau Berpotensi Kuat untuk Mengobati Gigi Sensitif

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Punya gigi sensitif tentunya tidak nyaman. Makan dan minum yang dingin atau panas sedikit saja bikin gigi ngilu cenat-cenut. Selain pakai sikat dan pasta gigi khusus gigi sensitif, Anda juga bisa mengobati keluhan gigi Anda dengan teh hijau. Ya! Sebuah penelitian baru membuktikan bahwa ekstrak teh hijau dipercaya bisa mengobati gigi sensitif. Bagaimana cara kerjanya?

Apa yang menjadi awal mula gigi sensitif?

Gigi sensitif terjadi ketika lapisan enamel (lapisan pelindung gigi) terkikis sehingga lapisan dentin yang berada di bawahnya jadi terekspos oleh lingkungan sekitar. Dentin memiliki struktur berlubang yang bisa menyalurkan cairan panas dan dingin menuju ke arah pulpa, khususnya ke saraf gigi.

Nah, jika lapisan pelindung gigi rusak, otomatis cairan yang panas dan dingin akan mudah masuk ke dalam dentin hingga menuju saraf gigi yang ada di daerah pulpa. Kondisi ini kemudian menyebabkan gigi sensitif yang ditandai dengan rasa sakit serta ngilu saat Anda makan dan minum sesuatu yang panas atau dingin.

Pemilik gigi sensitif biasanya lebih rentan untuk mengalami gigi berlubang karena lubang-lubang dentin telah terinfeksi bakteri.

Ekstrak teh hijau ampuh untuk mengobati gigi sensitif

Untuk mengobati gigi sensitif, dokter gigi biasanya akan menutup lapisan dentin yang terbuka dan sudah rusak menggunakan bahan yang disebut nanohydroxyapatite (n-HAp) atau juga fluorida, potassium nitrat, serta bahan aktif lainnya.

Meski begitu, para periset dari Wuhan University yang dipimpin oleh Dr. Cui Huang menemukan bahwa teh hijau berpotensi besar untuk pengobatan gigi sensitif berkat sifat antibakterinya. Temuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal ACS Applied Materials & Interfaces, dilansir dari Medical News Today.

Teh hijau termasuk makanan tinggi antioksidan polifenol, khususnya epigallocatechin-3-gallate (ECGC). Beberapa penelitian terdahulu telah menunjukkan bahwa senyawa ini efektif melawan Streptococcus mutans, jenis bakteri jahat dalam mulut yang menyebabkan gigi berlubang serta merusak lapisan dentin.

Penelitian dari Wuhan University melaporkan bahwa prosedur penutupan dentin dengan nanohydroxyapatite (n-HAp) yang ditambah dengan senyawa ECGC dari ekstrak teh hijau mampu menghambat pembentukan S.mutans pada permukaan dentin, menjaga keutuhan lapisan dentin, serta membuat lapisan gigi lebih tahan banting terhadap serangan S.mutans. Berbagai manfaat teh hijau inilah yang dipercaya bisa membantu kemanjuran pengobatan gigi sensitif.

Masih ada manfaat ekstrak teh hijau lainnya

Tidak hanya terbatas pada masalah gigi sensitif saja, ekstrak teh hijau juga tak kalah baik untuk menunjang kesehatan tubuh Anda, diantaranya menyumbang sejumlah antioksidan; menurunkan risiko penyakit kanker; menunjang fungsi otak; menjaga kesehatan jantung dan kulit; hingga menurunkan tekanan darah tinggi.

Jika tertarik untuk mencobanya, Anda bisa bisa mengonsumsi ekstrak teh hijau dalam bentuk kapsul, cair, maupun bubuk. Penting untuk tetap mengonsultasikannya dengan dokter Anda, terkait jadwal konsumsi dan berapa dosis yang dibutuhkan sekali minum.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juli 8, 2018 | Terakhir Diedit: Maret 17, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca