Cara Memijat Gigi yang Benar untuk Mencegah Terbentuknya Karang Gigi

Oleh

Karang gigi dialami oleh banyak orang. Sebenarnya ada berbagai hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terbentuknya karang gigi yang bisa buat gigi berlubang, serta masalah lain yang bisa menyerang kesehatan gigi, yaitu dengan rutin menyikat gigi. Tetapi tahukah Anda baru-baru ini ada yang disebut dengan pijat gigi dan gusi?

Ternyata menurut penelitian baru, pijat gigi dan gusi berpengaruh terhadap kesehatan gigi dan mencegah karang gigi. Bagaimana bisa memijat gigi dan gusi mencegah karang gigi dan menjaga kesehatan gusi? Bagaimana cara melakukan pijatan tersebut?

Pijat gigi lebih efektif mencegah karang gigi dibanding menyikat gigi saja

Temuan ini muncul dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Swedia.

Pada awalnya penelitian ini ingin menguji kualitas dari sebuah produk pasta gigi yang mengklaim bahwa produk tersebut mengandung fluoride 3 kali lebih banyak dari pasta gigi lainnya yang tersebar di Swedia. Kemudian, peneliti meminta sebanyak 16 responden untuk membersihkan dan menyikat giginya dengan beberapa cara dan melihat seberapa efektif cara tersebut dalam mencegah terbentuknya karang gigi.

Semua responden tersebut diminta untuk menyikat gigi dengan frekuensi yang berbeda, ada yang dua kali sehari, sementara yang lainnya tiga kali. Kemudian, ada kelompok yang disarankan untuk memijat gigi dan gusi saat sedang menyikat gigi. Tidak hanya itu saja, peneliti juga membandingkan pasta gigi dengan kandungan fluoride standar dengan fluoride tinggi.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa mereka yang menggunakan pasta gigi tinggi fluoride sebanyak 3 kali sehari memiliki 4 kali perlindungan terhadap kesehatan gigi lebih besar dibandingkan hanya dua kali menyikan gigi dengan menggunakan pasta gigi standar.

Tidak hanya itu, peneliti juga menemukan bahwa dengan memijat gigi dan gusi dan menyikat gigi dua kali sehari, memiliki hasil yang sama seperti menyikat gigi 3 kali sehari menggunakan pasta gigi yang tinggi fluoride.

Penelitian ini menyatakan bahwa memijat gigi dan gusi Anda juga dapat meningkatkan perlindungan 400% lebih besar dibandingkan dengan hanya menyikat gigi biasa.

Mengapa pijat gigi dan gusi bisa cegah karang gigi?

Sebenarnya, menyikat gigi terlalu sering justru membuat gigi Anda rusak. Hal ini sudah dibuktikan dalam lebih dari satu penelitian, dan beberapa di antaranya menemukan bahwa risiko terbentuknya plak dan karang gigi lebih besar jika menyikat gigi terlalu sering.

Namun, jangan khawatir, pijat gigi dan gusi bisa jadi pilihan Anda untuk menjaga gigi tetap sehat. Karena menyikat gigi sehari 3 kali dengan pasta gigi yang kandungan fluoride-nya tinggi memiliki hasil yang sama dengan menyikat gigi dua kali sehari diiringi dengan pijatan lembut pada gigi setiap sehabis makan. Bahkan aktivitas ini dapat meningkatkan perlindungan gigi hingga 4 kali lebih besar dibandingkan dengan hanya menyikat gigi dua kali sehari.

Walaupun begitu, tetap tidak ada cara yang paling efektif untuk membersihkan gigi selain dengan menyikat gigi. Sehingga, menyikat gigi dua kali sehari setiap pagi dan malam tetap sangat penting untuk dilakukan.

Bagaimana cara memijat gigi dan gusi?

Untuk mencegah karang gigi, Anda dapat melakukan pijatan gigi dan gusi. Berikut adalah caranya:

  • Cuci tangan telunjuk Anda, kemudian gunakan jari telunjuk itu untuk memijat gigi dan gusi.
  • Ambil sedikit pasta gigi dan letakkan di atas telunjuk Anda.
  • Tekan gusi dengan jari telunjuk yang sudah ada pasta giginya, kemudian buat gerakan melingkar di gusi dan gigi Anda dan tetap menekan gusi Anda dengan lembut.
  • Lakukan hal tersebut hingga gusi dan gigi bagian dalam. Setelah itu kumur-kumur dengan menggunakan air bersih.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca