6 Makanan dan Minuman yang Paling Sering Bikin Gigi Ngilu

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Punya gigi sensitif yang sedikit-sedikit sering ngilu pastinya sangat mengganggu, bukan? Sedihnya lagi, kalau makanan favorit justru malah jadi pemicunya. Coba bayangkan, saat merayakan momen istimewa bersama keluarga, Anda tak bisa menikmati beragam makanan lezat hanya karena gigi Anda selalu ngilu dibuatnya. Pasti sangat mengganggu, bukan?

Sebenarnya apa saja sih makanan dan minuman yang sering jadi penyebab gigi ngilu? Plus, ada solusi mudahnya lho, ternyata! Simak ulasannya di bawah ini dan jangan biarkan gigi sensitif merusak momen spesialmu.

1. Soda

Dilansir dari Everyday Health, minuman bersoda atau soft drink adalah salah satu minuman yang paling sering jadi penyebab gigi ngilu bagi para pemilik gigi sensitif. Soda memiliki dua bahan utama yang dapat merangsang ngilu di saraf gigi yakni gula dan asam, sehingga tidak heran kalau soda sangat mudah membuat gigi jadi ngilu.

2. Es krim dan kue-kue manis

Suhu makanan atau minuman juga menjadi penyebab gigi sensitif mudah merasakan ngilu. Suhu dingin dari es krim membuat gigi Anda ngilu dengan mudah. Sebab, orang dengan gigi sensitif tidak memiliki lapisan enamel (lapisan terluar gigi) yang berfungsi sebagai pelindung dengan baik. Tanpa lapisan enamel untuk melindungi gigi, maka suhu es krim dapat membuat Anda rentan mengalami ngilu.

Es krim bukan hanya dingin, tetapi kandungan gulanya yang tinggi dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif. Ini sama halnya dengan kue-kue manis yang jadi favorit Anda. Gula dalam kue-kue manis juga cukup tinggi sehingga membuat gigi lebih mudah terasa ngilu. Sebab, gula membuat gigi jadi lebih sensitif.

3. Minuman dan makanan hangat

Selain suhu yang dingin, minuman (teh, kopi, bajigur, wedang) atau makanan (sup,) dengan temperatur yang panas juga sering jadi penyebab gigi ngilu. Padahal, minum teh hangat, atau kopi hangat biasanya jadi kebiasaan favorit yang menyenangkan.

Akan tetapi bagi orang yang memiliki gigi sensitif, ini adalah hal yang cukup menyiksa. Ditambah lagi kalau minum kopi atau teh biasanya menggunakan gula. Gula bisa memicu gigi jadi lebih sensitif, dan ngilu pun akan semakin terasa.

4. Buah-buahan asam

Buah jeruk, nanas, lemon, limau, dan tomat semuanya adalah buah yang asam. Asam dapat membuat gigi Anda lebih sensitif. Menurut Academy of General Dentistry, sebuah organisasi para profesional dokter gigi, buah-buahan asam bisa memicu gigi ngilu sebab keasaman buah ini dapat melunturkan enamel gigi. Maka diperlukan perlindungan lebih kuat lagi pada gigi jika ingin mengonsumsi buah asam.

Bukan hanya buah yang berbentuk asam, tomat yang sudah berbentuk saus pun terkadang masih memiliki tingkat keasaman yang bisa bikin gigi ngilu jika gigi Anda sensitif, seperti dilansir dalam laman Everyday Health.

5. Permen

Bagi para penderita gigi sensitif, permen yang keras seperti lolipop, permen mint, atau permen yang bertekstur lengket, kaya akan gula dapat menimbulkan gigi lebih mudah ngilu.

Bagi permen yang lengket, selain gulanya yang tinggi, permen ini juga bisa menempel pada gigi dengan mudah. Makanan sangat manis dan lengket yang menempel pada gigi ini bisa menstimulasi saraf di dentin (lapisan dalam gigi) dan gigi bisa jadi semakin ngilu.

6. Es batu

Es batu juga sering jadi penyebab gigi ngilu bagi sebagian besar orang-orang pemiliki gigi sensitif. Bentuk es batu yang sangat keras juga dapat memperburuk masalah pada gigi yang sensitif. Bukan hanya suhu es batunya yang sangat dingin, tekstur keras pada es batu juga bisa membuat rusaknya lapisan pada gigi sehingga menimbulkan ngilu pada gigi.

Lalu bagaimana agar tetap bisa makan makanan di atas tanpa bikin gigi ngilu?

Jika Anda termasuk yang memiliki gigi sensitif, tentunya Anda perlu mengubah kebiasaan makan dan minum Anda. Kurangi makanan dan minuman yang bisa membuat gigi sensitif Anda menjadi ngilu. Selain itu, untuk membersihkan gigi Anda, gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut, dan pilih pasta gigi yang tepat untuk gigi sensitif Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca