Bukan Hanya Karena Luka, Ini 4 Kondisi Penyebab Air Liur Berdarah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Air liur berdarah bisa saja terjadi akibat ada luka di dalam rongga mulut, bisa jadi Anda salah gigi sehingga menimbulkan luka. Namun, jangan sepelekan kondisi ini. Pasalnya, air liur yang berdarah bisa saja jadi tanda dari masalah kesehatan tertentu yang lebih parah. Apa saja?

Berbagai penyebab air liur berdarah

Tak perlu panik memang ketika air liur Anda berdarah. Namun, jangan juga diremehkan, ya. Berikut berbagai penyebab umum air liur berdarah, seperti:

1. Luka pada mulut

mulut panas

Luka pada mulut adalah penyebab paling sering terjadi. Kondisi ini bisa saja menyerang bibir dan daerah mulut bagian dalam. Biasanya kondisi ini dipicu oleh berbagai hal seperti:

  • Cedera ringan, seperti tidak sengaja menggigit pipi.
  • Menyikat gigi terlalu keras.
  • Menggunakan pasta gigi dan obat kumur yang mengandung lauryl sulfat.
  • Kekurangan vitamin C (scurvy), vitamin B3 (pellagra), B12, asam folat, anemia kekurangan zat besi, dan zink.
  • Memiliki penyakit radang usus atau inflammatory bowel disease.
  • Memiliki penyakit celiac.
  • Memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuh.

Jika liur berdarah karena adanya luka pada mulut biasanya Anda tak perlu terlalu pusing mencari cara untuk mengatasinya. Pasalnya, luka ini umumnya akan hilang dengan sendirinya.

Kecuali jika setelah lebih dari satu bulan luka tetap ada bahkan bertambah parah, Anda bisa berkonsultasi pada dokter. Biasanya dokter akan merekomendasikan Anda obat kumur yang mengandung deksametason atau lidokain.

Selain itu, obat-obatan yang dijual bebas di pasaran seperti hidrogen peroksida, benzocaine (Anbesol, Orabase), dan fluocinonide (Vanos, Lidex) juga cukup membantu meredakan luka pada mulut. Tak cukup sampai situ, sebaiknya Anda juga mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung folat, zink, vitamin B12, dan juga vitamin B6.

2. Radang gusi

gusi-berdarah

Radang gusi atau gingivitis adalah penyakit pada mulut yang mengakibatkan gusi mengalami iritasi, kemerahan, dan bengkak. Biasanya kondisi ini menyerang bagian gusi di sekitar pangkal gigi Anda. Gusi yang meradang biasanya akan mudah berdarah apalagi jika terkena benda keras seperti sikat gigi. Nah, darah inilah yang nantinya akan terlihat pada air liur Anda.

Gingivitis muncul akibat kondisi mulut yang tidak dijaga kebersihannya. Oleh karena itu, solusi yang bisa dilakukan untuk mencegahnya ialah dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut Anda. Menyikat gigi dua kali sehari, melakukan flossing setiap hari, dan melakukan pemeriksaan gigi secara rutin dapat membantu mencegah dan mengembalikan kondisi gusi seperti sedia kala.

3. Kanker

kanker mulut
Sumber: MayoClinic

Penyebab air liur berdarah lainnya yang perlu diwaspadai yaitu kanker. Pasalnya, beberapa jenis kanker bisa menyebabkan darah di dalam air liur, seperti:

  • Kanker mulut, biasanya terjadi di bagian dalam mulut baik pada gusi, lidah, pipi bagian dalam, dan langit-langit serta lantai mulut.
  • Kanker tenggorokan, biasanya ditandai dengan tumor yang berkembang di tenggorokan, laring (kotak suara), atau amandel.
  • Leukimia, kanker yang menyerang darah dan sumsum tulang.

Pengobatan untuk kanker biasanya disesuaikan dengan stadiumnya, lokasi, jenis, kondisi kesehatan saat ini, dan berbagai faktor penting lainnya. Adapun berbagai perawatan yang biasanya dilakukan untuk membantu menyembuhkan kanker yaitu dengan operasi, kemoterapi, radiasi, hingga terapi hormon.

4. Merokok

pakai behel. merokok

Perokok kerap mengalami kondisi liur berdarah. Menurut Pramod Kerkar, MD,FFARCSI., dokter lulusan Wayne State University School of Medicine, Amerika Serikat, biasanya perokok menemukan darah di dalam air liurnya di pagi hari saat bangun tidur.

Pasalnya, merokok dapat mengiritasi gusi dan meningkatkan risiko masalah pernapasan termasuk kanker dan kemungkinan perdarahan di organ pernapasan lainnya. Kondisi inilah yang pada akhirnya menyebabkan adanya darah di air liur.

Lantas, kapan saya perlu pergi ke dokter?

dokter gigi

Ketika Anda merasa kesulitan untuk menilai kapan perlu pergi dokter saat menemukan darah di dalam air liur, maka coba lihat gejala lain yang menyertainya. Biasanya kondisi kesehatan yang menandakan masalah serius tak hanya memunculkan satu gejala saja tetapi pasti ada tanda lain yang menyertainya. Berbagai gejala lain yang perlu diwaspadai dan perlu segera ke dokter seperti:

  • Sariawan yang terus berulang.
  • Gusi yang selalu berdarah setiap kali menyikat gigi atau melakukan flossing.
  • Gusi merah, bengkak, dan nyeri jika disentuh.
  • Gusi yang menonjol di atas gigi.
  • Sensitivitas terhadap panas atau dingin.
  • Mengalami kesulitan saat menelan.

Selain Anda perlu memperhatikan gejala penyerta di atas, Anda juga perlu memperhatikan warna, kekentalan darah dan banyaknya darah yang dikeluarkan melalui air liur Anda. Pasalnya hal ini juga bisa membantu dokter untuk mengenali penyebab air liur Anda berdarah.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca